MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS PODCAST TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PANCASILA SEBAGAI NILAI KEHIDUPAN KELAS IV DI SD NEGERI 1 ANTURAN

Authors

  • I Kadek Dwi Mahendra Jaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Drs. I Made Suarjana, M.Pd Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Laba Jayanta, S.Pd., M.Pd Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

pengembangan, media audio visual berbasis podcast, meningkatkan pemahaman siswa

Abstract

Kurangnya optimalnya penggunaan media pembelajaran dan model pembelajaran yang mempengaruhi penuruan hasil belajar khususnya pada muatan pembelajaran Pendidikan Pancasila menjadi latar belakang dalam penelitian ini. tujuan penelitian ini adalah menguji validitas media pembelajaran podcast, menguji kepraktisan media pembelajaran podcast, menghasilkan media pembelajaran podcast sebagai media yang efektif dalam pembelajaran materi pendidikan pancasila dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi nilai kehidupan kelas IV SD. penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Objek dalam penelitian ini adalah pemahaman peserta didik pada materi Pancasila sebagai Nilai Kehidupan di kelas IV SD, validitas, kepraktisan, dan efektivitas produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan hasil dari proses pengembangan podcast sebagai media pembelajaran meningkatkan pemahaman materi Pancasila pada siswa kelas IV SD. Indeks validitas media dan materi media pembelajaran audio visual berbasis podcast masing-masing adalah 0,9 dan 0,88125 dengan predikat/kualifikasi sangat baik. Tingkat pencapaian respon siswa terhadap media pembelajaran audio visual berbasis podcast adalah sebesar 98,73% dengan predikat/kualifikasi sangat baik. Media pembelajaran audio visual berbasis podcast untuk meningkatkan pemahaman materi pancasila siswa kelas IV SD yang dilihat dari nilai signifikasi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi menunjukan angka 0,000, lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%).

References

Anafi, K., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODEL ADDIE MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY 3D. Jurnal Education and Development, 9(4), 433–438. https://doi.org/https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1417

Fitriana Wihartatik, R., Syafa Ardana, N., Faudy Akbar, R., & Artikel, I. (2024a). DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Peranan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI MA NU Asy’ariyyah Pati. 3(1), 43–49. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2283

Fitriana Wihartatik, R., Syafa Ardana, N., Faudy Akbar, R., & Artikel, I. (2024b). DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Peranan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI MA NU Asy’ariyyah Pati. 3(1), 43–49. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2283

Gusti, I., Agung, L., Putra, K., Dewa, I., Tastra, K., Suwatra, W., & Pendidikan, J. T. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL ADDIE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN 1 SELAT (Vol. 2, Issue 1).

Juli, M., Simbolon, I., Besti, ), & Simbolon, R. (2021). PODCAST SUARA PUAN SEBAGAI SARANA LITERASI DIGITAL KAUM PEREMPUAN MELALUI PLATFORM SPOTIFY. In Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi (Vol. 6, Issue 2).

Kasatriyanto, B., Ardy Wibowo, A., Konservasi Borobudur, B., & Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan, P. (2021). BOROBUDUR DALAM BUDAYA DIGITAL: MERANCANG PODCAST YOUTUBE UNTUK KOMUNIKASI ARKEOLOGI PUBLIK BOROBUDUR IN DIGITAL CULTURE: DESIGN A YOUTUBE PODCAST FOR PUBLIC ARCEOLOGICAL COMMUNICATION (Issue 1).

Khoirunnas, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran dan Konsep Diri Terhadap Pemahaman Konsep Kimia (Eksperimen Pada Sma Negeri di Kabupaten Tangerang ). Jurnal Pendidikan MIPA, 4(1), 82–93.

Munawwaroh, M., Khoirul Amirullah, M., Azmi, M., Alfani, U., Nisa’, K., & Sa’idah, N. (2024). Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Terhadap Pengaruh Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Sekolah Dasar. 8(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6969

Nurluthfiana, F., Aulia Annisa, S., Saputra, A. D., Cahyani, P., Amaliyah, F., Guru, P., & Dasar, S. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS KELAS IV SD NEGERI WONOREJO 2 Corresponding Author *. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 8(2).

Pitriani, N. R. V., Wahyuni, I. G. A. D., & Gunawan, I. K. P. (2021). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Program Studi Pendidikan Agama Hindu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 551–532. https://doi.org/https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1417

Putra, I. G. L. A. K., Tastra, I. D. K., & Suwatra, I. I. W. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL ADDIE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN 1 SELAT. Jurnal Edutech Undiksha, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v2i1.3939

Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U., Muanah MTsN, A., & Tengah, J. (2021). Peningkatan Pemahaman Siswa pada Aspek Qiroah Melalui Metode Jigsaw di Kelas IX C MTs Negeri Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Uktub: Journal of Arabic Studies , 1(2), 102–112.

Safitri, M. and Aziz, M. R. (2022) ‘ADDIE, Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning’, Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), pp. 50–58. Available at: http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2237.

Sanjaya. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sari, R., & Najicha, F. U. (2022). Memahami Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Masyarakat. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(1), 53-58.

Shoffa, S., Holisin, I., Palandi, J. F., Cacik, S., Indriyani, D., Supriyanto, E. E., ... & Kom, M. (2021). Perkembangan media pembelajaran di perguruan tinggi. Agrapana Media.

Susilowati, R. D., Sutama, S., & Faiziyah, N. (2020). Penerapan Podcast pada Aplikasi Spotify Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 68-78.

Published

2024-03-01

How to Cite

I Kadek Dwi Mahendra Jaya, Drs. I Made Suarjana, M.Pd, & I Nyoman Laba Jayanta, S.Pd., M.Pd. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS PODCAST TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PANCASILA SEBAGAI NILAI KEHIDUPAN KELAS IV DI SD NEGERI 1 ANTURAN. Mimbar Pendidikan Indonesia, 5(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/75801

Issue

Section

Articles