PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN LAGU DAERAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • I Wyn Sumerta Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Dw. Nyoman Sudana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18085

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berbantuan lagu daerah dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas V di Gugus VI Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian termasuk eksperimen semu dengan desain nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V yang berjumlah 109 orang dan sampel penelitian yang berjumlah 50 orang. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan metode tes dengan tes hasil belajar IPA dan bentuk tes objektif pililihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji-t dengan program SPSS 21.0 for windows. Skor rata-rata kelompok eksperimen adalah 19,82 dan skor rata-rata  kelompok kontrol adalah 16,09. Analisis data menggunakan uji-t diperoleh thit = 3,228 > ttab =2,000 dan nilai sig 0,02<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berbantuan lagu daerah berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA.

 

Kata kunci: Hasil Belajar IPA, Snowball Throwing

References

Akhiriyah, Dewi Yuni. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar. 1 (2) 206-219

Antari, Luh Putu Sri Wahyu. 2016. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Type Consept Song Berbasis Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Gugus I Kecamatan Gianyar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Volume 4 No 1 Tahun 2016. Tersedia.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/7238/4943.

Arfini, Ni Kadek Buri. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Trhowing Berbantuan Gerak Literatis Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Di Gugus V Kecamatan Kubutambahan. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Volume:5 No: 2 Tahun 2017Tersediapadahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/11034/7085

Cahyadi, I Gede. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Trhowing Berbantuan Media Video Clip Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Gugus V Kecamatan Susut. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Volume:5 No: 2 Tahun 2017 Tersediapada.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10773

Cahyani, I Gusti Agung Novia. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Multimedia Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar PKn. e-Journal Jurusan Teknolgi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Volume 3 No 1 Tahun 2015.

Dhian, Anggraini K. 2016. Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SDN Sosrowijaya Kota Yognyakarta. Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 3 Tahun 2015.

Gustomo Ade. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-komponen Sistem Pengoperasian. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 15, No. 2, Desember 2015 (59-63)

Purbowo, Mashuri & Hendikawati. 2012. Kefektifan Pembelajaran Snowball Throwing Berban-tuan Lembar Kegiatan Siswa. Unnes Jour-nal of Mathematics Education. 1 (1) 20-25

Ramlah. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Xii Sman 9 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau Volume 1 Nomor 1 Juli 2017

Permendikbud. 2005. Satandar Proses Nomer 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013I.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative learning Teori, Riset dan Praktis.Bandung: Nusa Media

Sudana, Dewa Nyoman & dkk. 2010. Pendidikan IPA SD.Undiksha: Singaraja.

Susanti, Kd Ayu. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Trhowing Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Gugus Gusti Ngurah Rai Denpasar. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Volume:2 No: 1 Tahun 2014 Tersediapada.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1924/1673

Tim Pustaka Yustisia. 2007. Panduan Lengkap KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Yogyakarta:Pustaka Yustisia

UU RI NO.20 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yaogyakarta: Ar-Ruzz Media

Yuliati.2015. Efektifitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear di Kelas XI-IS-2 Sma Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2, April 2015, ISSN: 2302-5158

Zaini dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

Downloads

Published

2019-07-03

How to Cite

Sumerta, I. W., & Sudana, D. N. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN LAGU DAERAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 50–62. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18085

Issue

Section

Articles