Meningkatkan Mutu Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Melalui Pembelajaran Elektronik (E-Learning)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43695Kata Kunci:
Pembelajaran Elektronik (E-Learning), Mutu BelajarAbstrak
Pembelajaran yang dilakukan secara e-learning masih kurang optimal. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran online masih membingungkan dan menjadikan beberapa peserta didik pasif. Perbedaan ekonomi setiap siswa yang berbeda juga menjadi kendala dalam pembelajaran berbasis online. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh pembelajaran e-learning terhadap mutu belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sampel diambil dengan menggunakan teknik total sampling, sehingga jumlah sampel sama dengan populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan tiga cara, yaitu penelitian lapangan (Field Research), kepustakaan (Library Research), dan riset internet (Online Research). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yakni dengan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran e-learning berada dalam kategori sedang. Mutu pembelajaran mahasiswa pendidikan ekonomi juga berada dalam kategori sedang. Pembelajaran e-learning memiliki pengaruh yang terhadap mutu belajar mahasiswa. Disimpulkan bahwa pembelajaran e-learning memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap mutu belajar mahasiswa. Diharapkan guru dapat menciptakan pembelajaran e-learning secara inovatif, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.
Referensi
Adedoyin, O. B., & Soykan, E. (2020). COVID-19 Pandemic and Online Learning: The Challenges and Opportunities. Interactive Learning Environments, 29(8), 1–14. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1813180.
Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 43. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803.
Adiwibowo, L. A. (2010). Pengaruh Metode Cooperative Learning Teknik Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. INVOTEC, 6(2). https://doi.org/10.17509/INVOTEC.V6I2.6086.
Ajinomoto, A. S. (2021). Penggunaan E-Learning pada Proses Pembelajaran Daring. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 229–235. https://doi.org/10.51878/TEACHING.V1I3.525.
Almusawi, H. A., Durugbo, C. M., & Bugawa, A. M. (2021). Innovation in Physical Education: Teachers’ Perspectives on Readiness for Wearable Technology Integration. Computers & Education, 167. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104185.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi, dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008.
Arifah, B. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Book pada Materi Rangkaian Induktor terhadap Hasil Belajar Siswa. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2. https://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1795.
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353–361. https://doi.org/10.23887/JIPP.V5I3.36230.
Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.20.
Baaijen, V. M., & Galbraith, D. (2018). Discovery Through Writing : Relationships with Writing Processes and Text Quality Cognition and Instruction, 0(0), 1–25. https://doi.org/10.1080/07370008.2018.1456431.
Binali, T., Tsai, C.-C., & Chang, H.-Y. (2021). University Students’ Profiles of Online Learning and Their Relation to Online Metacognitive Regulation and Internet-Specific Epistemic Justification. Computers & Education, 175. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104315.
Borthwick, A. C., & Hansen, R. (2017). Digital Literacy in Teacher Education: Are Teacher Educators Competent? Journal of Digital Learning in Teacher Education, 33(2), 46–48. https://doi.org/10.1080/21532974.2017.1291249.
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21009/pip.321.8.
Dayanti, A. D. (2017). Pengembangan Sikap Toleran Terhadap Perbedaan Pendapat Siswa Melalui Discovery Learning dalam Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 44 Bandung). International Journal Pedagogy of Social Studies, 1(1), 60. https://doi.org/10.17509/ijposs.v1i1.2084.
Dwihartanti, M., Mardiyah, S. U. K., & Ramadhan, A. N. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning di Fakultas Ekonomi UNY. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 51–63. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24494.
Dyah Purnama Sari, P. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 EFEKTIVITAS Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). Pediatric Critical Care Medicine, 1022–1023. https://doi.org/10.1097/PCC.0000000000002513.
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.4.
Faisal Mustofa, R., Pendidikan Biologi, J., & Siliwangi, U. (2019). Pengaruh Pembelajaran Learning Cycle 5e terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 51–58. https://doi.org/10.34289/277889.
Fikri, M., Ananda, M. Z., & Faizah, N. (2021). Kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.
Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659.
Gerhardt-Szép, S., Dreher, S., Rüttermann, S., & Weberschock, T. (2017). Konzeption und Implementierung Eines Neuartigen E-Learning-Moduls Mit EbM-Lerninhalten im Fach Zahnerhaltungskunde. Zeitschrift Für Evidenz, Fortbildung Und Qualität Im Gesundheitswesen, 127–128, 72–78. https://doi.org/10.1016/j.zefq.2017.09.001.
