Hubungan Tingkat Pendidikan dan Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Ni Komang Suri Rahayu Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Univeristas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.33044

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah lingkungan keluarga, terutama orang tua (ayah dan ibu) berperan penting dalam keberhasilan pendidikan anak-anaknya. Tingkat pendidikan dan perhatian orang tua merupakan bagian dari faktor lingkungan keluarga yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat pendidikan dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan populasi sebanyak 257 orang. Sampel ditentukan menggunakan teknik proporsional random sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 149 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumentasi rapor semester ganjil. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar sebesar 3,3%; terdapat hubungan perhatian orang tua dengan prestasi belajar sebesar 3,3%; terdapat hubungan tingkat pendidikan dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar sebesar 6,6%. Terdapatnya hubungan tingkat pendidikan dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar dalam penelitian ini membuktikan bahwa tingkat pendidikan dan perhatian orang tua merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Author Biographies

Ni Komang Suri Rahayu, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Wayan Wiarta, Univeristas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Abu, A. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Di SDN 130 Karambua Desa Rinjani Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.31970/gurutua.v2i2.27. DOI: https://doi.org/10.31970/gurutua.v2i2.27

Anwar, A. S. (2020). Pengaruh Kedisiplinan, Perhatian Orang Tua dan Minat terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 32–44. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/ index.php/mtk/article/view/424.

Asfiyah, W., & Ilham, L. (2019). Urgensi Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Hadist Dan Psikologi Perkembangan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 16(1), 1–20. https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.161-01. DOI: https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.161-01

Astuti, S. P., & Handayani, S. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Fisika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 1–11. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1104. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1104

Baiti, N. (2020). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 44–51. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3590. DOI: https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3590

Djafar, F. A., Pasongli, H., Robo, T., & Tolangara, A. . (2020). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Geografi Kelas VIII SMP Al – Irsyad Kota Ternate. Jurnal Reforma, 9(2), 61. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.303. DOI: https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.303

Effendi, E., Mursilah, M., & Mujiono, M. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 17–23. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.131. DOI: https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.131

Emor, A. C. J., Lonto, A. L., & Pangalila, T. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Di Kelurahan Pinasungkulan Kecamatan Ranowulu Kota Bitung. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 45. https://doi.org/10.36412 /ce.v3i1.907. DOI: https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.907

Hadiyanto, H. (2017). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan Dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa SMA. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 171. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p171-185. DOI: https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p171-185

Hermawati, Y. (2018). Kontribusi fasilitas studi rumah, pembelajaran motivasi dan pendidikan orang tua pada hasil belajar siswa matematika sekolah menengah. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 187. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3399. DOI: https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3399

Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129–139. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. Falasifa : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460. DOI: https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460

Khalijah, siti, Suprapta, S., & Abbas, I. (2021). Hubungan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Geografi. Jurnal Lageografia, 19(3). https://doi.org/10.35580/ lageografia.v19i3.22146. DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v19i3.22146

Maman. (2018). Sikap Cara Belajar Dan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i1.2353.

Manoppo, A. J., & Bolung, F. I. (2019). Tingkat Pendidikan Dan Pendapatan Orang Tua Pada Prestasi Akademik. Nutrix Journal, 3(1), 42–49. https://doi.org/10.37771/nj.vol3.iss1.393. DOI: https://doi.org/10.37771/nj.Vol3.Iss1.393

Marganingsih, A. (2018). Pengaruh Faktor Intern Dan Faktor Ekstern Terhadap Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi I. Jurkami : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 25–33. https://doi.org/10.31932/jpe.v3i1.156. DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v3i1.156

Martin, M., & Tawila, N. (2018). Analisis Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Siswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2), 217. https://doi.org/10.31571/sosial.v5i2.940. DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v5i2.940

Masrofah, T., Fakhruddin, F., & Mutia, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membina Akhlak Remaja (Studi di Kelurahan Air Duku, Rejang Lebong-Bengkulu). Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 39. https://doi.org/10.30659/jpai.3.1.39-58. DOI: https://doi.org/10.30659/jpai.3.1.39-58

Mujahiduddin, N. M. (2019). Hubungan Lingkungan Sosial Sekolah dan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar IPS Peserta Didik. Phinisi Integration Review, 2(2), 303–311. https://doi.org/10.26858/pir.v2i2.10048. DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i2.10048

Natasya, N. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kota (Materi Pecahan). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2), 47–53. https://doi.org/10.21009/jrpms.032.06. DOI: https://doi.org/10.21009/jrpms.032.06

Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 41. https://doi.org/10.24036/108806. DOI: https://doi.org/10.24036/108806

Pajarianto, H., & Mahmud, N. (2019). Model Pendidikan Dalam Keluarga Berbasis Multireligius. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(2), 254. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i7. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i7

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320. DOI: https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Belajar Dan Minat Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMK Di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391

Rini, I. S. (2020). pengaruh perhatian orang tua dalam kegiatan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri nusa tunggal kecamatan belitang III. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 96–107. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.582. DOI: https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.582

Salo, E. S., Lolotandung, R., & Tulak, H. (2019). Pengaruh Perhatian Orangtua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara. Elementary Journal, 1(2), 1–11. http://ukitoraja.ac.id/journals/index.php/ej/article/download/497/392.

Saputra, B., & Suasti, Y. (2019). Aspirasi Orang Tua tentang Pendidikan Anak. JURNAL BUANA, 3(1), 7. https://doi.org/10.24036/student.v3i1.330. DOI: https://doi.org/10.24036/student.v3i1.330

Saputri, D. I., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 369. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19285. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19285

Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 97. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.359. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.359

Sunain, S. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Tingkat Kecerdasan dan Keaktifan Siswa dari Kelas Satu Sampai dengan Kelas Enam Pada Semester I. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(2), 160–176. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.942. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.942

Tari, E., & Tafonao, T. (2019). Pendidikan Anak dalam Keluarga Berdasarkan Kolose 3:21. Kurios, 5(1), 24. https://doi.org/10.30995/kur.v5i1.93. DOI: https://doi.org/10.30995/kur.v5i1.93

Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S. B., & Saputra, A. A. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8), 555. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i8.1526. DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i8.1526

Wulandari, R., & Yeni, F. (2019). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 634–642. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.49. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.49

Yusrita, A., & Mustadjar, M. (2017). Partisipasi Orangtua Dalam Pendidikan Anak (Studi Pada Pedagang Kakilima Di Batuaraya Kelurahan Batua Kecamatan Manggala Kota Makassar). Jurnal Sosialisasi, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.8775.

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Rahayu, N. K. S., & Wiarta, I. W. (2021). Hubungan Tingkat Pendidikan dan Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 308–318. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.33044