Web-Based School Library Information System with Wordpress Vocational High School
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.31945Keywords:
Sistem Informasi, Perpustakaan, WordpresAbstract
Pengelolaan sistem informasi administrasi yang baik merupakan faktor penting dalam proses administrasi perpustakaan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi perpustakaan sekolah berbais web dengan wordpress dan untuk mengimplementasikan sistem yang dirancang. Data-data yang digunakan dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara serta dokumentasi. Jenis metode pengembangan yang digunakan adalah Research and Develompment (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model waterfall. Prinsip pendekatan sistem yang diterapkan model ini terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, disain, coding, pengujian serta implementasi & maintenance. Sedangkan platform CMS yang digunakan adalah Wordpress serta software phpMyAdmin sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai manajemen basis data (pengelola database). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi perpustakaan sekolah berbasis web dengan wordpress yang dirancang dinyatakan valid dan praktis untuk dapat digunakan sebagai sistem informasi perpustakaan sekolah. Secara keseluruhan, sistem informasi perpustakaan sekolah berbasis web ini akan mampu memberikan layanan perpustakaan yang lebih baik bagi siswa, guru dan staf. Sehingga keberadaan sistem informasi perpustakaan sekolah berbasis web dengan wordpress memberikan beberapa manfaat dalam proses pelaksanaan layanan perpustakaan.References
Akviansah, M. D. (2020). Perpustakaan Maya sebagai Sumber Belajar dan Penunjang Pembelajaran IPS secara Daring di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 5(2), 92–102. https://core.ac.uk/download/pdf/354310742.pdf. DOI: https://doi.org/10.17977/um022v5i22020p92
Arifah, R. E. N., Sukirman, S., & Sujalwo, S. (2019). Pengembangan Game Edukasi Bilomatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(6), 617. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019661310. DOI: https://doi.org/10.25126/jtiik.2019661310
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111
Bergman, J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. International Society for Technology in Education.
Ediyanto, E. (2014). Pengembangan Model Penilaian Formatif Berbasis Web untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 63–75. http://dx.doi.org/10.17977/jps.v2i2.4499.
Faizah, N. okta, Sudatha, I. G. W., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Multimedia Pemelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1). https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091
Jan, S. U., & Anwar, M. A. (2019). Emotional Intelligence, Library Use and Academic achievement of University Students. Journal of the Australian Library and Information Association, 68(1), 38–55. https://doi.org/10.1080/24750158.2019.1572482. DOI: https://doi.org/10.1080/24750158.2019.1572482
Jaya, H., Haryoko, S., & Dirawan, G. D. (2016). Effectiveness the use of Virtual Laboratories in Improving Vocational Competence and Character Behavior for Students Vocational High School in Makassar. International Journal of Applied Engineering Research, 11(9), 6396–6401.
Kramer, M. (2018). Best practices in systems development lifecycle: An analyses based on the waterfall model. Review of Business & Finance Studies, 9(1), 77–84. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3131958.
Kusumayuni, P. N. (2021). Pengembangan E-Book Berorientasi Ilmiah Pada Pelajaran IPA Sekolah Dasar Kelas V. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v5i1.32048.
Lase, D. (2019). Education and Industrial Revolution 4.0. Jurnal Handayani, 10(1), 48–62.
Masruri, A. (2004). Kualitas pelayanan perpustakaan (Studi kasus pada Perpustakaan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 1(2), 4–12. https://journal.ugm.ac.id/bip/article/view/8346. DOI: https://doi.org/10.22146/bip.8346
Nuha, U. (2014). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpustakaan dengan Pendekatan Bilingual. Jurnal Perpustakaan Libraria, 2(1), 61–79. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/1190.
Nurendah, Y., & Mulyana, M. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan dan Hubungannya dengan Loyalitas Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(1), 93–112. https://tesniaga.stiekesatuan.ac.id/index.php/jimkes/article/view/258. DOI: https://doi.org/10.37641/jimkes.v1i1.258
Pickett, D. (2018). Financial Waterfall Model Development. American Bankruptcy Institute Journal, 37(4), 46–107. https://search.proquest.com/openview/1ce2403b4dd1acc8c1500d24452b3d5f/1?pq-origsite=gscholar&cbl=33486.
Prabowo, A., & Heriyanto, H. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1–9. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/3123.
Purmadi, A., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Untuk Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 151–165. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8285. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8285
Purwanti, E., & Krisnadi, I. (2020). Implementasi Sistem Perkuliahan Daring Berbasis ICT Dalam Masa Pandemi Wabah Covid -19. Pascasarjana Program Magister Teknik Elektro Universitas Mercu Buana.
Rodin, R. (2015). Urgensi kualitas pelayanan perpustakaan perguruan tinggi. Al-Kuttab: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 1–20. http://194.31.53.129/index.php/alkuttab/article/view/547.
Sabtaningrum, F. E., Wiyokusumo, I., & Leksono, I. P. (2020). E-book Tematik Terpadu Berbasis Multikultural Dalam Kegiatan SFH (School from Home). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 153. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24796. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24796
Supriyadi, E. (2015). Pendidikan dan Penilaian Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.7590. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.7590
Susanti, B. H. (2019). Penggunaan Media Online Dalam Proyek Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Web Pada Mata Kuliah Zoologi Vertebrata. Edusains, 11(1), 21–28. https://doi.org/10.15408/es.v11i1.7728. DOI: https://doi.org/10.15408/es.v11i1.7728
Susilana, R., Herlina, & Hadiapurwa, A. (2020). Pengembangan Website Pelatihan Program Intervensi Mandiri (PIM©) bagi Orangtua Anak Penyandang Autisme. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(02), 173–187. https://doi.org/10.17509/pdgia.v18i2.31424.
Uran, L. L. (2018). Evaluasi implementasi KTSP dan Kurikulum 2013 pada SMK se-Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.13309. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.13309
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, Oktober, 1–7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.