Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLiS) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA

Authors

  • Ni Ketut Karsini SD Negeri 1 Ubud

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28993

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran children learning ini science untuk meningkatkan presatsi siswa. Siswa yang berlajar di kelas III A, pada Semester II, dijadikan objek penelitian yang bertujuan untuk mencapai peningkatan prestasi belajar IPA. Data yang diupayakan untuk diperoleh dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Setelah diperoleh data, lalu dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah pelaksanaan tindakan, data yang penulis dapatkan menunjukkan peningkatan yang baik, dari awalnya baru mencapai rata-rata 60,67, pada siklus I meningkat menjadi 64,86 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,08. Dengan perolehan peningkatan hasil tersebut dapat disampaikan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLiS) dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa.

References

Adriani, D. (2018). Pengaruh Percaya Diri, Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(1), 19–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jpeka.v2n1.p19-28.

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning in Science (CLiS) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 1(2), 124. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774.

Asiyah, A., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217–226. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226.

Dwijananti, P., & Yulianti, D. (2010). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2), 108–114. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i2.1122.

Febrianto, E. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Power Point pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Siswa SMK Negeri I Banyudono Tahun Ajaran 2015/2016. Media Konservasi, 2(1), 11–40. http://dx.doi.org/10.1016/j.ecoenv.2017.03.002%0Ahttp://www.forda-mof.org/files/Sistem_Agroforestri_di_Kawasan_Karst_Kabupaten_Gunungkudul_Untuk_Pengelolaan_Telaga_Sebagai_Sumber_Air_Berkelanjutan.pdf%0Ahttps://extension.msstate.edu/sites/default/files/pu.

Ismail, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLiS) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Sma. Jurnal Petik, 1(1), 19. https://doi.org/10.31980/jpetik.v1i1.55.

Kusuma Wardani, R. F. A., Rifai, M., & Mandalwati, T. K. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran CLiS Berbantuan Media Slide Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 104. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1596.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I2.10490.

Panjaitan, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas Iia Sdn 78 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 252. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4105.

Pratama, I. (2017). Pengaruh Model CLIS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V The Effect Of Learning Model CLiS Toward Student Learning. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1), 324–342. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.818.

Putri, E. S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Program IPA di Sma Negeri 1 Cerme Gresik. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 6(3), 79–87.

Qomariyah, E. N. (2016). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2), 132–141.

Rate Rusmala Sari, Indrawati, A. A. G. (2015). Model Pembelajaran CLIS (children learning in science) dengan Orientasi Melalui Observasi Gejala Fisis dalam Pembelajaran IPA-Fisika DI SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(4), 324–329. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/1427.

Relita, D. T., & Regina, F. (2015). Hubungan antara Rasa Percaya Diri dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas Karyasekadautahun Pelajaran 2014 / 2015. Jurnal Profit, 2(2), 122–130.

Rosy, B., & Pahlevi, T. (2015). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Memecahkan Masalah. Prosiding Seminar Nasional, 160–175.

Suarni. (2017). Melalui Pendekatan Pembelajaran Pakem Untuk Kelas Iv Sd Negeri 064988 Medan Johor. Journal of Physics and Science Learning, 01(2), 129–140. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/PASCAL/article/view/347.

Yanti, N. L. M. S. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Educative Games Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Ipa Kelas IV Di Gugus IV Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 90–99. https://doi.org/10.23887/JIPP.V1I2.11967.

Yogica, R., & Selaras, G. H. (2002). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di SMAN 4 Pariaman The Influence of the Cooperative Learning Model Course Review Horay. 35–44.

Zaeni, J. A., & Hidayah, F. F. (2002). Analisis keaktifan siswa melalui penerapan model teams game tournamants (TGT) pada materi termokimia kelas XI IPA 5 di SMA 15 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang, 8, 416–425. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn120120/article/view/3086.

Downloads

Published

2020-10-24

How to Cite

Karsini, N. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLiS) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 323–330. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28993