PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19181Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik berbantuan media gambar dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus III Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus III Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 197 orang. Sampel ditentukan dengan random sampling dengan mengacak kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD No. 4 Bongkasa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD No. 3 Bongkasa sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif bentuk pilihan ganda biasa. Data hasil belajar IPA kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik berbantuan media gambar dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus III Abiansemal Kecamatan Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitumg = 3,193 > ttabel = 2,000. Demikian pula nilai rerata hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen= 75,37 >= 66,97rerata hasil belajar IPA siswa kelompok control. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik berbantuan media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus III Abiansemal Kecamatan Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018.
Kata kunci: Saintifik, Media Gambar, Hasil Belajar IPA
References
Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan.Singaraja :Undiksha.
Bermawi, Yoserizal, Tati Fauziah. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar Vol. 2 No. 4 Hal 63-71. Tersedia Pada : http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7533.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan kuanitatif&Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hamidah, Siti. 2015. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Teks Cerita Pendek pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Riksa Bahasa Vol. 1 No. 1 Hal. 107-114. Tersedia Pada : http://ejournal.upi.edu/index.php/RBSPs/article/viewFile/8706/pdf.
Kosasih. 2014. Strategi Belajar Dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yra ma Widya.
Permatasari, Eka Aprilia. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History education, Vol. 3 No. 1 Hal. 11-16. Tersedia Pada : https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/3884.
Setiawan, Dika. 2013. Pendekatan Saintifik dan Penilaian Autentik untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Penerapan Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta). Al-ASASIYYA: Journal Of Basic Education Vol. 01 No. 02 Hal. 34-46. Tersedia Pada : http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/article/view/683/0.
Setyosari, Punaj. 2015. Metode Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada media Group.
Sufairoh. 2016. Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, Vol. 5 No. 3 Hal. 116-125. Tersedia Pada : http://www.jurnalpendidikanprofesional.com/index.php/JPP/article/download/186/pdf_104.
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.
Wisudawati, Asih Widi. Sulistyowati,Eka.2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, Muri.2015.Asessmen Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.