Video Pembelajaran Berbasis Demonstrasi Pada Materi Perubahan Wujud Benda Muatan Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar
Keywords:
pengembangan, video pembelajaran, demonstrasi, perubahan wujud bendaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya media pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan saat pembelajaran karena guru hanya menggunakan metode ceramah. Maka dari itu diperlukan media yang bisa manambah minat belajar siswa. Sehingga dilakukan penelitian yang untuk membuktikan efektivitas dari media video pembelajaran berbasis demonstrasi pada materi perubahan wujud benda muatan bahasa indonesia kelas III. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan yang digunakan ialah observasi, wawancara, angket/kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan ialah dekriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, serta analisis statistik inferensial (uji-t). Subjek penelitian ini yakni siswa kelas III yang berjumlah 30 siswa. Media yang telah diujikan mendapatkan kualifikasi sangat layak pada aspek media, desain dan materi pembelajaran. Hasil uji perorangan dan kelompok kecil juga mendapat kualifikasi sangat layak. Berdasarkan uji efektivitas dengan tes pilihan ganda menyatakan bahwa media video pembelajaran berbasis demonstrasi efektif digunakan pada materi perubahan wujud benda muatan bahasa indonesia kelas III Sekolah Dasar. Berdasarkan pernyataan tersebut, media video pembelajaran efektif digunakan dan diterapkan pada pembelajaran untuk mendukung peningkatan kompetensi belajar siswa
References
Aeni, A. N., Handari, M. D., Wijayanti, S., & Sutiana, W. S. (2022). Pengembangan Video Animasi Light Pedia Sebagai Media Dakwah Dalam Pembelajaran di SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 721. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1077
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Aliwardhana, H. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Power Point dan Filmora Melalui in House Training. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 4(1), 22–43. https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v4i1.109
Astutik, S. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dan Power Point Dalam Mata Pelajaran Tik Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Gurah. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 4(2), 80–86. https://doi.org/10.20961/seeds.v4i2.56735
Bersih, K. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Demonstrasi Pada Topik Perubahan Wujud Benda di Kelas V Sekolah Dasar. 1–23.
Damayanti, N. K. D. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Demonstrasi Pada Muatan IPA Materi Gerak Benda Kelas III Sekolah Dasar. 1–23.
Damayanti, N. K. D., & Firstia Wirabrata, D. G. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Demonstrasi Pada Muatan IPA Materi Gerak Benda. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 231–240. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47712
Dapiha. (2019). “Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV SD Negeri 11 Ujan Mas.” Jurnal PGSD, 12(1), 22–27. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.22-27
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Endayani, T., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155
Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajara: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah Dan Masyarakat. Kencana.
Magdalena, I. (2021). Belajar Makin Asyik dengan Desain Pembelajaran Menarik. CV. Jejak.
Mahmudah, F. N., & Putra, E. C. S. (2021). Tinjauan pustaka sistematis manajemen pendidikan: Kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 43–53. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.33713
Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2023). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429
Munisah, E. (2020). Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. 1, 1–14.
Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589
Mustika, T. N. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(2), 531. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8614
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190–200. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18626
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. 5(1), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Pulungan, H., & Hasanah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Animaker Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Perubahan Wujud Benda di Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 6(2), 22–27.
Putri, R. D. P., & Suyadi, S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912–3919. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1442
Rangkuti, A. A. (2017). Statistika Inferensial untuk Psikologi dan Pendidikan. Kencana.
Ridho. (2018). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Riyanto, M., Jamaluddin, U., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Video Scribe Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 11(2), 53–63. https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419
Rusdiana, N. P. M., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-Book Interaktif Materi Siklus Air pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45180
Styowati, E., & Utami, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2472–2482. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347
Surayya. (2021). Tinjauan Media Pembelajaran. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 8–27.
Susanto, A., Indonesia, B., & Indonesia, P. B. (2018). Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jurnal Bahasa Indonesia, 5–24.
Syarifuddin, & Utari, E. D. (2022). Media Pembelajaran (Dari Masa Konvensional Hingga Masa Digital). Bening Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=0biBEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=jenis+jenis+media+pembelajaran&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwiC8LquqP2BAxW7d2wGHTEVCLgQ6AF6BAgGEA
Trianawati, I. G. A. K., Ardana, I. K., & Surya Abadi, I. B. G. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 4(1), 73. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24337
Wijaya, S. ., Tegeh, I. ., & Suartama, I. . (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Muatan Pelajaran Ipa Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 61–71. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.81
Yudiyanto, Y., Hakim, N., Hayati, D. K., & Carolina, H. S. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Konservasi Gajah Berkarakter Peduli Lingkungan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 187. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8959
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Kadek Gita Widyantari, Gusti Ngurah Sastra Agustika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.