PENERAPAN METODE DEMONSTRASI MELALUI KEGIATAN MERONCE UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B1 TK KARTIKA VII-3 SINGARAJA

Authors

  • Ni Md. Ari Wulandari
  • Kt. Pudjawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v1i3.16455

Abstract

This research purpose to find out the improvement of fine motor skill development through the applying demontration method by meronce activities to the children in group B1 at TK Kartika VII-3 Singaraja. Type of this research was classroom action research (CAR) which implemented two cycles. Subject of this research were 19 children of group B1 TK Kartika VII-3 Singaraja. Than the research data about fine motor skill development collected by using observation method. The data were analyzed by using descriptive statistics method, and  descriptive quantitative analysis method. The result of analysis data shows there is an improvement of fine motor skill development when applying demontration method assisted by meronce activities raearches 22,43%. In the first cycle it’s reaches 59,58% which is low criteria increase in the second cycle to 82,01% which at high criteria. Thus it can be concluded that applying demontration method assisted by meronce activities can improve the fine motor skill development of the children in group B1 at TK Kartika VII-3 Singaraja.

 

Keywords: Demonstration method, meronce activities, fine motor.

References

Agung, A. A. Gede. 2010. “Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Analisis Data dalam PTK)”. Makalah disajikan dalam Wokshop Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha. Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja 27 September 2010.

-------. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Dimyati, Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Iru, La. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Komalasari, Nyoman Wida. 2016. Penerapan Metode Demonstrasi Berlandaskan Teori Montessori Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Kelompok A Di TK Santi Kumara Kelurahan Liligundi Kabupaten Buleleng Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Latif, Mukhtar. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Litera Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soetjiningsih, Christiana Hari. 2012. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugianingsih, Luh Komang. 2016. Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Playdough Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B Di TK Kumara Jaya Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasioanal.

Sumantri, MS. (2005). Model Pengembangan Ketrampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Undiksha. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Singaraja: Undiksha Singaraja.

Yulianti, Dwi. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Indeks.

Downloads

Published

2018-12-21

How to Cite

Ari Wulandari, N. M., & Pudjawan, K. (2018). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI MELALUI KEGIATAN MERONCE UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B1 TK KARTIKA VII-3 SINGARAJA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(3), 214–221. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i3.16455