Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif tipe Picture and Picture Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA
Keywords:
Model Pembelajaran Interaktif, Tipe Picture and Picture, Motivasi Belajar SiswaAbstract
Motivasi belajar siswa di SD Negeri 115 Pekanbaru masih tergolong rendah. Hal ini diketahui dari sebagian siswa masih kurang aktif, siswa kurang berani bertanya, serta kesulitan memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Interaktif tipe Picture And Picture terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 115 Pekanbaru. Metode penelitian yaitu eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VB SD Negeri 115 Pekanbaru dengan jumlah 40 siswa . Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dengan 25 pernyataan sebagai data utama. Adapun teknik analisis data menggunakan uji t dua sampel berpasangan yaitu uji sampel paired t test berbantuan SPSS 25. Hasil penelitian terlihat pada nilai rata-rata pretest sebesar 53,05 dan nilai rata-rata posttest sebesar 67,88. pretest dan posttest meningkat sebesar 14,825. Hasil Penelitian juga menunjukkan bahwa signifikasi yang di peroleh sebesar 0.000 > 0.05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh model pembelajaran Interaktif tipe Picture And Picture terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 115 Pekanbaru. Artinya dengan menggunakan model pembelajaran interaktif tipe picture and picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan baik
References
Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & Nurhikmah. (2020). Learning & Learning (Theory and Implementation). In Samudra Biru (Anggota IKAPI) (Vol. 11, Issue 2).
Belajar, H., Smp, S., & Pembelajaran, P. (2018). Model Picture and Picture, Hasil Belajar. 3(April), 10–21.
Boymau, H. G. C. ., & Hasyda, S. (2021). Penerapan Model Picture And Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa di Masa Pandemi Covid-19 (p. 65).
Dafit, F., Mustika, D., & Ain, S. Q. (2018). Efektivitas Pembelajaran Multiliterasi Pada Materi Ekosistem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sd. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2018. STKIP Bina Bangsa Getsempena.
Dewi Putu Yulia Angga, N. K. E. N. P. G. A. N. K. S. M. A. N. P. W. R. D. K. (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Dewi, P. Y. A., Kusumawati, N., Pratiwi, E. N., & Dkk. (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini (Vol. 5, Issue 3, pp. 248–253).
Fatonah, E. F., Herawati, N. I., & Silawati, E. (2016). Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini melalui Permainan Kreatif. Antologi UPI, 1–11.
Hamdayama Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. . Bogor : Ghalia Indonesia.
Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193.
Hardani. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. In Cv. Pustaka Ilmu Group (Issue April).
Istarani. (2011). Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.
Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). BAHAN AJAR IPA BERBASIS LITERASI SAINS - Jajang Bayu Kelana & D. Fadly Pratama - Google Buku. In Lekkas (Issue Oktober, p. 56). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Khe4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=literasi+sains+&ots=yVQUDVtFla&sig=orslk_5W7sX6N9b1MAZHTH1pWWU&redir_esc=y#v=onepage&q=literasisains&f=false%0Ahttps://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Khe4DwAAQBAJ&oi=fnd&p
Krismasari Dewi, N. N., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364
Mufidah, Eli.S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Cendekia, 14(01), 147–158
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016a). Dasar Metodologi Penelitian. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016b). Model- model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Murtadlo, A., & Widhyahrini, K. (2019). Model Pembelajaran Interaktif Dengan Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah (Vol. 7, Issue 2),32-47.
Mustika, D. (2021). Peran Orangtua dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 361-372.
Prayogi Saiful, M. T. S. H. M. A. A. (2019). Model-Model Pembelajaran Interaktif Berpusat Pada Guru. Mataram: Duta Pustaka Ilmu
Prayogi, S., Muhali, Samsuri, T., Hunaepi, Asy’ari, M., & Armansyah. (2014). Model-Model Pembelajaran Interaktif Berpusat Pada Guru (Issue January).
Qusyairi, L. A. H., & Sakila, J. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Inside-Outside Circle (IOC) terhadap Prestasi Belajar dengan Memperhatikan Minat Belajar Matematika. PALAPA, 6(1), 34-49. https://doi.org/10.36088/palapa.v6i1.57
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Raihan, Supratiknya, A., Sugiyono, D., Kurniadi, B. D., Samsu, Rinaldi, S. F. dan, Mujianto, B., Suwartono, Sugiyono, Henri, Sobur Setiaman, S.Kep, Ns, M. (K3L), Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., Budiantara, M., Agus, E. P., صباحی, ف. ص. ل. ا. ر. ا. ا., Yusuf, A. M., Priyono, … Moncayo, G. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 59(April), 150.
Robert, B., & Brown, E. B. (2004). Model- model Pembelajaran di Sekolah Dasar (Issue 1).
S, M., Raida, S. A., & Putra, S. H. J. (2021). Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Invertebrata. Journal of Biology Education, 4(1), 72.
Sandika, T. W. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di
Sobron, Bayu, Rani, dan M. S. (2020). Panduan Daring Learning.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 38.
Sulistina, O., Dasna, I. W., & Iskandar, S. M. (2010). Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Laboratorium Malang Kelas X, 17(April), 82–88.
Turmuzi, M., & Hikmah, N. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Google Classroom Pada Masa COVID-19 dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1512-1523. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.667
Wahyu, L., & Wati, S. (2022). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 SD.
Widodo, B. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Sistematis & Komprehensif. In Eiga Media, D.I Yogyakarta (Issue September).
Yani, A. (2021). Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. In JPD: Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 11, p. 44).
Yulisa, R., Safiah, I., & Fitriani, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Picture and Picture Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Subtema Aku Dan Cita-Citaku Kelas IV SD Negeri Lampeuneurut. In Agustus 2022 (Vol. 7, Issue 3).
Yunita, N., & Ain, S. Q. (2022). Strategi Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 170 Pekanbaru. Prim J Pendidikan Guru Sekolah dasar, 11(5), 1465.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Irna Afniati Br.Hutasoit, Siti Quratul Ain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.