Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions) Terhadap Hasil Belajar IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27998Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Penelitian ini dilakukan dengan cara merumuskan masalah penelitian kemudian menelusuri hasil penelitian yang relevan. Pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri jurnal online. Hasil penelusuran memperoleh 13 jurnal sumber data penelitian. Analisis yang dilakukan menggunakan metode perbandingan untuk mengetahui dampak penerapan Student Team Achievement Divisions dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil analisis model Student Team Achievement Divisions mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa mulai dari yang terendah 6.9% sampai yang tertinggi 56.6% dengan rata-rata peningkatan sebesar 34.01%.
Kata Kunci : Student Teams Achievement Divisions, Hasil Belajar IPS SD
References
B. Achmad, S. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devision (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Kedungrejo, Waru-Sidoarjo. Jurnal JPGSD. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.p hp/jurnal penelitianpgsd/article/view/10578
Deswita, dkk. Implementation of Cooperative Learning Model Student Team Achievement Division Can Improve Learning Outcomes IPS Third Grade Students of SD Negeri 9 Duri Barat Kecamatan Mandau Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Unri. https://media.neliti.com/media/publi cations/186513-ID-none.pdf
Dlita, H., dkk. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 008 Talang Perigi Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Unri. https://media.neliti.com/media/publications /202242-penerapan-model pembelajarankooperatif.pdf
Errinda, R. (2016). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 5 SD N JATIRUNGGO 03 KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG SEMESTER II TAHUN AJARAN 2015/2016. https://repository.uksw.edu/bitsream/123456789/10902/7/T1_292012100_Judul.pdf.
Gusniar. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 2 Ogoamas II. Jurnal Kreatif Tadulako. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/search/search
Jatimah. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Variasi Permainan Nagawan Pada Siswa Kelas V SD Negeri Perumnas oleh Jatimah. Jurnal Kreatif Tadulako. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/search/search
Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau dari Hasi Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Scholaria. http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/230 DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p74-79
N. Lazim. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devision (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 35 Pekanbaru. Jurnal Primary PGSD FKIP UNRI. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKI P/article/view/4544 DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4544
Nugroho, O. W. D. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SD N Karang Duren. Skripsi tidak dipublikasikan. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Puspitasari, W. D. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperative Tipe Student Team Achievement Divisions dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sumiyati, Elfa. (2017). https://journal.institutpendidikan.ac.id/inde x.php/mosharafa/article/view/mv5n2_15 DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1100
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Jurnal Muallimuna Madrasah Ibtidaiyah. https://ojs.uniskabjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/arti cle/view/742
Rifai, M. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV MIN Manisrejo Kota Madiun. Jurnal Educandum. http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/315
Rochmatin. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV. Jurnal JPGSD. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.p hp/jurnal-penelitianpgsd/article/view/12219
Sapriya. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saten. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Tipe STAD Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. http:// jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10912+&cd=1&hl=en&ct=clnk&gl=id
Sumiyati, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI pada Pelajaran PKn SD Negeri 09 Kabawetan. Jurnal PGSD Universitas Bengkulu. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pgsd/article/view/3331 DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.66-72
Susanti, Y. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9160
Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran IPA Yang Menyenangkan. Jurnal Taman Cendikia, Vol. 01, No. 01. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/taman cendekia/article/view/1579 DOI: https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579
Zahro, F., dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Devision (STAD) dan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Premiere Educandum. http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/3021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.