Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Project Based Learning pada Muatan IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia untuk Siswa Kelas IV SD
Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, Project Based Learning, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui rancang bangun, validitas isi, desain, media, uji perorangan, uji kelompok kecil, efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis project based learning. Subjek uji menggunakan 28 siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, metode kuesioner dan non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa: kualitas hasil uji rancang bangun diperoleh skor 90,90%, hasil uji ahli isi media diperoleh skor 97,72%, hasil uji ahli desain pembelajaran diperoleh skor 90,00%, hasil uji ahli media pembelajaran diperoleh skor 92,85%, hasil uji coba perseorangan diperoleh skor 97,50%, dan hasil uji coba kelompok kecil diperoleh skor 95,82%; hasil efektivitas produk diperoleh dari uji statistik uji-t yakni t-hitung = 15,801 untuk db = 27 dan taraf signifikansi 5% diperoleh angka t-tabel = 1,703, terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis project based learning.
References
Agung, A. A. G. 2018. Metodelogi Penelitian Kuantitatif: Perspektif Manajemen Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Bahari, G. T., Heryana, N., & Ridha, A. A (2023). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality Untuk Pembelajaran Dalam Kelas Virtual Di Fasilkom Unsika Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (Mdlc). JatI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1378–1386.
Chen, C.-H., & Yang, Y.-C. 2019. Revisiting The Effects of Project-based Learning on Students’ Academic Achievement: A Meta-Analysis.
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik di sekolah dasar. Educare, 90–97.
Ferdiansyah, H., N, Z., Syamsunir, Kamal, & Anwar, M. A. (2022). Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital (Sebuah Pengembangan Media pada Sekolah Kejuruan). (Kodri, Ed.) (p. 110). Penerbit Adab
Fitra, J., & Maksum, H. 2021. Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1 SE-Articles), 1–13. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524
Gunawan, S. P. I. M. A., Dalmi Iskandar Sultani, M. P. I., Cita Ayni Putri Silalahi, S. E. I. M. E. I., Ano Suherlan S. Pd. I., M. P., Dara Fitrah Dwi, S. P. M. P., Mukhlis, S. P. I. M. P. I., Asnawi, M. H., & Nirmawan, S. P. M. P. (n.d.). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEDERHANA UNTUK MI/SD. Penerbit K-Media. https://books.google.co.id/books?id=C4OiEAAAQBAJ
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4 SE-Articles), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Iklina, T., & Fadilah, M. (2022). Validitas E-Modul Berbasis Project Based Learning (PJBL) tentang Materi Sistem Imun Kelas XI SMA untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Journal on Teacher Education, 4(1), 250–626.
Ilmiyati, N., dkk. 2023. Perencanaan Pembelajaran (Konsep Dasar Kurikulum Prototipe). Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
Kurniawati, I. D., & Nita, S. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Mahtumi, I., dkk. 2022. Pembelajaran Berbasis Proyek (Projects Based Learning). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Masduki, Y., Burlian, K., & Yuslaini, M. P. (2020). Psikologi Pendidikan dan Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Masrifa, A., dkk. 2023. Media Interaktif Pembelajaran IPAS. Semarang: Cahya Ghani Recovery.
Mulyana, E., dkk. 2023. Efektifitas Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Indonesia. https://doi.org/10.21831/jipsindo
Mustari Moh. 2022. Manajemen Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Bandung: UIN Sunan Gunung Jati.
Nadhifah, Y., dkk. 2023. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS). Padang: Global Eksekutif Teknologi.
Nurfadhillah, S. 2021. Media Pembelajaran Tingkat SD. Sukabumi: Jejak Publisher.
Nyihana, E. 2021. Metode PjBL (Project Based Learning) Berbasis Scientific Approach Dalam Berpikir Kritis Dan Komunikatif Bagi Siswa. Indramayu: Penerbit Adab.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2005. Jakarta: Sekretariat Negara
Prastowo, S. P. I. M. P. I. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Prenadamedia Group.https://books.google.co.id/ books?id=jeCxDwAAQB AJ
Pravitasari, S. G., & Yulianto, M. L. 2018. Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus di SDN 3 Tarubasan Klaten). Profesi Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3825
Rosmala A. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sohilait. 2021. Buku Ajar Pengantar Pendidikan. Depok: PT Raja Grafindo.
Soleh, D. (2021). Penggunaan model pembelajaran project based learning melalui google classroom dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137–143.
Suardi, M. 2018. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Surat Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Paud SD SMP SMA SMK Pada Kurikulum Merdeka.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Sekretariat Negara
Yani, A. 2021. Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Ahlimedia Book.
Yanto, D. T. P. 2019. Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
Yudana, I. K. T. P., & Sudatha, I. G. W. 2022. Video Pembelajaran Berpendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kompetensi IPA. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41526
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Putu Ayuni Artanadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.