Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27973Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Penelitian ini dilakukan dengan cara merumuskan masalah penelitian, menelusuri hasil penelitian relevan untuk dianalisis. Pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri jurnal online menggunakan Google Cendekia. Hasil penelusuran memperoleh 10 arkiel sumber data penelitian. Analisis yang dilakukan menggunakan metode pembanding untuk mengetahui dampak penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil analisis model problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa mulai dari yang terendah 8,3% sampai yang tertinggi 36,25% dengan rata-rata 13,857%.
Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika
References
Al-Tabany, Trianto ibunu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konseptual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Agus Suprijono.2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.
Ahmad, susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Andika, D. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah PGSD, 3 (1), 23-28. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/5341/3570 DOI: https://doi.org/10.52217/pedagogia.v1i1.399
Asriningtyas, A. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5 (1), 23-32. DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.5.1.2018.23-32 DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226
Eismawati, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3 (2), 71-78. DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694
DOI: http://dx.doi.org/10.26486/jm.v3i2.694. DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694
Hmelo-Silver, C. E., & Barrows, H. S. (2006). Goals and strategies of a problem-based learning facilitator. The Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1),21-39.DOI: https://doi.org/10.7771/1541-5015.1004 DOI: https://doi.org/10.7771/1541-5015.1004
Ningsih, I. S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di SDN 2 Kendari. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, 3 (2), 57-62. DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jwkp-ips.v3i2.9688 DOI: https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i2.30
Puspita, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Sains dan Teknologi, 1 (1), 120-125. Retrieved from https://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/416/371 DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416
Puspitasari, N. (2019). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Kelas 4 Melalui Model Problem Based Learning. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6 (1), 32-46. Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/302/257
Pamungkas, D. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 4 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3 (2), 212-219. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17774 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17774
Rahaju,R. & Hartono, S. R. (2015). Pembelajaran Matematika BerbasisPermainan Monopoli Indonesia.Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 130-139 DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i2.1977
Yuniawardani, V. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Dengan Model Problem Based Learning Kelas IV SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 1 (2), 24-32. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/266970-peningkatan-hasil-belajar-pada-pembelaja-038080bd.pdf
Saputro, B. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3 (2), 621-631. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/252
Suryani, N.dan Agung, I. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.
Susanti, A. E, & Suwu, S. E (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX dalam Pelajaran Ekonomi. Jurnal POLYGLOT, 12(1), 66-81. DOI: https://doi.org/10.19166/pji.v12i1.383 DOI: https://doi.org/10.19166/pji.v12i1.383
Utami, N. B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dan Berfikir Kritis Siswa Kelas 4 SD. Jurnal EduMa, 8 (1), 33-40. DOI: http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v8i1.4423 DOI: https://doi.org/10.24235/eduma.v8i1.4423
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11191
(11 frienda wimadwi permastya)
http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15492
(12 noer chabiba)
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/vivabio/article/view/28402/27771
(13 setyani budi)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.