PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU

Authors

  • I Made Sudana SMP Negeri 2 Gianyar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18083

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar  Agama Hindu pada siswa kelas IX C SMP Negeri 2 Gianyar Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gianyar di kelas IX C yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Agama Hindu cukup rendah. Jumlah subjek pada penelitian ini adalah 36 orang siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil rata-rata yang diperoleh pada awalnya 70,00 pada siklus I menjadi 74,02 dan pada siklus II menjadi 79,58. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas IX C semester II SMP Negeri 2 Gianyar.

 

Kata kunci: model pembelajaran Snowball Throwing, prestasi belajar Agama Hindu

References

Agustina, Entin T. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Membuat Produk Kria Kayu Dengan Peralatan Manual. E-Jurnal Innovation of Vocational Technology Education Volume 9 No 1.

Akhiriyah, Dewi Yuni. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar. 1 (2) 206-219

Anni, catharina Tri. 2007. Psikologi Belajar Semarang: UPT Unnes press.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendikia.

Gustomo Ade. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-komponen Sistem Pengoperasian. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 15, No. 2, Desember 2015 (59-63)

Purbowo, Mashuri & Hendikawati. 2012. Kefektifan Pembelajaran Snowball Throwing Berban-tuan Lembar Kegiatan Siswa. Unnes Jour-nal of Mathematics Education. 1 (1) 20-25

Ramlah. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Xii Sman 9 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau Volume 1 Nomor 1 Juli 2017

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative learning Teori, Riset dan Praktis.Bandung: Nusa Media

Tim Pustaka Yustisia. 2007. Panduan Lengkap KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Yogyakarta:Pustaka Yustisia

Winahyu, Tanti. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Guna Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Mojosari. E-Jurnal Pendidikan Sejarah Unesa Volume 4 Nomor 1.

Yuliati.2015. Efektifitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear di Kelas XI-IS-2 Sma Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2, April 2015, ISSN: 2302-5158

Zaini dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

Downloads

Published

2019-07-03

How to Cite

Sudana, I. M. (2019). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18083

Issue

Section

Articles