PENERAPAN MODEL PJBL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD

Authors

  • I Gusti Ayu Jayanti Kusuma Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14263

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA di SD Negeri 3 Banjar Jawa Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah penerapan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan media audiovisual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa VA SD Negeri 3 Banjar Jawa, sebanyak 32 orang. Bentuk analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada refleksi awal rata-rata hasil belajar IPA hanya mencapai 76 dengan (M%) sebesar 76% yang masih berada pada kategori sedang. Hasil penelitian meningkat pada siklus I dengan rata-rata nilai 76 dan (M%) sebesar 79% yang juga masih berada pada kategori sedang. Setelah dilaksanakan perbaikan tindakan pada siklus II, rata-rata nilai hasil belajar IPA siswa semakin meningkat mencapai 86 dengan (M%) sebesar 86% yang sudah masuk pada kategori tinggi. Adapun peningkatan hasil belajar IPA dapat dilihat dari hasil perhitungan gain score (Gn) adalah sebesar 0,42. Dengan demikian model pembelajaran berbasis proyek berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VA di SD Negeri 3 Banjar Jawa Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata kunci: hasil belajar IPA, media audiovisual, model pembelajaran berbasis proyek

 

Abstract

The purpose of this study is to improve result in learning science through project based learning model application assisted by audiovisual media on VA grade students of SDN 3 Banjar Jawa Singaraja in academic year 2017/2018. This study used classroom action research which conducted in two cycles. Each cycle consists of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. The subject were VA grade students in SDN 3 Banjar Jawa Singaraja in academic year 2017/2018 that included 32 students. The result of learning science's datas is analyzed using quantitative descriptive analysis and qualitative descriptive analysis.

The result showed that at the early reflection, average of result in learning science was only 76 with (M%) = 76%. It was still in middle category. The result of the study increased in 1st cycle with average 79 and (M%) = 79. It is also still in middle category. After the improvement of action on 2nd cycle. Student’s average value reachs 86 with (M%) = 86%. It means that there is enhancement of gain score (Gn) in the amount of 0,42. Based on the results can be concluded that application of project based learning model assisted by audiovisual media can improve result in learning science of VA grade students in SD Negeri 3 Banjar Jawa SIngaraja, academic year 2017/2018.

Keywords: audiovisual media, project based learning, result in learning science

Downloads

Published

2018-07-30

How to Cite

Jayanti Kusuma, I. G. A. (2018). PENERAPAN MODEL PJBL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14263

Issue

Section

Articles