Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Couple Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPAS Siswa Kelas V SD

Authors

  • Ni Kadek Widiantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Drs. I Komang Ngurah Wiyasa, M.Kes. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Dr. Ida Bagus Gede Surya Abadi, S.E., M.Pd. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Keywords:

Model Pembelajaran Make a Match, Couple Card, Kompetensi Pengetahuan IPA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media couple card terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Denpasar Timur tahun ajaran 2023/2024. Pembelajaran IPAS yang masih bersifat satu arah, sehingga siswa hanya mengandalkan guru sebagai satu-satunya sumber informasi dalam proses pembelajatan. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat  meningkatkan kompetensi pengetahuan IPAS. Dengan menggunakan model ini diharapkan lebih menyenangkan dan meningkatkan pemahaman siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 163 seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Denpasar Timur. Seluruh populasi disetarakan melaui Uji Anava. Setelah populasi dinyatakan setara, pengambilan sampel pada penelitian ini dilaksanakan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 29 orang dan kelompok kontrol dengan jumlah siswa 28 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes obyektif pilihan ganda, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Couple Card terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Denpasar Timur tahun ajaran 2023/2024

References

Agung, A. A. G. 2022. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan Digitalisasi dan Aplikasinya. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A.A.G. 2020. Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A.A.G. 2018. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. 2021. Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Arbiyah, Yati, & Kurniawan Erlangga, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan (Make A Match) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 3(1), 29–34. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs.

Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.

Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4230.

Farell, G., Ambiyar, A., Simatupang, W., Giatman, M., & Syahril, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Pada SMK Dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1185–1190.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334.

Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933.

Intan Sari, M., . R., & Agustini, F. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA. International Journal of Elementary Education, 3(1), 41. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17283.

Isman. 2023. Statistik Dasar Untuk Penelitian Pendidikan Dilengkapi Cara Perhitungan dengan SPSS. Sumatera Barat: Mafy Media Literasi Indonesia.

Komang, N., Riana, I., Tegeh, I. M., & Pudjawan, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dengan Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Matematika. 4, 388–397.

Lestari, B. V, Saputra, H. H., & Rosyidah, A. N. K., (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas III SDN 3 Beleka. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 1–6. http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/84.

Made, N. I., Prasista, A. Y. U., Sampul, H., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Dasar, J. P., Pendidikan, F. I., & Ganesha, U. P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Flash Card Kelas V SD Gugus III Kuta Utara Tahun Ajaran 2022/2023.

Marlina, Tuti. (2022). Urgensi dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro 67. 1(1), 67–72.

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Nadliyah, A., Taufiq, M., Hidayat, M. T., & Kasiyun, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Natural Science Education Research, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.5559.

Nugraheni, Aninditya Sri. 2013. Penerapan Strategi Cooperative Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Nyoman, N., Artawati, D., & Yudiana, K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Make A Match Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Meningkatkan Hasil Belajar. 8(2), 192–201.

Putri, E. N. D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 617–623. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.405.

Setyosari, H. P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media.

Sudijono, A. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Triskarini, M. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dengan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Tema 7 Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Gisting Permai. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 28–46. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/download/22692/15223.

Widana, I. W., & Muliani, N. P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Semarang:Klik Media.

Widiasari, N. K. R., & Sumantri, M. (2020). Kooperatif Tipe Group Investigation Melalui Setting Lesson Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 143. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25094.

Published

2024-08-30

How to Cite

Ni Kadek Widiantari, Drs. I Komang Ngurah Wiyasa, M.Kes., & Dr. Ida Bagus Gede Surya Abadi, S.E., M.Pd. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Couple Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPAS Siswa Kelas V SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 5(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/76682

Issue

Section

Articles