Hamilton, L. A., Suda, K. J., Heidel, R. E., McDonough, S. L. K., Hunt, M. E., & Franks, A. S. (2020). The Role of Online Learning in Pharmacy Education: A Nationwide Survey of Student Pharmacists. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 12(6). https://doi.org/10.1016/j.cptl.2020.01.026.
Huang, X., Dedegikas, C., & Walls, J. (2011). Using Multimedia Technology to Teach Modern Greek Language Online in China: Development, implementation and evaluation. European Journal of Open, Distance and E-Learning, 1, 1–9.
Husain, B., Idi, Y. N., & Basri, M. (2021). Teachers’ Perceptions on Adopting E-Learning During Covid-19 Outbreaks; Advantages, Disadvantages, Suggestions. Jurnal Tarbiyah, 27(2), 41–57. https://doi.org/10.30829/tar.v27i2.738.
Hwang, G. J., Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a Social Regulation-Based Online Learning Framework on Students’ Learning Achievements and Behaviors in Mathematics. Computers and Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.
Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66–79. https://doi.org/10.21831/JPE.V2I1.2645.
Karwati, E. (2014). The Influence of E-Learning Based on Information Technology toward Students Quality of Learning. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1), 41–54. https://doi.org/10.20422/JPK.V17I1.5.
Khamparia, A., & Pandey, B. (2017). Impact of interactive multimedia in E-learning technologies: Role of multimedia in E-learning. Enhancing Academic Research With Knowledge Management Principles, April, 199–227. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-2489-2.ch007.
Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504.
Leni, O., Amik Bina, M., Palembang, S., & Selatan, S. (2021). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Ekstrinsik Dalam Pembelajaran Daring terhadap Mutu Hasil Belajar di AMIK Bina Sriwijaya Palembang. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(1), 62–70. https://doi.org/10.25078/JPM.V7I1.1477.
Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an E-learning Module to Facilitate Student Learning and Outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007.
Long, Y., & Aleven, V. (2017). Enhancing Learning Outcomes Through Self-Regulated Learning Support with An Open Learner Model. User Modeling and User-Adapted Interactio, 27(1). https://doi.org/10.1007%2Fs11257-016-186-6.
Mahuda, I. (2017). Pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 31–39. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2028.
Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224–231. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443.
Permatasari, I., & Hardiyan, H. (2018). Pengaruh E-Learning Sebagai Media Pelatihan dan Pengembangan terhadap Kinerja Karyawan BCA KCU Tangerang. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(1), 1. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i1.275.
Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i2.25286.
Prasojo, E. N. (2020). Mutu Pembelajaran dengan Sistem Distance Learning Dimasa Pandemi Covid-19. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(3), 229–238. https://doi.org/10.30998/fjik.v7i3.7465.
Pratama, H., Azman, M. N. A., Gulzhaina K. Kassymova, & Duisenbayeva, S. S. (2020). The Trend in Using Online Meeting Applications for Learning During the Period of Pandemic COVID-19 : A Literature Review. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(2), 58–68. https://doi.org/10.46843/jiecr.v1i2.15.
Purnama Dewi dan Alfi Nura, D., kunci, K., Pemanfaatan E-Learning, P., Belajar, M., & Belajar, P. (2021). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning dan Minat Belajar terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Stambuk 2017 Universitas Negeri Medan. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 2(4), 83–105. https://doi.org/10.47747/JISMAB.V2I4.496.
Rahmayani, A., Siswanto, J., & Arief Budiman, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055.
Rusmiati, R., & Nugroho, A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT dengan Media Pop Up terhadap Hasil Belajar Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 241. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17914.
Sa, H. (2021). Pengaruh Penerapan E-Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Informatika Universitas Dehasen Bengkulu. JURNAL PETIK, 7(1), 80–86. https://doi.org/10.31980/JPETIK.V7I1.1007.
Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif dalam Menyongsong Revolusi Industri 4. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(2), 131–138. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590.
Saripudin, E., Sari, I. J., & Mukhtar, M. (2018). Using Macro Flash Animation Media on Motion Material to Improve Learning Achievement for Learning Science in Junior High School. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 4(1), 68–75. https://doi.org/10.30870/jppi.v4i1.3316.
Selfi, G., Prodi, A., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-learning Masa Covid-19 pada Mahasiswa Tahun Masuk 2020 PPKn UNP. Journal of Civic Education, 4(3), 212–218. https://doi.org/10.24036/JCE.V4I3.543.
Setianingsih, I. G. A. A. A., Putra, D. K. N. S., & Ardana, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Audio Visualterhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 3(3), 203–209. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21827.
