Model Pembelajaran TKN Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar PPKn

Authors

  • Komang Budiastawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Pt. Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nym. Kusmariyatni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27523

Abstract

Masalah yang dihadapi terkait dengan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif sehingga hasil belajar PPKn siswa kelas IV rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TKN (Teknik Klarifikasi Nilai) berbantuan media visual terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non equivalent post-test only kontrol group. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 169 orang dan sampel penelitian berjumlah 62 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SD N 3 Pedawa yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 2 Sidatapa yang berjumlah 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan metode tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TKN (Teknik Klarifikasi Nilai) berbantuan media visual terhadap hasil belajar siswa (Fhitung = 5,86 > Ftabel = 2,00). Implikasi penelitian ini adalah adanya pengaruh model pembelajaran TKN (Teknik Klarifikasi Nilai) berbantuan media visual terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Gugus V Kecamatan Banjar tahun pelajaran 2019/2020.
Kata kunci :Teknik Klarifikasi Nilai, Visual, PPKn.

References

Adisusilo, Sutarjo. 2013. Pembelajaran Nilai Karakter Konstruksi dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Agung, A. A. 2016. Statistik Dasar untuk pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Ahmadi, A.H. (2007). Psikologi sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Anggarini, Dewi. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Gambar Terhadap Nilai Karakter Siswa Kelas V SD Gugus VI Tajun”. Mimbar PGSD Undiksha.

Antara, P. A. 2019. “Implementasi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini dengan Pendekatan Holistik”. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan Dikmas. Vol. 14, No. 1. Tersedia pada: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/10568 (diakses pada tanggal 9 Desember 2019). DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2

Candiasa, I Made. 2011. Stasistik Univariat dan Bivariat Disertasi Aplikasi ITEMA dan BIGSTEP. Singaraja: Undiksha Press.

Daryanto. Agus Suprihatin. 2013. Pengantar Pendidikan Lingkungan Hidup. Yogyakarta. Penerbit Grava Media.

Dimyanti & Moedjiono. 1994 belajar dan pembelajaran. Jakarta:Proyek Pembinaan dan peningkatan pendidikan.

Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen dalam pendidikan. Singaraja: Undiksha Press.

Koyan, I Wayan. 2012. Stasistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif.

Nana Sudjana dan Ahmad Rifa‟i, Teknologi Pendidikan, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2007, hal.106.

Putriani, N. P. D., dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Berbasis Masalah Sosial Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5, Nomor 2. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/11788 (diakses pada tanggal 2 Desember 2019).

Rahayudhi, (2013). Pengaruh model pembelajaran TKN (teknik klarifikasi nilai) berbantuan media microsoft powerpoint terhadap prestasi belajar PPKn. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ghanesha Vol 1, No 1 (2013).

Raka Rasana, I Dewa Putu. 2009. Laporan Sabbatical leave Model-Model Pembelajaran. Singaraja: DIPA PNBPFIP Undiksha.

Raka Rasana, I Dewa Putu.2009. Laporan Sabbatical Leave Model-Model Pembelajaran. Singaraja: DIPA PNBPFIP Undiksha.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santyasa, I wayan. 2005. Belajar dan pembelajaran. Institute keguruan dan ilmu pendidikan singaraja. Singaraja: UNDIKSHA.

Susanto, Ahmad, 2013. Teori belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenanda Media Grup.

Taniredja, Tukiran dan Efi Miftah 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta

Taniredja,Tukiran dkk. 2012. Model-Model Pembelajaran inovatif. Bandung: Alfabeta

Tegeh, I. M. (2015). Media pembelajaran Singaraja: Universitas Pendidikan Ghanesha.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud.

Widiastini & rendra. 2017. Pembelajaran PPKn SD. Singajara: UNDIKSHA PRESS.

Wina Sanjaya, Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran,(Jakarta: Prenada Media Group, 2008), hal.211.

Downloads

Published

2020-07-25

How to Cite

Budiastawan, K., Parmiti, D. P., & Kusmariyatni, N. (2020). Model Pembelajaran TKN Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 168–175. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27523

Issue

Section

Articles