Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Small Group Work (SGW) Dengan Media Gambar Siswa Kelas III Semester II SD Negeri 2 Bedulu Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Ni Nyoman Padmi SD Negeri 2 Bedulu

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.28030

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Bedulu di kelas III yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran IPS masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 2 Bedulu pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Small Group Work (SGW) dengan media gambar. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Small Group Work (SGW) dengan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 60,76, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 70,51 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 79,74. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mngalami peningkatan. Pada awal pembelajaran ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 30,76%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 82,05%, dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Small Group Work (SGW) dengan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III semester II SD Negeri 2 Bedulu tahun pelajaran 2018/2019.

Kata kunci:   Model Pembelajaran Small Group Work (SGW), Media Gambar, Prestasi Belajar

References

Abdullah. 2017. Pendekatan Dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia | Vol. 01 No. 01 Hal. 45-62. Tersedia Pada: https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/45. DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45

Akbar, Taufik, Alamsyah, dan Nurasih. 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran Small Group Work Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireuen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah Volume 4 Nomor 2.

Ana, Rizeki dan Esti Harini. 2016. Model Pembelajaran Small Group Work Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika UST Volume 4 Nomor 1. DOI: https://doi.org/10.30738/.v4i1.405

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Depdiknas, 2003c. Sistem Penilaian Kelas SD, SMP, SMA dan SMK. Dirjen Dikdasmen Tendik.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Depdiknas. 2002. Small Group Work (SGW). Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Fakhrurrazi. 2018. Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir Vol. XI No. 1 Hal. 85-99. Tersedia Pada: http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/at/article/download/529/331. DOI: https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Kartikasari, Oktafiana. 2010. Eksperimentasi Pendekatan Small Group Work dan Think Talk Write dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Pemahaman Konsep. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purwanto, Ngalim, Psikologi pendidikan remaja,Bandung: Remaja Rosda Karya,1996.

Shabir U., M. 2015. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). Auladuna, Vol. 2 No. 2, Hal.: 221-232. Tersedia Pada: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/878

Tegeh, I Made. 2008. Media Pembelajaran. Singaraja: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Warsono. 2017. Guru: Antara Pendidik, Profesi, Dan Aktor Sosial. The Journal of Society & Media, Vol. 1(1), Hal. 1-10. Tersedia Pada: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jsm/article/view/1249. DOI: https://doi.org/10.26740/jsm.v1n1.p1-10

Downloads

Published

2020-08-11

How to Cite

Padmi, N. N. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Small Group Work (SGW) Dengan Media Gambar Siswa Kelas III Semester II SD Negeri 2 Bedulu Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 176–182. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.28030

Issue

Section

Articles