IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN LAGU DAERAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD
Keywords:
Talking Stick, Motivasi Belajar IPA, Lagu DaerahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan lagu daerah terhadap motivasi belajar IPA Kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Kuta Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Kuta Selatan yang berjumlah 10 kelas dengan jumlah siswa yaitu 265 siswa. Seluruh populasi disetarakan dengan Uji Anava. Setelah populasi dinyatakan setara, pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik clauster random sampling dengan cara diundi. Dalam penelitian ini terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 dan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 27. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non-tes berupa kuesioner, data diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan lagu daerah berpengaruh terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Kuta Selatan Tahun Ajaran 2023/2024.
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. 2022. Desain Kuasi Eksperimen dalam Pendidikan. In Jurnal Ilmiah Mandala Education (Vol. 8, Issue 3). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Agung, A. A. G. 2018. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, A. A. G. 2022. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan Digitalisasi dan Aplikasinya. Universitas Pendidikan Ganesha.
Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. 2022. Analisis Pedagogical Content Knowledge Terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6, 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662
Alannasir, W. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Talking stick Berbasis Pembelajaran Hots Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 5, 85–96. https://doi.org/10.59638/aijer.v5i2.372
Andi Agustang, Indah Ainun Mutiara, A. S. 2021. Masalah Masalah Pendidikan Di Indonesia. 1, 0–19. https://doi.org/10.31219/osf.io/9xs4h
Antari, N. ketut A. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Talking stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8, 136. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27265
Degeng, I. N. S., Setyosari, P., Hakim, A., & Kuswandi, D. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran (Pembelajaran Berbasis Proyek vs Pembelajaran Langsung) dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Motorik. 6, 282.
Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Setiawan, W. 2020. Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Bingkai Cendekia Cililin Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3, 49–58. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p49-58
Djamaluddin, A. 2019. Filsafat Pendidikan. In Istiqra’: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam (Vol. 1, Issue 2).
Emda, A. 2019. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5, 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. 2022. Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12, 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243
Huda, M. 2018. Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran Pai). Jurnal Penelitian, 11, 237–266. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3170
Imania, K. A., & Bariah, S. K. 2019. Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5, 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
Junaidi. 2020. Titik Persentase Distribusi t. http://Junaidichaniago.Wordpress.Com, 1–6. http://ledhyane.lecture.ub.ac.id/files/2013/04/tabel-t.pdf
Kesumawati, Nila dkk. 2019. Pengantar Statistika Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Marwah, S. S., Syafe’i, M., & Sumarna, E. 2019. Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara dengan Pendidikan Islam. Tarbwy : Indonesian Journal of Islamic Education, 5, 14. https://doi.org/10.17509/t.v5i1.13336
Megita Rani, N. M. A., Ardana, I. K., & Oka Negara, I. G. A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Talking stick Berbantuan Lagu Tradisional Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 24, 345. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676
Moto, M. M. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3, 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Nasution, D. wahyudin nur. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). In Perdana Publishing (Vol. 1, Issue 69). http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5095
Nugraha, D. M. D. P. 2022. Hubungan Kemampuan Literasi Sains dengan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5, 153–158. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary
Nurhayati Selvi, & Nur Afni. 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking stick Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Bakung I Kota Makassar. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4, 6–12. https://doi.org/10.59638/aijer.v4i1.320
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. 2018. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. In. http://lppm.mercubuana-yogya.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.pdf
Pasaribu, D. S. (2019). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking stick Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X Sman 10 Muaro Jambi. EduFisika, 2(Vol 2 No 01 (2017): EduFisika Volume 02 Nomor 01, Juni 2017), 61–69. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i01.4043
Pertiwi, N. K. R., Murda, I. N., & Rati, N. W. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking stick Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3, 73–83. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2878
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. 2019. Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5, 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1, 280–286. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63
Pujihastuti, I. 2020. Prinsip Penulisian Kuesioner Penelitian. In CEFARS: Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah (Vol. 2, Issue 1). https://doi.org/https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/cefars/article/download/63/34
Putra Antara, I. N., Kristiantari, M. G. R., & Suadnyana, I. N. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Talking stick Berbantuan Rubrik Surat Kabar Terhadap Keterampilan Berbicara. International Journal of Elementary Education, 3, 423. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21315
Raharja, I. G. N. K. R., Gitakarma, M. S., & Ariawan, K. U. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perakitan Komputer. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6, 96–105. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/20853/12940
Rahayu, S. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Talking stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Materi Iman Kepada Kitab Allah Kelas VIIIG SMPN 2 Tuntang Semester 1 Tahun Pelajaran 2019-2020. Pendidikan Dan Kebudayaan, 1, 19–28. http://repository.iainbengkulu.ac.id/3169/
Rahmawati, A. N. 2019. Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 2, 114. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.14227
Rasmini, N. W. 2023. Buku Ajar Statistik Pendidikan. Lombok Tengah: Penerbit Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Retno Aryani Puji Lestari, & Yulianto, A. 2019. Economic Education Analysis Journal. 3, 372–378.
