Efektifitas Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.39268Keywords:
diskusi, pendidikan, metode diskusi, Pendidikan Agama KristenAbstract
Kegiatan pembelajaran pada masa pandemi di ruang virtual yang hanya mendengar dan mengerjakan tugas tanpa melibatkan siswa aktif akan berdampak pada tujuan pembelajaran yang tidak tercapai dan hasil belajar siswa yang menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design dengan taraf signifikansi 5%. Populasi t pada penelitian ini merupakan seluruh siswa beragama Kristen kelas XI yang berjumlah 104 siswa. Penentuan sampel untuk penelitian ini menggunakan rumus Isacc and Michael dengan taraf kesalahan 5%, sehingga jumlah sampel adalah sebanyak 83 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensisal. Hasil analisis data dengan menggunakan rumus uji t diperoleh thitung sebesar 9,482. Kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 1,66. Hal itu berarti thitung lebih besar dari ttabel., sehingga metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar PAK pada masa pandemi Covid-19. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Agustin, M. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598.
Aguswandi. (2018). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok pada Mata Pelajaran Matematika dan PKn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 006 Kota Inuman Kecamatan Inuman. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(1), 60–64. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i1.4878.
Ali, F. A., Jehadus, E., & Fedi, S. (2019). Pengembangan Metode Diskusi Bermuatan Presentasi Sistem Rotasi pada Mata Kuliah Trigonometri. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 293 – 305. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.861.
Amran, R., Yokoyama, F., & Nishino, K. (2016). Development of Active Learning Methods of English in Japanese High Schools to Support Student Activities in Group Discussions. Procedia Computer Science, 96, 1471–1478. https://doi.org/10.1016/j.procs.2016.08.193.
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.
Bekti, A., & Firosalia, K. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 353–361. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i3.
Cahyani, A. dkk. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–14. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57.
Casriarno, A., & Nataniel, D. (2020). Dinamika Pendidikan Agama Kristen di Tengah Wabah Corona: Sebuah Refleksi Berdasarkan Pengajaran Paulus dalam Galatia 6:2. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen, dan Musik Gereja, 4(1), 25–42. https://doi.org/10.37368/ja.v4i1.135.
Darianti, & Tafonao, T. (2021). Problem Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Masa Pandemi terhadap Psikologi Anak. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 10(2), 39–56. https://doi.org/10.46495/sdjt.v10i2.97.
Diniya, D., Ilhami, A., Mahartika, I., Permana P, N. D., & Prakash, O. (2021). Kemampuan Argumentasi Ilmiah Calon Guru IPA melalui Pendekatan MIKiR selama Pandemi Covid-19. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 141. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.12770.
Ernawati. (2020). Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 125–131. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.594.
Febnasari, S. D., Arifin, Z., & Setianingsih, E. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi “TPS” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 310–318. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19456.
Hutapea, R. H., & Dima, Y. H. (2020). Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.34307/peada.v1i1.10.
Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Ulfayati, Z. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kegiatan Belajar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 1(1), 10–16. http://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jiees/article/view/5.
Ifadloh, V. N., Santoso, N. B., & Supardi, K. I. (2012). Metode Diskusi dengan Pendekatan Science, Environment, Technology, Society dan Media Question Card. Unnes Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15294/USEJ.V1I2.872.
Intarti, E. R. (2016). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Guru Motivator. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 28–40. https://doi.org/https://doi.org/10.46307/rfidei.v1i2.
Kamza, M., Ibrahim, H., & Lestari, A. I. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347.
Karyadi. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melaporkan Isi Bacaan Melalui Metode Diskusi. BRILLIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(1), 80–91. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i1.28.
Kurniawan, A. (2019). Utilization of Information and Communication Technologies ( ICT ) for Learning in SMPN 5 Ponorogo, East Java. Jurnal Teknodik, 23(1), 55–64. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.369.
Lie, G., & Triposa, R. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(1), 110–128. https://doi.org/https://doi.org/10.38189/jan.v2i1.89.
Manullang, J., Maria, R., & Manullang, A. (2021). Relevansi Pendidikan Humanis Paulo Freire dengan Pendidikan Agama Kristen Jenjang Sekolah Menengah Atas. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 482–490. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1088.
O’Hare, C., Haughey, S., Lloyd, F., Calmont, M. M., & Girvin, B. (2020). An Evaluation of Virtual Ethics Discussion Groups as a Method of Learning on a Pharmacist Independent Prescribing (IP) Programme. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 12(3), 347–354. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2019.12.015.
Pakaya, F. A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar melalui Metode Diskusi. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 05(03), 193–198. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.3.193-198.2019.
Pasaribu, J. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Oleh Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Kreativitas Belajar. Areopagus: Jurnal Pendidikan dan Teologi Kristen, 17(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.46965/ja.v17i1.
Patricia Aguilera-Hermida, A. (2020). College Students’ Use and Acceptance of Emergency Online Learning Due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 1, 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011.
Riman. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tema 5 di Sekolah Dasar melalui Penerapan Metode Diskusi. JPD: Jurnal Pedagogiana, 8(84), 44–51. https://doi.org/https://doi.org/10.47601/AJP.27.
Sidabutar, H. (2020). Filsafat Ilmu Pendidikan Agama Kristen dan Praksisnya bagi Agama Kristen Masa Kini. PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 85–101. https://doi.org/10.34307/peada.v1i2.20.
Simanjuntak, R. (2020). Memaknai Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Masa Kini. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 9(1), 27–44. https://doi.org/10.46495/sdjt.v9i1.56.
Sirait, E. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen melalui Metode Belajar Kelompok dan Tanya Jawab Kelas VII B SMP PGRI Salawati Kabupaten Sorong. Jurnal Pendidikan, 6(2), 1–6. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v6i2.26.
Suciati. (2020). Peningkatan Kreatifitas dan Inisiatif Guru melalui Model Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 79–85. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.131.
Syafruddin. (2017). Implementasi Metode Diskusi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384.
Tefbana, A., & Kia, A. D. (2020). Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Disrupsi dan Pandemi. Jurnal Luxnos, 6(2), 254–270. https://doi.org/10.47304/jl.v6i2.60.
Tety, & Wiraatmadja, S. (2017). Prinsip-Prinsip Filsafat Pendidikan Kristen. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 1(1). https://doi.org/10.46445/ejti.v1i1.56.
Tubagus, S. (2019). Metode-Metode yang Kreatif dan Efektif untuk Pencapaian Tujuan Pendidikan Agama Kristen. Tumou Tou, 6(2), 103–116. https://doi.org/https://doi.org/10.51667/tt.v6i2.147.
Wahyuni, I., Slameto Slameto, & Setyaningtyas, E. W. (2018). Penerapan Model PBL Berbantuan Role Playing untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 356–363. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16152.
Wau, V. (2020). Dinamika Pendidikan Agama Kristen pada Masa Pandemi Covid-19: Analisis Kompetensi Pedagogik Yesus dalam Injil Matius. Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 132–148. https://doi.org/10.38189/jan.v1i2.72.
Widiarsa, I. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Diskusi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 234–253. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.37.
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.
Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 90. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)