Pengaruh Model Inside Outside Circle Berbantuan Media Video Terhadap Keaktifan Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26975Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Inside Outside Circle berbantuan media video terhadap keaktifan belajar matematika siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain posttest-only no treatment control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus Mohammad Hatta Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah 243 siswa. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik cluster random sampling yang digunakan untuk memperoleh kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode non-tes dengan menggunakan instrument berupalembar observasi. Rata-rata keaktifan belajar matematika kelompok eksperimen yaitu 81,77 dan kelompok kontrol yaitu 72,68. Data yang diperoleh dianalisis uji-t dengan rumus polland varians. Hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel (3,665 > 2,000) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Inside Outside Circle berbantuan media video terhadap keaktifan belajar matematika siswa kelas VD.
Kata kunci: Inside Outside Circle, Media Video, Keaktifan Belajar Matematika
References
Albaniah, T. (2014). Hubungan Penggunaan Media Video Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sdn 76/1 Sungai Buluh. 1–7. http://e-campus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/A1D109136.pdf
Ambarita, T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 3(1), 43. https://doi.org/10.24114/antro.v3i1.7494 DOI: https://doi.org/10.24114/antro.v3i1.7494
Aminatuzzuhriah, S. (2019). Penerapan Teknik Inside Outside Circle Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak- Kanak Adz Zikri Way Halim Bandar Lampung.
Anggraeni, V., & Wasitohadi, W. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt)Di Sekolah Dasar Virgo Maria 1 Ambarawa Semester Ii Tahun Pelajaran 2013 2014. Satya Widya, 30(2), 121. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i2.p121-136 DOI: https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i2.p121-136
Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.
Azmi, N. (2015). Model Pembelajaran Inside Outside Circle (Ioc)) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.180 DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.180
Baharuddin, I. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 247–255. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/jnp.v2i2.1974
Desiani, B. (2019). Perbandingan Kemampuan Menyampaikan Informasi Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Inside Outside Circle Dengan Memperhatikan Minat Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Vii Di Smpn 2 Purbolinggo Lampung Timur. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://digilib.unila.ac.id/25060/
Dewi, D. A. P., Wiyasa, I. K. N., & Ganing, N. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sd Negeri 1 Pejeng Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2226
Eka L, K. dan R. Y. M. (2018). Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157 DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157
Faradila, W. B., Sulistyaningsih, D., & Purnomo, E. A. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Kelas VIII Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang, ISBN : 978-602-61599-6-0, 453–459. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/3134
Handayani, N. P. R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120–131. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v23i1.16402 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767
Koyan. (2012). Statistik Pendidikan. Undiksha Press.
Najib, D. A., & Elhefni, E. (2017). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063 DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v2i1.1063
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18 DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Purnama, M. dwi, Irawan, E. bambang, & Sa’dijah, C. (2017). Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan Dan Operasinya Bagi Siswa Kelas 1 di SDN Gadang 1 Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 46–51. https://media.neliti.com/media/publications/102724-ID-pengembangan-media-box-mengenal-bilangan.pdf
Puspitasari, N. N., & Murda, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Crh Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips. Mimbar Ilmu, 23(1), 128–136. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16402 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16402
Putri, A. P. (2010). Penerapan Metode Jarimatika Pada Perkalian Bilangan Bulat Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699. http://eprints.ums.ac.id/7210/1/A410050154.PDF
Rahmah, N., & Rafika. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.24256/kelola.v2i1.442 DOI: https://doi.org/10.24256/kelola.v2i1.442
Rahmalika, P. G. P., Negara, I. G. A. O., & Putra, D. B. K. N. S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dengan Time Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Gugus 2 Denpasar Timur. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3838
Ramli, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 13. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2056 DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2056
Rizal, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sdm 020 Kuok. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.37 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.37
Rohmawati, L. (2018). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN IOC (INSIDE OUTSIDE CIRCLE) TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Siswa Kelas X SMA NU Widasari pada Mata Pelajaran Ekonomi). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 15(2), 51–60. https://doi.org/10.25134/equi.v15i02.Abstract DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v15i02.1615
Rudianto, A. (2010). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Pembelajaran Question Student Have Berbasis Tugas Terstruktur Pokok Bahasan Bangun Ruang. Intelligence, 7(2), 1–10. https://doi.org/10.1192/s0368315x00238942 DOI: https://doi.org/10.1192/S0368315X00238942
Rusdiana, R. (2015). Evaluasi Pembelajaran. CV PUSTAKA SETIA.
Rusmawan, I. P. H. G., Candiasa, I. M., & Parwati, N. N. (2017). Instrumen Penilaian Aktivitas Belajar Matematika Siswa Sd Berorientasi Pendidikan Karakter. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 11(2), 125–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/wms.v11i2.12587
Setiawati, A. (2016). Peningkatan Keterampilan Berbalas Pantun Dengan Metode Ioc Berbantu Media Audiovisual Pada Siswa Kelas Iv Sdn Bringin 02 Semarang. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/antro.v3i1.7494 DOI: https://doi.org/10.24114/antro.v3i1.7494
Silvianah, V. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V Di Mi Masyarikul Anwar Iv Sukabumi Bandar Lampung. 5. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Susanto, A. (2019). Teori Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
Syafa’at, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Dalam Pembelajaran Ips Kelas Ii Mi Ma’arif Nu Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018. مجلة جامعة كركوك للدراسات الانسانية, 7, 1–25. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3823/
Ulia, N., & Sari, Y. (2018). Pembelajaran Visual, Auditory dan Kinestetik Terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 175. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2890 DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2890
Utami, N. M. S., N., K. N., & N.T., R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Berbantuan Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 103. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19337 DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19337
Virgawati, N. K. T., Md.Suarjana2, I., & Sudana, D. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10910
Widiantari, N. N., Syahruddin, H., & Widiana, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Di Gugus V Kecamatan Buleleng. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(: 2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.819
Winarsih, W. (2010). Implementasi Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Balok (Ptk Pada Siswa. http://eprints.ums.ac.id/8166/
Yossi, A. N. (2013). Implementasi Metode Pembelajaran Inside Outside Circle (Ioc) Dalammeningkatkan Hasil Dan Ketuntasan Belajara Siswa Pada Mata Pelajaran Tik Kelas Viii Smpn 2 Batang. Edu Kompotika Journal, 4(2), 101. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/edukomputika.v4i2.22495
Yuhasriati. (2012). Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 81. http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/1301
Yuliana, L., Barlian, I., & Jaenuddin, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle terhadap Keaktifan Belajar Peserta Srijaya Negara Palembang. Jurnal Profit, 5(1), 17–27. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jp.v5i1.5633 DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v5i1.5633
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.