Media Pembelajaran Interakti Berbasis Kuis Bermuatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58144Keywords:
Media Interaktif, Kuis, Bahasa IndonesiaAbstract
Pembelajaran online menimbulkan terendah hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas 6 SD dan terlihat kurangnya karakter siswa saat melakukan proses belajar daring. Guru juga harus berulang kali menjelaskan dengan terperinci menggunakan bahasa daerah dan bahasa Indonesia agar siswa lebih cepat memahami pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan media pembelajaran interaktif berbasis kuis bermuatan pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data kajian menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil kajian dari uji ahli menunjukkan ahli materi pembelajaran dengan kelayakan sangat baik (94.00%), ahli desain pembelajaran dengan kelayakan baik (78.00%), ahli media pembelajaran dengan kelayakan baik (88.00%), uji coba perorangan dengan kelayakan sangat baik (97.14%), dan uji kelompok kecil dengan kelayakan sangat baik (97.14%). Secara umumnya, hasil kajian menunjukkan media interaktif berbasis kuis layak dan valid digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi media ini diharapkan agar dapat digunakan secara optimum dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi pelajar dan memudahkan pemahaman terhadap bahan pembelajaran.
References
Adi, W. A., Relmasita, S. C., & Hardini, A. T. (2020). Pengembangan Media Animasi Untuk Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 81. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24778.
Arifin, Z., Tegeh, I. M., & Yuda Sukmana, A. I. W. I. (2021). Independent Learning through Interactive Multimedia Based on Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 244. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292.
Ayuningsih, N. P. M. (2020). Validitas Isi Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Problem Based Learning dan Pendidikan Karakter. Jurnal Mathematics Paedagogic, V(1). https://doi.org/10.36294/jmp/vxix.xxx.
Centauri, B. (2019). Efektivitas Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Kuis Interaktif Di SDN-7 Bukit Tunggal. Jurnal: Seminar Nasional Pendidikan Mipa Dan Teknologi (SNPMT II), 1(1), 124–133. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1360.
Djannah, M., Zulherman, & Nurafni. (2021). Kahoot Application for Elementary School Students: Implementations of Learning Process from Distance during Pandemic period of COVID 19. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012121.
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.
F. Amin, K. (2021). Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dan Pengenalan Budaya Lokal Bugis-Makassar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 1044–1053. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i6.195.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Developing Interactive Chemistry E-Modul For The Second Grade Students of Senior High School. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.
Husein, S., Gunawan, Harjono, A., & Wahyuni, S. (2019). Problem-Based Learning with Interactive Multimedia to Improve Students’ Understanding of Thermodynamic Concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012028.
Irwanto, Taufik, Hernawan, & Rizal. (2019). Efektivitas Multimedia Interaktif dan Mobile Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 4(1). https://doi.org/10.30870/jpks.v4i1.6845.
Jiemsak, N., & Jiemsak, R. (2020). The effectiveness of the quizizz interactive quiz media as an online self-assessment of undergraduate students to improve students’ learning outcomes. 2020 5th International STEM Education Conference, ISTEM-Ed 2020, 1567(2), 51–54. https://doi.org/10.1109/iSTEM-Ed50324.2020.9332675.
Latorre-Cosculluela, C., Suárez, C., Quiroga, S., Sobradiel-Sierra, N., Lozano-Blasco, R., & Rodríguez-Martínez, A. (2021). Flipped Classroom model before and during COVID-19: using technology to develop 21st century skills. Interactive Technology and Smart Education, 18(2), 189–204. https://doi.org/10.1108/ITSE-08-2020-0137.
Layona, R., Yulianto, B., & Tunardi, Y. (2017). Authoring Tool for Interactive Video Content for Learning Programming. Procedia Computer Science, 116, 37–44. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.10.006.
Melianti, E., Risdianto, E., & Swistoro, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.1-10.
Mualimah, A., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). Pengembangan Kuis Interaktif Nahwu Sebagai Media Pembelajaran Drill and Practice Pada Pembelajaran Nahwu Di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Al-Ishlahiyah Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 203–212. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p203.
Ni Made Sinta Suwastini, Anak Agung Gede Agung, & I Wayan Sujana. (2022). LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311–320. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48304.
Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699.
Puspita Ayu, D., & Khaerunnisa. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Kahoot Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat (Hikayat) Kelas X. Jurnal Fascho: Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 10(2), 1–6. https://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/fascho/article/view/62.
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524.
Rohmah, F. N., & Bukhori, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3. Economic & Education Journal, 2(2), 169–182. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v2i2.892.
Rusdiana, N. P. M., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-Book Interaktif Materi Siklus Air pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 10(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45180.
Santhalia, P. W., & Sampebatu, E. C. (2020). Pengembangan multimedia interaktif dalam membantu pembelajaran fisika di era Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.31985.
Sari, P. A. P. (2020). Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24324.
Schneider, J. M., Martínez, P., & Fernández, J. L. M. (2017). Combining heterogeneous sources in an interactive multimedia content retrieval model. Expert Systems with Applications, 69, 201–213. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2016.10.049.
Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 210–215. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732.
Suwartini, I., & Fujiastuti, A. (2017). Teknik Pembuatan Buku Ajar Membaca Kritis Dan Kreatif Berbasis ARCS (Attention, Relevance, Convidence, Satisfaction) Untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. BAHASTRA Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 37(2), 138 – 147. https://doi.org/10.26555/bahastra.v37i2.7610.
Syahmi, F. A., Ulfa, S., & Susilaningsih. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Smartphone Untuk Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p081.
Syawaludin, A., Gunarhadi, & Rintayati, P. (2019). Development of augmented reality-based interactive multimedia to improve critical thinking skills in science learning. International Journal of Instruction, 12(4), 331–344. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12421a.
Syofyan, H., Susanto, R., & Ulum, M. B. (2022). Pelatihan Multimedia bagi Guru dalam Menunjang Pembelajaran Daring. International Journal of Community Service Learning, 5(4), 273. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.41361.
Wangge, Y. S., & Sariyyah, N. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Tarian Gawi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1906–1913. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2166.
Widiartha, K. D. R., Manuaba, I. B. S., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic Berbantuan Mutimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 145. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15396.
Widiyastuti, N., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash Materi Bumi Dan Alam Semesta. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 77–84. https://doi.org/10.21009/pip.321.9.
Zulhelmi, Adlim, & Mahidin. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 72–80. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8414/6803.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Riccy Riandi Sitanggang, Tegeh I Made, Alexander H Simamora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)