Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3 pada Materi Perubahan Wujud Benda

Authors

  • Ni Kadek Elsya Charlina Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Ari Dharmayanti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Multimedia, Problem Based Learning, Articulate Storyline

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media dan model pembelajaran yang belum optimal. Melihat dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menciptakan multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3 pada materi perubahan wujud benda yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 4 ahli, 3 guru, 6 peserta didik, dan 1 rombel peserta didik kelas IV. Objek penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimen, one shot case study. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket tertutup menggunakan rating scale dan tes pilihan ganda. Hasil penelitian ini memperoleh hasil rata-rata validitas oleh ahli isi muatan pembelajaran senilai 4,81 berkualifikasi sangat baik, rata-rata hasil validitas oleh ahli media pembelajaran senilai 4,88 berkualifikasi sangat baik, rata-rata kepraktisan oleh guru sebesar 4,85 berkualifikasi sangat baik, rata-rata kepraktisan oleh peserta didik sebesar 4,77 berkualifikasi sangat baik, dan hasil uji-t one sample menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05. Dengan demikian, multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning pada materi perubahan wujud benda layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 62–78. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/18403/14752

Aldila, S., & Mukhaiyar, R. (2020). Efektivitas model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di Kelas X SMK Negeri 1 Bukittinggi. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), 51–57. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/233

Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan PowerPoint VBA Pada Penyajian Data Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 17–31. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10635

Ariani, R., & Festiyed. (2019). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Multimedia Interaktif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 155–162. https://doi.org/10.24036/jppf.v5i2.107439

Arnun, A. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV SD Swasta Arisa Medan Deli Tahun Ajaran 2022/2023. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 6(2), 289–301. http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v6i2.13464

Ashari, J. M., Zahroh, M., Amiarti, E., Utomo, A. P. Y., Kesuma, R. G., & Haryanto, M. (2023). Analisis Jenis Kalimat Berdasarkan Tujuan pada Teks Drama Buku Bahasa dan Bersastra Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka. Student Research Journal, 1(2), 324–341. stuti, M. (2022). https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i2.35

Azizah, N., Zmaroni, M., & Ginanjar, R. R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar dalam Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Hidayaturrohman Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6968

Cahyani, N. M. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Muatan IPS Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45203

Darmayanti, N. W. S., Wijaya, I., & Haifaturrahmah. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa SD Bidang Studi IPA di Tengah Pandemi Covid-19 melalui Praktikum Berorientasikan Lingkungan Sekitar Rumah. Jurnal Elementary, 4(2), 139–143. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/ 5344

Dianna, D. N. (2020). Dasar-Dasar Penelitian Akademik : Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal Akuntansi, March, 1–10. https://www.researchgate.net/publication/340063433

F, R., Rohiat, S., & Elvinawati, E. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline Pada Materi Ikatan Kimia. Alotrop, 6(1), 70–79. https://doi.org/10.33369/alo.v6i1.21799

Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(2), 218–229. https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.41224

Hardiningrum, P. Y. (2022). Efektifitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan IPA Materi Alat Gerak Hewan Untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 20–31. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44834

Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458

Lestari, H. D., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan E-Modul IPA Bermuatan Tes Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73–79. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33

Mawati, A. T., Hanafiah, & Arifudin, O. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(1), 69–82. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 99–104. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba

Mustopa, A., Jasim, J., Basri, H., & Barlian, U. C. (2021). Analisis Standar Penilaian Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 24–29. https://doi.org/10.33751/jmp.v9i1.3364

Nitami, N., Nazliati, & Sari, R. (2023). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mtsn 1 Langsa: Pengembangan Media Likurdin Melalui Model Addie. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh, 4(2), 259–274. https://doi.org/10.29103/jspm.v%vi%i.11859

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas SiswaSD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo Pada Mekanika Teknik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/544

Ridwan, M. F. A., Anjarini, T., & Ngazizah, N. (2023). Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ciri–Ciri Makhluk Hidup Bagi Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i1.218

Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.3208

Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525–1531. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.958

Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 13. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154

Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344

Wahyuningsih, A., Faradita, M. N., & Setiawan, F. (2022). Analisis Penggunaan Video Pembelajaran IPA pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD Muhammadiyah 9 Surabaya. Inventa, 6(1), 52–64. https://doi.org/10.36456 /inventa.6.1.a4903

Yogi, I. K. N. D., Sudiana, I. N., & Putrayasa, I. B. (2024). Media Video Pembelajaran IPAS Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Materi Perubahan Wujud Zat. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(1), 111–123. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v8i1.3178

Published

2024-08-30

How to Cite

Ni Kadek Elsya Charlina, I Made Citra Wibawa, & Putu Ari Dharmayanti. (2024). Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3 pada Materi Perubahan Wujud Benda . Mimbar Pendidikan Indonesia, 5(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/77982

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)