Penggunaan Media Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Teknologi Jaringan Luas Materi Nirkabel

Authors

  • Nizar Agus D SMK NEGERI I DLANGGU MOJOKERTO

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28988

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash dapat meningkatkan hasil belajar teknologi jaringan luas materi Nirkabel” Siswa Kelas XI TKJ. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Yang dijadikan subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI TKJ, dengan jumlah siswa 32 orang yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai alat pengumpulan data, yaitu: instrumen tes, yang terdiri atas: (a) Media Pembelajaran interaktif Berbasis adobe flash dan (b) tes hasil belajar siswa. setelah adat terkumpul data kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif dengan peranti lunak adobe flash pada mata pelajaran jaringan dasar telah berhasil diuji keefektifan, ke menarikan, dan efisiensinya dalam pembelajaran. Hal tersebut sudah menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan cukup mampu memenuhi kebutuhan guru sebagai alternatif strategi dan mampu meningkatkan strategi guru dalam menyampaikan isi pesan yang terkandung dalam pembelajaran, serta mampu memenuhi kebutuhan akan kejenuhan siswa/pebelajar dalam pembelajaran di dalam kelas X TKJ.


References

Akbar, M., Irhasyuarna, Y., & Rusmansyah. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(1), 65–77.

Anih, E. (2016). Modernisasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Unsika, 7(1), 185–196. http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika

Farida Hasan Rahmaibu, F. A. F. D. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1).

Hidayah, S., Wahyuni, S., & Ani, H. M. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Adobe Flash Cs6 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Peran, Fungsi Dan Manfaat Pajak (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016. Jurnal Pendidikan EkonomI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(1), 117. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i1.5012

Nursidik, H., & Suri, I. R. A. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora inspire. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 237. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2583

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Sukartiningsih, M. &. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), 255038.

Syahroni, F. (2014). Persepsi Siswa Terhadap Manfaat Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Di Smk N 1 Lembah Gumanti. Bahana Manajemen Pendidikan Jurnal Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomor 1, Juni 2014 Halaman 275 ‐ 281, 2(1), 275–281.

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Rendahnya motivasi belajar siswa kelas Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200.

Usfiyana, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs6 Untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di Smp Al-Ishlah Semarang. Joined Journal, 2(1), 60–70.

Windiartha, A. (2017). Pengembangan Media Berbasis Adobe Flash Player. Jurnal Olahraga Prestasi, 13(2), 68–88.

Downloads

Published

2020-10-24

How to Cite

Agus D, N. (2020). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Teknologi Jaringan Luas Materi Nirkabel. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 293–302. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28988