Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus VIII Mengwi Tahun Ajaran 2023/2024

Model Pembelajaran Think Pair Share, Metode Hypnoteaching, Hasil Belajar Matematika

Authors

  • NI Made Sukma Angelica - a:1:{s:5:"en_US";s:30:"Universitas Pendidikan Ganesha";}

Keywords:

Think Pair Share, Hypnoteaching, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share berbasis Hypnoteaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu serta dengan rancangan desain penilitian berupa Non-Equivalesn Control Group Design. Rancangan analisis data pada penelitian ini ialah Independent Sample T-test. Populasi pada penelitian ini ialah sebanyak 7 sekolah dengan sebanyak 214 siswa. Pengambilan anggota sampel penelitian dilakukan dengan Teknik Cluster Random Sampling yang sebelumnya telah dilakukan uji penyetaraan dengan mengggunakan Aanava satu jalur. Metode pengumpulan data dilakukan denan metode ttes berupa tes objektif sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil analysis data diperoleh nilau nilai thitung = 6,21 > ttabel = 2,00 dengan dk 56 pada α 0,05. Hasil penelitian tersebut menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share berbasis Hypnoteaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD.

References

Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agung, A. A. 2018. Metodelogi Penleitian Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Febnasari, S.D.,Dkk. (2019). "Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas Dengan Strategi Tps Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar".Jisd, Volume 3, Nomor 3

Haryadi, Rudi Dan Agni Yusifa. 2021." Metode Hypnoteaching Terhadap Pembelajaran Fisika". Alpen, Volume 5, Nomor 1

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alvabeta. Cv.

Paramita, I.R. (2023). "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sdn Gandekan Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023"Jurnal Pendidikan Tambusai.Volume 7, Nomor 2.

Setiawan.R.S Dan A. Bahtiar. 2023. Monograf: Metode Role Play (Upaya Peningkatan Motivasi & Hasil Belajar Peserta Didik). Makasar: Umsu Press.

Sinta, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Representasi Visual Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi Di Sman 2 Tumijajar (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Published

2024-08-30

How to Cite

-, N. M. S. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus VIII Mengwi Tahun Ajaran 2023/2024: Model Pembelajaran Think Pair Share, Metode Hypnoteaching, Hasil Belajar Matematika. Mimbar Pendidikan Indonesia, 5(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/78890

Issue

Section

Articles