Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meta-analisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah meta-analisis yang mengkaji 10 artikel ilmiah dari berbagai jurnal ilmiah yang berputasi dan terindeks nasional. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengumpulkan buku, artikel, jurnal. Dari artikel dan jurnal diperoleh lebih dari 80 artikel kemudian diambil 10 artikel yang sudah diterbitkan di jurnal online. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata sebelum diberikannya model Project Based Learning sebesar 63,29 dapat meningkat sebesar 16,85 menjadi 80,15. Penelitian selanjutnya agar lebih banyak menggunakan artikel-artikel yang terkait model pembelajaran Project Based Learning dan data yang diperoleh lebih luas serta mendalam.
References
Andari, N. M. N., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. S. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Berorientasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 20 Dangin Puri. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 1–12. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7514
Astuti, T. A., Nurhayati, N., Ristanto, R. H., & Rusdi, R. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Biologi Pada Aspek Kognitif: Sebuah Meta-Analisis. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 67–74. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i2.473
Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Publisher.
Handayani, I. D. A. T., Karyasa, I. W., & Suardana, I. N. (2015). Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Sikap Ilmiah Siswa Sma Yang Dibelajarkan Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5, 1–12. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1566
Jauhariyyah, F. R., Suwono, H., & Ibrohim. (n.d.). Science, Technology, Engineering and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) pada Pembelajaran Sains Farah. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ipa2017/article/view/1099
Julian, S. G. (2013). Teori Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://lib.unnes.ac.id/41491/1/2501413163.pdf
Listiani, S. H., & Purwanto, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pemanfaatan Barang Bekas Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 24–29. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/9939
Mirnawati, L. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kreativitas Mahasiswa Semester I Pgsd Um Surabaya Pada Mata Kuliah Pengantar Manajemen Pendidikan. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(1), 84. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.598
Mujakir, M. (2017). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Lantanida Journal, 3(1), 82. https://doi.org/10.22373/lj.v3i1.1443
Munawaroh, R., Subali, B., & Sopyan, A. (2012). Penerapan Model Project Based Learning Dan Kooperatif Untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswa smp. Unnes Physics Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.15294/upej.v1i1.773
Parmin. (2012). Penerapan critical review artikel pembelajaran ipa untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun proposal skripsi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 183–191. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2137
Pradana, D. B. P., & Harimurti, R. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. It-Edu, 2(01). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20527
Samatoa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PT Indeks.
Setiawati, G. A. D. (2013). Pemanfaatan Subak Dalam Pembelajaran Ipa (Upaya Mewujudkan Pembelajaran Ipa Yang Mendukung Implementasi Kurikulum 2013). Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III, 199–206. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/2706
Sihwinedar, R. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Savi (Somatis, Auditori, Visual, Dan Intelektual) Pada Siswa Kelas Iii Sdn Rejoagung 01 Semboro Tahun Pelajaran 2013/2014. Pancaran Pendidikan FKIP Universitas Jember, 4(4), 13–24.
Sumarsih, S. (2009). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Bisnis. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(1), 54–62. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i1.945
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Suprapti, E. (2018). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Dasar. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 24. https://doi.org/10.36815/majamath.v1i1.116
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.
Wahyu, R. (2018). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1). http://www.ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/18
Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 2, 448–453. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i3.8729
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.