Model Snowball Throwing Berbantuan Media Pop Up Book Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26973Abstract
Diadakannya penelitian ini ialah untuk menjawab permasalahan penelitian yang tujuannya untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbantuan media pop up book terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Negeri II Tampaksiring tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan the post test only no treatment control group design. Populasi yang dilibatkan ialah seluruh siswa kelas IV SD Negeri II Tampaksiring Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 169 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan perolehan sampel ialah kelas IV SD Negeri 1 Tampaksiring sebagai kelompok eksperimen sebanyak siswa 30 orang dan kelas IV SD Negeri 6 Tampaksiring sebagai kelompok kontrol sebanyak siswa 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kompetensi pengetahuan IPA. Data post-test kompetensi pengetahuan IPA dianalisis menggunakan uji-t menggunakan rumus polled varians. Rata-rata skor post-test kelompok eksperimen sebesar 81,44 dan rata-rata skor post-test kelompok kontrol sebesar 63,23. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 9,520 dan pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan = 63 diperoleh ttabel = 1,998. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbantuan media pop up book dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing berbantuan media pop up book berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Negeri Gugus II Tampaksiring Tahun Ajaran 2019/2020.
References
Agung, Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Cahyono, Tri. 2015. Statistik Uji Normalitas, Purwokerto: Yayasan Sanitarian Banyumas (Yasamas).
Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kumala, Nur Farida. 2016. Pembelajaran IPA SD. Malang: Ediide Infografika.
Kurniasih, I., & Berlin, S. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Sadiman, Arief S, dkk. 2012. MEDIA PENDIDIKAN Pengertian Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta : Pustekkom Dikbud dan PT Raja Grafindo Persada.
Samatowa. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Barat: PT Indeks.
Setyosari, Punaji H. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sukiman, 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani.
Sukardi.2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Shoimin, Ari. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Thyer, Bruce A. 2012. “Quasi-Eksperimental Research Design”. Florida: Florida State University.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.