Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Ida Ayu Gede Diyah Prasisca Devi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32814

Abstract

Kinerja guru kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran seperti merencanakan, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi/menilai hasil belajar. Hanya saja dalam proses pelaksanaannya masih terdapat beberapa guru yang memiliki kinerja kurang maksimal. Kurang optimalnya kinerja guru dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru. Penelitian Ini merupakan jenis penelitian eksposfakto. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling total, yakni menggunakan seluruh populasi penelitian sebagai sampel. Adapun jumlah populasinya yakni sebanyak 47 orang guru PNS. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metodee non tes dengan instrument pengumpulan data berupa kuesioner/angket pada variabel bebas yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja, pencatatan dokumen untuk variabel terikat yaitu kinerja guru. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan berganda setelah uji prasyarat terpenuhi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan secara bersama-sama antara kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru dapat yang dibuktikan berdasarkan rhitung = 43,674 > rtabel = 0,294 dan kontribusinya sebesar 66%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja berkontribusi yang signifikan terhadap kinerja guru SD Gugus VII Kecamatan Abiansemal.

References

Adha, R. N., Qomariah, N., & Hafidzi, A. H. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i1.2109. DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i1.2109

Akbar, L. (2019). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 176. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2. 18012. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18012

Farhah, A., Ahiri, J., & Ilham, M. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(1), 1. https://doi.org/10.36709/jopspe.v5i1.13326. DOI: https://doi.org/10.36709/jopspe.v5i1.13326

Firman, A., & Asri. (2021). Pengaruh Iklim Organisasi,Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Di MAN 2 Polewali Mandar. Jurnal Magister Manajemen, 2(2). https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/1191. DOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i2.2588

Habe, H., & Ahiruddin. (2017). Sistem pendidikan nasional. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Sains, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48. DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Handayani, E., Lian, B., & Rohana, R. (2020). Kinerja Guru Ditinjau Dari Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 77–87. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1. 3981. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3981

Indajang, K., Jufrizen, J., & Juliandi, A. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Guru Pada Yayasan Perguruan Sultan Agung Pematangsiantar. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12(2), 393. https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i2.17881. DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i2.17881

Jaliah, J., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 146–153. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.14.

Kaiman, Arafat, Y., & Mulyadi. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 283–289. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.14. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.14

Kustinayanti, N. L. N., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Korelasi Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 179–191. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v4i2.32296. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.32296

Lubis, S. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 6(1), 18–26. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4391. DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4391

Lusiana, N. P. M. (2019). Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sma Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 440. https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20076. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20076

Muliartini, N. M., Natajaya, I. N., & Arya Sunu, I. G. K. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMKN 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 13–23. https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2786. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2786

Naim, R., & Asma, A. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Negeri 35 Panggalo Kelurahan Pangali-Ali Kecamatan Banggae. MALA’BI: Jurnal Manajemen Ekonomi STIE Yapman Majene, 1(2), 80–96. https://doi.org/10.47824/jme.v1i2.11. DOI: https://doi.org/10.47824/jme.v1i2.11

Oktavia Fairy, S. N. P., Yudana, M., & Hendra Divayana, D. G. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja Guru, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMPK 1 Harapan Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 125–131. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2799. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2799

Pratiwi, N. L. A. M., Negara, I. G. A. O., & Putra, M. (2021). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 84–90. http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32884.

Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Jurnal of Education Reserch, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8

Putrayana, G. K., Agung, A., Agung, G., & Sunu, I. G. K. A. (2018). Manajemen Mutu , Lingkungan Kerja , Dan Komitmen Kerja. 9(1), 77–87. https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2747. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2747

Ratmini, N. A., Natajaya, I. N., & Arya Sunu, I. G. K. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 91–100. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2795. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2795

Rosaliawati, B. N. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 61–71. http://dx.doi.org/10.17977/ um027v3i12020p61. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v3i12020p61

Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Peningkatan Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Managere : Indonesian Journal of Educational Management, 2(3), 244–255. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i3.41. DOI: https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i3.41

Salihin. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru Pada Sman Model Lombok Timur. Distribusi - Journal of Management and Business, 8(1), 39–52. https://doi.org/10.29303/distribusi.v8i1.101. DOI: https://doi.org/10.29303/distribusi.v8i1.101

Santika, I. P., & Antar, N. L. S. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Kepemimpinan Terhadap Semangat Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar. Emba, 15(1), 1978–6069. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata /article/view/1069.

Sari, P. I. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK NEGERI 10 Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v1i1.4681. DOI: https://doi.org/10.24014/ekl.v1i1.4681

Sentana, I. K. J., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Resiliensi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 104–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32082. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32082

Sofyan, S., Prasada, D., & Akbar, I. R. (2020). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP/MTs Muhammadiyah Cabang Sawangan. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 11(2a), 33–44. https://doi.org/10.47927/jikb.v11i2a.256. DOI: https://doi.org/10.47927/jikb.v11i2a.256

Subandi, S. (2018). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja,dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i2.12934. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i2.12934

Sudaryana, I. G. S., Yudana, M., & Sudirman, S. (2019). Kontribusi Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Iklim Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Pegawai Laboratorium di Undiksha. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 56–65. https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2790. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2790

Sukayana, I. W., Yudana, M., & Hendra Divayana, D. G. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 157–162. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2804. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2804

Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh Rasa Percaya Diri Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157–179. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557. DOI: https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557

Susanti, E., Ahyani, N., & Missriani, M. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1). https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1117.

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Prasisca Devi, I. A. G. D., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 278–287. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32814