Pembelajaran Example Non Example (ENE) Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35422Abstract
Kurangnya inovasi guru dalam proses pembelajaran berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa, sehingga untuk mangatasi masalah tersebut guru dituntut untuk lebih aktif dalam menggunakan model serta metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran ENE berbantuan media gambar. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang tediri dari 2 siklus. Subjek penelitian terdiri 18 orang siwa kelas IV. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar dengan menggunakan tes dan data aktifitas siswa dengan observasi. Data obeservasi dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif, dan data hasil belajar dianalisis dengan nilai ketuntasan minimal (KKM). Penelitian dikatakan tuntas jika hasil belajar siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) ≥ 65 dan secara klasikal tercapai 85% dari seluruh siswa kelas IV. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran ENE berbantuan media gambar, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 33,33%, dari 50% pada siklus I menjadi 83,3% pada siklus II. Aktifitas siswa juga meningkat dari skor 44 pada siklus I naik menjadi 62 pada siklus II. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran ENE dapat meningkatan hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Oleh sebab itu, model ENE dapat dipertimbangkan sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada muatan pelajaran IPA kelas IV SD.
References
Adriani, A. R., Ramlawati, R., & Sudarto, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didk (LKPD) Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Libureng Kab. Bone (Studi Pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya). Jurnal IPA Terpadu, 2(1). https://doi.org/10.35580/ ipaterpadu.v2i1.11152. DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i1.11152
Anggraini, U. R. (2021). Perbandingan Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal of Primary Education, 1(1). https://journal.iainbengkulu.ac.id/index.php/jpe/article/view/4408.
Astriani, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantu Media Gaser terhadap Ketrampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Ngesrep 01. Jurnal Pendas Mahakam, 2(1), 91–99. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/ pendasmahakam/article/view/99.
Basri, H. (2018). Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054. DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Dewantara, D. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran ipa (studi pada siswa kelas V sdn pengambangan 6 banjarmasin). Jurnal Paradigma, 11(2), 41–44. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/paradigma/article/view/2694.
Dilla, S. U., & Sylvia, I. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Sosiologi Berbasis Weblog Pada PembeIajaran SosioIogi Kelas X SMA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 253–266. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i4.122. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v2i4.122
Fitri, ayu. (2020). Pengaruh Model Example Non Example Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Datar pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 5(1), 38–48. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v5i1.898. DOI: https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v5i1.898
Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. School Education Journal Pgsd Fip UnimeD, 8(2), 121–129. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.9770. DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.9770
Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59
Kunainah, siti. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Daur Hidup Hewan Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Pada Siswa Kelas IV SDN 05 Madiun Lor Kota Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 6(1). https://www.ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/259.
Kurniawati, N., & Trisnawati, N. (2020). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Tata Ruang Kantor ( Studi pada Siswa Kelas X OTKP SMK Pawiyatan Surabaya ). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 260–269. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/9689/4329. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p260-269
Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar : Masalah dan Perkembangannya. Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185–196. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/academica/article/view/1052.
Lisnani. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Bagi Siswa KelAS VI SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 76–82. https://www.neliti.com/publications/278076/pengaruh-model-pembelajaran-example-non-example-untuk-meningkatkan-hasil-belajar. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.82
Mediatati, N. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa Kelas VIIIE SMP Negeri 6 Salatiga. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 100. https://doi.org/10.23887/jere.v1i2.10073. DOI: https://doi.org/10.23887/jere.v1i2.10073
Minartin. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Randuagung 01 Pada Pelajaran Ips Tahun. Jurnal PTK, 3(2), 35–44. http://dx.doi.org/10.18592/ptk.v3i2.1956. DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i2.1471
Muskania, R., & Zulela MS. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar NusantarA, 6(2), 155–165. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298
Nofiana, M. (2017). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kota Purwokerto Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 1(2), 77. https://doi.org/10.30595/jssh.v1i2.1682. DOI: https://doi.org/10.30595/jssh.v1i2.1682
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pranoto, H. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI B Semester 1 SD Negeri Turitempel Tahun Pelajaran 2016/2017. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 7(1). https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v7i1.1765. DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v7i1.1765
Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 201. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140
Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6(1), 1–14. https://ojs.unm.ac.id/index/index.
Rini, S. E. S., & Utami, S. P. T. (2018). Keefektifan Model Example Non-Example Dan Model Picture And Picture Dalam Pembelajaran Menyajikan Teks Deskripsi Menggunakan Media Gambar Bertema Objek Wisata Sejarah Pada Peserta Didik Kelas VII MTs. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v7i1.22751.
Sari, P. O. W., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Pengaruh Pembelajaran Saintifik Example Non Example Terhadap Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 324. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19457. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19457
Sariningsih, S., Yusuf, A. E., Sutisna, E., & Laihad, G. H. (2019). Pengembangan Model Resiprocal, Example Non Example, Dan Mind Mapping (Rexmind) Untuk Mengoptimalisasi Hasil Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di Kelas VII. Jurnal Manajemen PendidikaN, 7(2), 770–777. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1326. DOI: https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1326
Sembiring, S. B., Tanjung, arinda S., & Panjaitan, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1399. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1399
Soplanit, A. F. (2019). Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi dengan Menggunakan Model Examples Non Examples pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 9 Kota Sorong Tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, 7(2), 62–75. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.304. DOI: https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.304
Suryana, P. S. N. H. D. T. (2017). penerapan model pembelajaran examples no examplespada materi tokoh-tokoh sejarah untuk meningkatakan hasil belajar siswa kelas v SDN Gunungsari. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2021–2030. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10771.
Suryani, E., Rustono, & Nugraha, A. (2018). Pengaruh Model Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sumber Daya Alam Di SD. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7229.
Umbaryati. (2018). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 217–225. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473.
Wijayama, B. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Kependidikan Dasar, 1(1), 190–198. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreatif.v10i2.23612.
Winarto, W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(2), 221–222. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i2.115. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i2.115
Wulandari, R. (2017). Berpikir Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 29–35. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.839. DOI: https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.839
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614. DOI: https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.