Peningkatan Profesionalitas Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui In House Training
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28991Abstract
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mendeskripsikan Profesionalisme guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Bagaimana kecermatan guru dalam melihat potensi lingkungan sebagai sumber Belajar, hal inilah yang menjadi konsentrasi peneliti. Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Sekolah yang direncanakan dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus nya dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Adapun subjek penelitian ini adalah guru-guru yang terdiri dari dua guru Bahasa Indonesia dan tiga orang guru IPA, dua orang Guru Matematika, satu guru PAI dan dua orang guru Bahasa Inggris. Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan pengumpulan data dan menggunakan format observasi, instrumen penilaian skenario pembelajaran dan instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran. Selanjutnya data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yang hasilnya adalah: hasil siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 86 dan hasil siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 93. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil yang dicapai dari siklus I ke siklus II, terjadi peningkatan pada nilai rata-rata yang diperoleh dari masing-masing komponen yang di observasi maupun yang dinilai, ini berarti bahwa pembinaan dan bimbingan melalui pendekatan In House Training dapat meningkatkan profesionalitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
References
Ayuningtyas, A. E., Slameto, S., & Dwikurnaningsih, Y. (2017). Evaluasi Program Pelatihan In House Training (IHT) di Sekolah Dasar Swasta. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 171. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p171-183.
Dharmawan, K., Ramona, Y., & Rupiasi, N. (2016). Model Pembinaan in-House Trainingâ Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Penelitian Dan Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Udayana Mengabdi, 15(2), 74–81.
Erwin Erlangga , Sugiyo, S. P. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Berpengaruh Terhadap Kinerja Guru Bkmelalui Motivasi Kerja. Jurnal Bimbingan Konseling (Semarang), 4(2), 72–78. https://doi.org/10.15294/jubk.v4i2.9847.
Gumilar, G. G., & Munzir, T. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sma Global Indo-Asia Batam. Jurnal Dimensi, 7(2), 232–238. https://doi.org/10.33373/dms.v7i2.1710.
Jayadiputra, Y. (2018). In House Training untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP. JURNAL IDAARAH, II(2), 260–268.
Rochanah. (2018). Lingkungan Alam Sebagai Media Kekuasaan Allah Pada Anak Usia. Vol 6/ No. hana@stainkudus.ac.id
Rohayati, H. (2018). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Media Pendukung Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SDN 263 Rancaloa. Jurnal Elementaria Edukaia, 1(1), 94–100.
Rusdin. (2017). Pendidikan dan Pelatihan Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Guru di SMP Negeri 2 Linggang Bigung. Jurnal Administrative Reform, 5(4), 200–212.
Subekti, B. D. (2019). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembuatan Skenario Pembelajaran Inovatif Melalui Iht (in House Training) Di Sd Negeri 1 Wirotaman. Inventa, 3(1), 80–86. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1809.
Sunita, I. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru Normatif dan Adaptif dalam Menyusun Program Pembelajaran melalui Pelaksanaan In House Training. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 16. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17603.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.