Setiawan, A. P., Masruri, L., Trastianingrum, S. A. P., & Purwandari, E. (2021). Metode Pembelajaran Daring Akibat Covid-19: Perspektif Pelajar dan Mahasiswa. Proyeksi, 16(1), 83. https://doi.org/10.30659/jp.16.1.83-91.
Setyaningsih, K. D. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di SD Negeri Karangrena 03. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(2), 19–27. https://doi.org/10.30595/.v1i2.9012.
Shetu, S. F., Rahman, M. M., Ahmed, A., Mahin, M. F., Akib, M. A. U., & Saifuzzaman, M. (2021). Impactful e-Learning Framework: A New Hybrid form of education. Current Research in Behavioral Sciences, 2. https://doi.org/10.1016/j.crbeha.2021.100038.
Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi di Tengah Penyebaran Covid-19 Di Mi Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144–159. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3946.
Shophia, A., & Mulyaningrum, E. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantu Media Pictorial Riddle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. BIOMA Jurnal Ilmiah Biologi, 6(1). https://doi.org/10.26877/bioma.v6i1.1486.
Sidiq, A. W., & Nuswantoro, M. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran (E-Learning) dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar bagi Mahasiswa S1 Akuntansi FE Universitas Semarang. Solusi, 19(2), 15–27. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i2.3047.
Sopiah, C. (2021). Dampak Pembelajaran Online terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 8(2), 22–31. https://doi.org/10.32534/JJB.V8I2.1719.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.
Suprayogie, D. R., & Hakim, L. (2021). Pengaruh Pembelajaran E-Learning terhadap Mutu Belajar dengan Mutu Proses Belajar Mengajar Sebagai Variabel Intervening Mata Kuliah Perbankan Syariah. Jurnal Pendidikan, 9(2), 24–35. https://doi.org/10.36232/PENDIDIKAN.V9I2.889.
Suyanti, S. (2021). Pembelajaran E-Learning sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa PGSD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(2), 135–144. https://doi.org/10.21067/JBPD.V5I2.5623.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/METALINGUA.V5I1.7072.
Tempelaar Chan, S. L., Lin, C. C., Chau, P. H., Takemura, N., & Fung, J. T. C. (2021). Evaluating Online Learning Engagement of Nursing Students. Nurse Education, 104. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2021.104985.
Van Alten, D. C. D., Phielix, C., Janssen, J., & Kester, L. (2019). Effects of Flipping The Classroom on Learning Outcomes and Satisfaction: A Meta-Analysis. Educational Research Review, 28(June), 1–18. https://doi.org/10.1016/jedurev.2019.05.003.
Wahono, M. (2018). Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan bagi Mahasiswa di Era Milenial. Integralistik, 2(1). https://doi.org/10.15294/integralistik.v29i2.16696.
Warsiki, N. M. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 287–294. https://doi.org/10.23887/JIPP.V2I3.16226.
Widiastuti, Y. K. W., Rasmani, U. E. E., & Wahyuningsih, S. (2020). Mengkaji Penerapan E-Learning pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1240–1247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.752.
Widiyono, A. (2020). Efektivitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458.
Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1.
Wongkar, S., Sinsuw, A., & Najoan, X. (2015). Analisis Implementasi Jaringan Internet dengan Menggabungkan Jaringan Lan dan Wlan di Desa Kawangkoan Bawah Wilayah Amurang II. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 4(6), 62–68. https://doi.org/10.35793/jtek.4.6.2015.10400.
Woo, E. M. W., Serenko, A., & Chu, S. K. W. (2019). An Exploratory Study of The Relationship between The Use of The Learning Commons and Students’ Perceived Learning Outcomes. Journal of Academic Librarianship, 45(4). https://doi.org/10.1016/j.acalib.2019.05.007.
Xiao, H., & Shi, J. (2020). Video Captioning with Text-Based Dynamic Attention and Step-By-Step Learning. Pattern Recognition Letters, 133, 305–312. https://doi.org/10.1016/j.patrec.2020.03.001.
Zhang, D., Zhou, L., Briggs, R. O., & Nunamaker, J. F. (2016). Instructional Video in E-Learning: Assessing the Impact of Interactive Video on Learning Effectiveness. Information and Management, 43(1), 15–27. https://doi.org/10.1016/j.im.2005.01.004.
Zhu, X., & Luo, S. (2021). The Influence of Computer Network Technology on National Income Distribution Under The Background of Social Economy. Computer Communications, 177. https://doi.org/10.1016/j.comcom.2021.06.025.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)