Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas VB Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 di SDN 1 Banjar Jawa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14217Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay berbantuan media visual. Penelitian ini dilakukan di kelas VB SDN 1 Banjar Jawa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Tes yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar IPA adalah tes objektif pilihan ganda yang berjumlah 20 butir. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil tes kompetensi pengetahuan muatan IPA pada pra siklus, siswa yang mencapai nilai ≥80 mancapai 3% dari 38 siswa, sedangkan pada siklus I meningkat sebesar 77,87% menjadi 80,87% dari 38 siswa, dan diakhir siklus II meningkat sebesar 1,55% menjadi 82,42% dari 38 siswa, Peningkatan hasil belajar kompetensi pengetahuan dari prasiklus sampai siklus II yaitu sebesar 0,50 (79,42%) atau berada pada kategori sedang Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VB semester II tahun pelajaran 2017/ 2018 di SDN 1 Banjar Jawa.
References
Abdurrahman dan Bintoro. 2000. Perbedaan Kooperatif Learning dan Konvensional. http://blognyaalul. blogspot.com/2010/12. Diakses Tgl. 06 Februari 2018.
Agung, Anak Agung Gede. 2016. Statiska Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish
-------. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing
Anita Lie. 2002. Cooperative Learning, Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas.Jakarta:PT. Grasindo
Arikunto, Suharsimi.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Asnawir dan Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers
Djojosoediro, Wasih. 2010. Modul Universitas Pendidikan Indonesia Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Tersedia pada http://file.upi.edu/Direktori/DUALMODES/PENDIDIKAN_IPA_DI_SD/BBM_5.pdf. (Diakses tanggal 06 Februari 2018 ).
Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama
Kusumah, Wijaya.2010.Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Edisi Kedua. Jakarta : PT Indeks.
Miarso, Yusuf Hadi. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana
Mulyasa. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakter dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Munadi, Yudhi.2013. Media Pembelajaran( Sebuah Pendekatan Baru).Jakarta : Referensi
Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Kencana
Prawiladilaga, Dwisalma. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Pringgawidagda, Suwarno. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Kencana
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Rakhmat, Cece dan Suherdi, Didi. 1999. Evaluasi Pengajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sadiman, dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. 2010.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Jakarta: CV.Alfabeta
Sukardi, H.M.2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya.Jakarta : Bumi Aksara
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta : Kencana
Usman, Uzer. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.