Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Flip Chart terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18082Abstract
Permasalahan rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Seririt menjadi masalah utama dilakukannya penelitian ini. Rendahnya hasil belajar IPA terjadi karena pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Circuit Learning berbantuan media flip chart dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V semester II SD di Gugus III Kecamatan Seririt. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas V semester II di SD Gugus III Kecamatan Seririt tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 143 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas V SD Negeri 2 Seririt sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa dan kelas VA SD Negeri 3 Seririt sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpupulan data yang digunakan adalah metode tes. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Circuit Learning berbantuan media flip chart dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan thitung = 7,844 lebih besar ttabel = 2,014 denga taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Circuit Learning berbantuan media flip chart berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa
Kata kunci: Circuit Learning, Flip Chart, Hasil Belajar IPA.
References
Armini, Seni. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Thik Talk Write Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5 Nomor 2 (hal 8).
Deporter, Bobbi, Mark Reardon, Sarah Singer Nourie. 2010. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung:Kaifa.
Dewi, Ida Ayu Gede Bintang Praba. 2014. “Perilaku Mencatat dan Kemampuan Memori pada Proses Belajar”. Jurnal Psikologi Udayana, Volume 1, Nomor 2 (hal 248).
Herditiya. 2018. “Pengaruh Penggunaan Media Flipchart Pada Model Learning Cycle Terhadap Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Materi Fungi SMA Kemala Bhayangkari. Jurnal Bioeducation, Volume 1, Nomor 1 (hal 25).
Ibrahim. 2017. “Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make-AMatch) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan”. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, Volume 3, Nomor 2 (hal 200-202).
Kamelia. 2017. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 4 Siboang”. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Volume 5, No. 7 (hal 151).
Kristiarti, Anastasia. (2015). “Penerapan Model Circuit Learning Dalam Peningkatan Karakter dan Hasil Belajar PKn Tentang Kebebasan Berorganisasi pada Siswa Kelas V SDN 2 Prembun Tahun 2014/2015”. Jurnal Kalam Cendekia PGSD Kebumen, Volume 3, No. 5.1.
Linda, Anna May. 2017. “Efektivitas Model Circuit Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMAN 7 Pontianak”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Volume 6, No. 5 (hal 2).
Moidady, Nurmila. 2014. “Upaya Meningkatkan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas IV SDN Pembina Liang Melalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing”. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Volume 2, Nomor 2 (hal 81).
Mustafida, Fita. 2017. “Strategi Menciptakan Iklim Kelas Yang Kondusif di SD/MI (Sebuah Kajian Pedagogis, Psikologis)”. Jurnal Vicratina, Volume 1, Nomor 2.
Nur, Ninik Dwi. 2013. “Implementasi Pemberian Penguatan Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentung Aljabar Di Kelas VIIB SMP Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2012/2013”. Jurnal Pancaran,Volume 2, No. 1 (hal 210).
Pratiwi, Desi Eka. 2013. “Penerapan Media Papan Balik (Flipchart) pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar”. JPGSD, Volume 01 Nomor 02.
Purwaningrum, Jayanti Putri. 2016. “Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SD Melalui Circuit Learning”. JPSD, Volume 2, Nomor 2.
Republika. 2015. “Terapkan Metode Pembelajaran Inovatif”. Tersedia pada: http://www.republika.co.id/berita/koran/pendidikankoran/15/05/08/no0zs77-terapkan-metode-pembelajaran-inovatif. Diakses 19 Januari 2018
Sari, Intan Permata, dkk. 2017. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran PKn di SDN 10 Surau Gadang”. E-Journal Universitas Bung Hatta, Volume 8, Nomor 1.
Sudana, Dewa Nyoman, I Gede Astawan, Nyoman Kusmariyatni, Wayan Rati, Putu Nancy Riastini. 2016. Buku Ajar Perguruan Tinggi Pendidikan IPA SD. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Wardika, Komang. 2014. “Pengaruh Model Examples non Examples Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kls V SD di Gugus III Kecamatan Tampaksiring”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, Nomor 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.