PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IVA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14256Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas IVA SD Laboratorium Undiksha, Singaraja. Semua siswa kelas IVA sudah memiliki nilai diatas KKM namun nilai siswa kelas IVA masih berada pada kreteria sedang pada Penilaian Acuan Patokan (PAP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IVA SD Laboratorium Undiksha dengan penerapan pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi untuk setiap siklus dan penelitian ini diselesaikan dalam dua siklus. Pengumpulan data hasil belajar PKn dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes berbentuk pilihan ganda.Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif dan deskriptif-kuantitatif.
Data hasil penelitian menunjukan pada siklus I data nilai rata-rata hasil belajar PKn 72,26 dengan ketuntasan klasikal 26,3% siswa berada pada kategori tinggi dan pada siklus II 83,5 dengan ketuntasan klasikal 81,5% siswa berada kategori tinggi. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar PKn sebesar 11,24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dengan tutor sebayaberbantuan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IVA tahun ajaran 2017/2018 di SD Laboratorium Undiksha.
Kata kunci: Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar PKn
Abstract
This study was made to improve the quality of learning in IVA class Laboratorium School Undiksha, Singaraja. All of the students already reach the minimum score but they are only stay on average criteria. The purpose of this study is to improve result in learning Civic on IVA cstudents of Laboratorium School Undiksha through contextual learning application. This study is classroom action research (PTK) which have four phases: planning, implementation, observation, and reflection in every cycle and finished in only two cycles. Data collected by using multiple choice test. The data analyzed by descriptive-qualitative and descriptive quantitative techniques.
The data of this study showed that in first cycle, student’s average score of civic was only 72,26 with classical completeness 26,3% students already reach the high category. In the second cycle, average score of civic was 83,5 with classical completeness 81,5% students already reach the high category. So that there is improvement of result in learning by 11,24. Result of this study shows that application of contextual learning with peer tutor assisted by audiovisual media can improve result in learning civic of IVA class students in Laboratorium School Undiksha in academic year 2017/2018.
Keywords: contextual learning, result in learning Civic
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.