E-Modul Pendidikan Pancasila Berbasis Profil Pelajar Pancasila Efektif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V

Authors

  • Oka Lestari Ida Ayu Putu Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wulandari I Gusti Agung Ayu Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wiarta I Wayan Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Pendidikan Pancasila, Kurikulum Merdeka, E-Modul, Berbasis Nilai-Nilai Pancasila

Abstract

Kurang tersedianya bahan ajar menjadi permasalahan yang sangat memerlukan perhatian khusus dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan Pancasila yang menyebabkan kegiatan pembelajaran menjadi kurang efektif dan hasil belajar siswa tergolong rendah karena guru mengajar hanya berdasarkan buku pedoman guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Pendidikan Pancasila berbasis profil pelajar Pancasila untuk menunjang pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian (RnD) dengan menggunakan model Dick & Carey. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara, observasi, angket dan tes hasil belajar. Uji-t sampel independent t-test digunakan untuk melakukan teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan E-Modul oleh ahli isi pembelajaran sebesar 98,33% (sangat layak), kelayakan ahli bahasa sebesar 96,67% (sangat layak), kelayakan ahli media sebesar 95,00% (sangat layak), kelayakan ahli desain instruksional sebesar 100% (sangat layak), uji coba perorangan sebesar 97,05% (sangat layak) dan uji kelompok kecil sebesar 98,33 (sangat layak). Hasil uji-t sampel independent t-test juga menunjukkan nilai thitung sebesar 15,485 dengan df = 44 dari taraf signifikan 5% ttabel = 2,015, thitung>ttabel, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan E-Modul dengan siswa yang belajar tidak menggunakan E-Modul.

References

Abdillah, H. (2019). Peranan Orangtua dan Guru Sebagai Pendidik dalam Membentuk Karakter Anak. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran Dan Keislaman, 3(2), 219–250.

https://doi.org/10.36671/mumtaz.v3i2.42

Abrar. (2022). Model Pembelajaran E-Split Classroom untuk Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemandirian Belajar. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=026kEAAAQBAJ

Alhakiki, A., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Quantum Teaching Kerangka TANDUR Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 4(3), 534–540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.395

Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran Guru dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298.

https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53

Angraini, N. M., Dewi, S. F., Fatmariza, F., Suhono, S., & Hidayah, Y. (2022). E-Module as Conflict Resolution: The Application of Pancasila Values in Analyzing Cases of Violation and Denial of Citizen Rights and Obligations. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 7(1), 1–18.

https://doi.org/10.31851/jmksp.v7i1.6037

Apriza, B., & Mahendra, Y. (2021). Efektivitas pendekatan CTL dan Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pemecahan Masalah Mahasiswa PGSD UMKO. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 9.

https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.17466

Ardianti, & Amalia. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3).

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Desyandri, D. (2019). Seni Musik serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik untuk Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222–232.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.47

Efendi, P. M., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561.

https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487

Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah, 18(1), 64–80.

https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101

Feriyanti, N., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika untuk Siswa SD. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 6(1).

Handayani, S. T., Fauziah, Y., & Fahyuni, E. F. (2020). Application of Problem Solving in Indonesian Language Subjects at Muhammadiyah 2 Middle School in Taman. Proceedings of The ICECRS, 6.

https://doi.org/10.21070/icecrs2020383

Herlina, H., Wardany, O. F., Sani, Y., & Maharani, R. Z. (2023). Kendala dan Kebutuhan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Lampung. Jurnal Basicedu, 7(5), 2928–2941.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151.

Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176–188.

https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728

Priantini, D. A. M. M. O., & Widiastuti, N. L. G. K. (2021). How Effective is Learning Style Material with E-modules During The COVID-19 Pandemic? Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 307–314.

https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.37687

Raharjo. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63–82.

https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44901

Rahmawati, T. F. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 30–40.

https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.261

Sari, N. L. M. D. A., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Melalui Pembiasaan Tri Hita Karana. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 971–981.

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5366

Seina, M. P. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Whole Language pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Setiariny, E. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(1), 23–33.

https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.81

Shofia, N. A., & Ahsani, E. L. F. (2021). Pengaruh Penguasaan IT Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran Dimasa Pandemi. Forum Paedagogik, 12(2), 201–215.

https://doi.org/10.24952/paedagogik.v12i2.3901

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suhartami, E. (2023). Pengembangan E-Modul PPKN Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Nilai-Nilai Pancasila Kelas V.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.

https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166.

https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Wahid, A. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(2).

Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen Kelas dalam Menciptakan Suasana Belajar yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179–194.

https://doi.org/10.31958/jaf.v5i2.1106

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), 1(1), 105–113.

Wiratama. (2023). Development of Thematic E-Modules Oriented on The Ability to Write Descriptions of Students in Class V of SDN Boto, Tuban district. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 8(2), 199–211.

https://doi.org/10.29407/jpdn.v8i2.19129

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78.

https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Published

2024-03-01

How to Cite

Ida Ayu Putu, O. L., I Gusti Agung Ayu, W., & I Wayan, W. (2024). E-Modul Pendidikan Pancasila Berbasis Profil Pelajar Pancasila Efektif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/74951

Issue

Section

Articles