Rini, C. P. 2019. Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Siswa Kelas IV Mi Daarul Ilmi Kabupaten Tangerang. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2, 153–159.
Sardiman. 2019. Pengertian Motivasi Menurut Ahli. Pengertian Motivasi Belajar Menurut Ahli, 10–42.
Sayekti, S. P., Dahlan, Z., & Al-Faruqi, M. F. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Talking stick dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas V SDN 02 Mampang Kota Depok. Jurnal Dirosah Islamiyah, 2, 232–245. https://doi.org/10.17467/jdi.v2i2.365
Septyaningrum, R. N. U. R. 2021. Penerapan Metode Pembelajaran Talking stick dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Pingkuk 5 Bendo Magetan. 8.
Setyosari. 2020. Investigating The Effects of Problem-Solving Method and Cognitive Flexibility on Improving University Students’ Metacognitive Skills. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8, 651–665. https://doi.org/10.17478/jegys.652212
Siliwangi, I., & Terusan Jenderal Sudirman, J. 2020. Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Media Visual Berupa Media Gambar Dalam Pembelajaran IPA 1 Rohaetul Aen, 2 Uus Kuswendi. Journal of Elementary Education, 03, 3.
Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. 2019. Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika: Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1, 13. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p13-21
Sugiantiningsih, I. A., & Antara, P. A. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Talking stick Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728
Sujana, I. W. C. 2019. Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4, 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sulisto, A., & Haryanti, N. 2022. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). In Eureka Media Aksara.
Sumarnaya, I. N. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. VII, 76–81. https://doi.org/https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/download/85/78
Sutono, S., & Pamungkas, A. P. 2021. Penerapan Metode Eksperimen Semu Pada Sistem Informasi Persediaan dan Penjualan Obat di Apotek Berbasis Web-Base. Media Jurnal Informatika, 12, 44. https://doi.org/10.35194/mji.v12i2.1225
Syafi’i, M., & Fatmalawati, K. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Model Talking Stick. Pi: Mathematics Education Journal, 1, 100–107. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2782
Syaparuddin, Meldianius, & Elihami. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
Trianti Lestari, N. K., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Talking stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar Ips. International Journal of Elementary Education, 1, 290. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12960
Umam, K. 2019. Penggunaan Metode Jaritmatika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 45–68. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/awaliyah/article/view/357
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. 2019. Metodologi Pembelajaran IPA (R. Damayanti (ed.); 1st ed.). PT Bumi Aksara.
Yudihartanti, Y. 2019. Analisa Korelasi Mata Kuliah Penelitian Dengan Tugas Akhir Menggunakan Model Product Moment. 1691–1696. https://doi.org/http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/progresif/article/download/269/254
Yuniari, N. P. A. 2022. Pengaruh Teknik Pembelajaran Talking stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Motivasi Belajar IPA Kelas V.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sang Ayu Ketut Tirtawati, Dr. Ida Bagus Gede Surya Abadi, S.E., M.Pd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.