Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animated Demonstration pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar

Penulis

  • Doni Pernanda Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Jalius Jama Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21845

Abstrak

Artikel ini membahas tentang perancangan pengembangan media pembelajaran berbasis animated demonstration pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di sekolah menengah kejuruan (smk). Media pembelajaran yang dirancang berisi materi sejarah komputer dan komponen-komponen komputer beserta animasi perancangan jaringan komputer yang bersifat abstrak dan tidak bisa dilihat secara kasat mata. Materi tersebut digambarkan secara nyata dan mudah dipahami oleh perserta didik. Metode yang digunakan dalam pengembangan media pemebelajaran adalah R&D (research and development). Pengembangan media pembelajaran menggunakan proses 4D (four-D) dengan Use case diagram, flowchart dan selanjutnya dikembangkan menggunakan tool Adobe Flash cs6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran komputer dan jaringan dasar mudah digunakan bagi peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Jaringan Dasar, Komputer

Referensi

Fletcher, J. D. & Rockway, M. R. 1986. Training devices: Concepts and progress. In J. A. Ellis (Ed.), Military contributions to instructional technology (pp.717-222). New York, NY: Praeger.

Gordonov, Anatoliy et al. 1997. Video Network in an Electronic Classroom Environment and Analysis of Student Preferences in the Development of a Network-Based Video Distribution System. ASCUE Proceeding and Journal of Educational Resources Information Center. P. 79-80.

Jendral, D., Riset, K., & Tinggi, P. 2015. KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Dokumen 001, 1–9.

Kneale, Bruce et al. 2004. VELNET (Virtual Environtment for Learning Networking. The 6th Australasian Computing Education Conference (ACE2004), Dunedin, New Zealand. Vol. 30, p. 1-8.

Lee, J., Kao, H., & Yang, S. 2014. Service innovation and smart analytics for Industry 4 . 0 and big data environment. Procedia CIRP, 16, 3–8.

Lowe, J. 2001. Computer-based education: Is it a panacea?. Journal of Research on Technology in Education, 34(2), 163-171.

Patwardhan, Mrinal & Murthy, Sahana. 2017. Designing Reciprocative Dynamic Linking to Improve Learners’ Representational Competence in Interactive Learning Environments. Journal of Research and Practice in Technology Enhanced Learning. Vol. 12, Issue 10, p. 1-30.

Perez, Rafael Garcia. 2016. Virtual Empathy as Digital Competence in Education 3.0. International Journal of Educational technology in Higher Education. Vol 13, Issue 20, p. 1-10.

Shlechter, T. M. 1991. Problems and promises of computer-based training. Norwood, NJ: Ablex.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Predana Media Group

Vojtovič, S., Navickas, V., & Gruzauskas, V. 2016. JOURNAL OF SECURITY AND SUSTAINABILITY ISSUES ISSN 2029-7017 print / ISSN 2029-7025 online 2015 March Volume 4 Number 3. Journal of Security and Sustainability Issues, 5(2), 489–499. https://doi.org/10.9770/jssi.2016.5.3(4)

Diterbitkan

2019-11-13

Cara Mengutip

Pernanda, D., & Jama, J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animated Demonstration pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 348–355. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21845

Terbitan

Bagian

Articles