Video Pembelajaran Berbasis Demonstrasi Pada Materi Perubahan Wujud Benda Muatan Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Kadek Gita Widyantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika

Keywords:

pengembangan, video pembelajaran, demonstrasi, perubahan wujud benda

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya media pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan saat pembelajaran karena guru hanya menggunakan metode ceramah. Maka dari itu diperlukan media yang bisa manambah minat belajar siswa. Sehingga dilakukan penelitian yang untuk membuktikan efektivitas dari media video pembelajaran berbasis demonstrasi pada materi perubahan wujud benda muatan bahasa indonesia kelas III. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan yang digunakan ialah observasi, wawancara, angket/kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan ialah dekriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, serta analisis statistik inferensial (uji-t). Subjek penelitian ini yakni siswa kelas III yang berjumlah 30 siswa. Media yang telah diujikan mendapatkan kualifikasi sangat layak pada aspek media, desain dan materi pembelajaran. Hasil uji perorangan dan kelompok kecil juga mendapat kualifikasi sangat layak. Berdasarkan uji efektivitas dengan tes pilihan ganda menyatakan bahwa media video pembelajaran berbasis demonstrasi efektif digunakan pada materi perubahan wujud benda muatan bahasa indonesia kelas III Sekolah Dasar. Berdasarkan pernyataan tersebut, media video pembelajaran efektif digunakan dan diterapkan pada pembelajaran untuk mendukung peningkatan kompetensi belajar siswa

References

Aeni, A. N., Handari, M. D., Wijayanti, S., & Sutiana, W. S. (2022). Pengembangan Video Animasi Light Pedia Sebagai Media Dakwah Dalam Pembelajaran di SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 721. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1077

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Aliwardhana, H. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Power Point dan Filmora Melalui in House Training. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 4(1), 22–43. https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v4i1.109

Astutik, S. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dan Power Point Dalam Mata Pelajaran Tik Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Gurah. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 4(2), 80–86. https://doi.org/10.20961/seeds.v4i2.56735

Bersih, K. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Demonstrasi Pada Topik Perubahan Wujud Benda di Kelas V Sekolah Dasar. 1–23.

Damayanti, N. K. D. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Demonstrasi Pada Muatan IPA Materi Gerak Benda Kelas III Sekolah Dasar. 1–23.

Damayanti, N. K. D., & Firstia Wirabrata, D. G. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Demonstrasi Pada Muatan IPA Materi Gerak Benda. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 231–240. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47712

Dapiha. (2019). “Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV SD Negeri 11 Ujan Mas.” Jurnal PGSD, 12(1), 22–27. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.22-27

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif.

Endayani, T., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajara: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah Dan Masyarakat. Kencana.

Magdalena, I. (2021). Belajar Makin Asyik dengan Desain Pembelajaran Menarik. CV. Jejak.

Mahmudah, F. N., & Putra, E. C. S. (2021). Tinjauan pustaka sistematis manajemen pendidikan: Kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 43–53. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.33713

Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2023). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429

Munisah, E. (2020). Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. 1, 1–14.

Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589

Mustika, T. N. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(2), 531. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8614

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190–200. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18626

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. 5(1), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Pulungan, H., & Hasanah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Animaker Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Perubahan Wujud Benda di Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 6(2), 22–27.

Putri, R. D. P., & Suyadi, S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912–3919. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1442

Rangkuti, A. A. (2017). Statistika Inferensial untuk Psikologi dan Pendidikan. Kencana.

Ridho. (2018). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Riyanto, M., Jamaluddin, U., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Video Scribe Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 11(2), 53–63. https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419

Rusdiana, N. P. M., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-Book Interaktif Materi Siklus Air pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45180

Styowati, E., & Utami, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2472–2482. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347

Surayya. (2021). Tinjauan Media Pembelajaran. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 8–27.

Susanto, A., Indonesia, B., & Indonesia, P. B. (2018). Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jurnal Bahasa Indonesia, 5–24.

Syarifuddin, & Utari, E. D. (2022). Media Pembelajaran (Dari Masa Konvensional Hingga Masa Digital). Bening Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=0biBEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=jenis+jenis+media+pembelajaran&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwiC8LquqP2BAxW7d2wGHTEVCLgQ6AF6BAgGEA

Trianawati, I. G. A. K., Ardana, I. K., & Surya Abadi, I. B. G. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 4(1), 73. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24337

Wijaya, S. ., Tegeh, I. ., & Suartama, I. . (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Muatan Pelajaran Ipa Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 61–71. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.81

Yudiyanto, Y., Hakim, N., Hayati, D. K., & Carolina, H. S. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Konservasi Gajah Berkarakter Peduli Lingkungan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 187. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8959

Published

2024-08-30

How to Cite

Ni Kadek Gita Widyantari, & Gusti Ngurah Sastra Agustika. (2024). Video Pembelajaran Berbasis Demonstrasi Pada Materi Perubahan Wujud Benda Muatan Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/78756

Issue

Section

Articles