PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBASIS PENILAIAN PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19174Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis penilaian proyek terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen), dengan desain Non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN 1 Banjar dan kelas IV SDN 5 Banjar. Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan polled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis penilaian proyek terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. Hal ini ditunjukan oleh thitung (8,179) > ttab (2,021). Selanjutnya, rata-rata (mean) kelompok eksperimen (22,5) lebih besar daripada rata-rata (mean) kelompok kontrol (14,6). Dengan demikian, model pembelajaran Snowball Throwing berbasis penilaian proyek berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD tahun pelajaran 2017/2018 di Gugus IV Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. Hal tersebut menandakan adanya perbedaan hasil belajar IPS antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol yang ditandai dengan lebih tingginya mean kelompok eksperimen daripada kelompok kontrol.
Kata kunci: Snowball Throwing, Penilaian Proyek, Hasil Belajar IPS
References
Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan (Cet. Ke-2). Malang: Aditya Media Publishing.
Dewi, M. P. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus Sri Kandi Kecamatan Denpasar Timur. Mimbar PGSD. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/924/794.
Djahir, Ahmad Rifaldi, Daud K. Walanda, dan Baharuddin Hamzah. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Kode Smiles pada Materi Hidrokarbon terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu. J. Akademika Kim. Vol. 3 No. 4 Hal. 222-229. Tersedia Pada : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JAK/article/view/7838.
Hidayati, D. 2010. Pengembangan Pendidikan IPS SD 3 SKS. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Kementerian Pendidikan Nasional.
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Rasana, P. R. 2009. Laporan Sabbatical Leave Model-model Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Rosidah, Ani. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.2 Hal.29-36. Tersedia Pada : https://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/593.
Sunistini D, Luh, Ni Wyn. Arini, I Gd. Margunayasa. 2013. Penerapan Model Snowball Throwing Berbantuan Media Sederhana Untuk Meningkatkanhasil Belajar Matematika Siswa di SD NO 1 Petandakan. Mimbar PGSD Undiksha Vol.1 No. 1 Hal. 1-10. Tersedia Pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/870/742.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suwatra, I. W. dkk. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Yuliati. 2015. Efektifitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear di Kelas XI-IS-2 SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2, Hal. 65-78. Tersedia Pada : http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5718.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.