Penerapan Model Discovery Learning Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.36169Keywords:
Discovery Learning, Aktivitas Belajar SiswaAbstract
Pengelolaan sistem informasi administrasi yang baik merupakan faktor penting dalam proses administrasi perpustakaan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi perpustakaan sekolah berbais web dengan wordpress dan untuk mengimplementasikan sistem yang dirancang. Data-data yang digunakan dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara serta dokumentasi. Jenis metode pengembangan yang digunakan adalah Research and Develompment (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model waterfall. Prinsip pendekatan sistem yang diterapkan model ini terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, disain, coding, pengujian serta implementasi & maintenance. Sedangkan platform CMS yang digunakan adalah Wordpress serta software phpMyAdmin sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai manajemen basis data (pengelola database). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi perpustakaan sekolah berbasis web dengan wordpress yang dirancang dinyatakan valid dan praktis untuk dapat digunakan sebagai sistem informasi perpustakaan sekolah. Secara keseluruhan, sistem informasi perpustakaan sekolah berbasis web ini akan mampu memberikan layanan perpustakaan yang lebih baik bagi siswa, guru dan staf. Sehingga keberadaan sistem informasi perpustakaan sekolah berbasis web dengan wordpress memberikan beberapa manfaat dalam proses pelaksanaan layanan perpustakaan.
References
Abdulah, A., Mustadi, A., & Fitriani, W. (2021). PBL-Based Interactive Multimedia in Improving Critical Thinking Skills. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(1), 136. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.25521. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.25521
Arrasyid, H., Jufrida., & Darmaji. (2017). Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Kelas X SMA PGRI 2 Jambi. Jurnal Edufisika, 2(2), 68–80. https://doi.org/10.22437/edufisika.v5i02.10886. DOI: https://doi.org/10.22437/edufisika.v5i02.10886
Arum, T. S., & Wahyudi, W. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 239. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p239-250. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p239-250
Asta, I. K. R., Agung, A. A. G., & Widiana, I. W. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5637.
Astiti, N. K. A., Kristiantari, M. G. R., & Saputra, K. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Journal of Education Action Research, 5(3), 409–415. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.36695. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.36695
Bahar, M. A., Trisiana, A., & Handini, O. (2019). Pengaruh Metode Demonstrasi Di Dukung Video Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Sinektik, 2(1), 64–76. https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2989. DOI: https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2989
Citrawathi, D. M., Adnyana, P. B., & Santiasa, M. P. A. (2016). Analisis Kebutuhan Untuk Pengembangan Modul Inkuiri Berbasis Pertanyaan (MIBP) Di SMP. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8289. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8289
Estuwardani, N. A., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Tematik-integratif Dalam Peningkatan Karakter Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(2), 157–172. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8620.
Estuwardani, Norayeni Arista, & Mustadi, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Modul Tematik-Integratif Dalam Peningkatan Karakter Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(2), 157–172. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8620.
Febryanto, F. N. (2015). Pembelajaran Lay Up Shoot Menggunakan Media Audio Visual Basic Lay Up Shoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lay Up Shoot Pada Siswa Kelas Viiia Smp Kanisius Pati Tahun 2013/2014. E-Jurnal Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(1), 1509–1521. https://doi.org/10.15294/active.v4i1.4548.
Hapsyah, D. R., Handayani, R., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2019). Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Theraphy (Rebt) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 23–33. https://doi.org/10.33541/sel.v2i1.1002. DOI: https://doi.org/10.33541/sel.v2i1.1002
Indraswati, D., Marhayani, D. A., Sutisna, D., Widodo, A., & Maulyda, M. A. (2020). Critical Thinking Dan Problem Solving Dalam Pembelajaran Ips Untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(1), 12. https://doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1540. DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1540
Khoeriyah, N., & Mawardi, M. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 63. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11444. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11444
Legiman. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). LPMP DI Yogyakarta. http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2015/02/Penelitian-Tindakan-Kelas-PTK-legiman.pdf.
Noviyanti, E., Rusdi, R., & Ristanto, R. H. (2019). Guided Discovery Learning Based on Internet and Self Concept: Enhancing Student’s Critical Thinking in Biology. Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 7–14. https://doi.org/10.31002/ijobe.v2i1.1196. DOI: https://doi.org/10.31002/ijobe.v2i1.1196
Pittariawati. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Teks Prosedur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 73–81.
Purwanto, M. N. (2017). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosda Karya.
Putri, N. M. C. N. M., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 7(2), 57–64. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960
Sahara, R., Mardiyana, & Sari, R. (2017). Literatur Study: Discovery Learning Teaching Model trough Somatic Auditory Visual Intelectual Approach in Mathematic Teaching. 4 Th ICRIEMS Proceedings, 135–140. http://seminar.uny.ac.id/icriems/sites/seminar.uny.ac.id.icriems/files/prosiding2017/ME20 Rifki Sahara.pdf.
Subiyakto, B., Syaharuddin, S., & Rahman, G. (2017). Nilai-Nilai Gotong Royong Pada Tradisi Bahaul Dalam Masyarakat Banjar Di Desa Andhika Sebagai Sumber Pembelajaran Ips. Vidya Karya, 31(2), 153–165. https://doi.org/10.20527/jvk.v31i2.3993. DOI: https://doi.org/10.20527/jvk.v31i2.3993
Subudi, I. K. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sebagai Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Journal of Education Action Research, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131
Sunarsih, S., Rahayuningsih, M., & Setiati, N. (2020). The Development of Biodiversity Module Using Discovery Learning Based on Local Potential of Wonosobo. Journal of Innovative Science Education, 9(1), 1–11. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/31178.
Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 151–168. DOI: https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-03
Wulandari, D. G. R., & Mustadi, A. (2019). Comparison of Discovery and Inquiry Model: Which Model is More Effective in Natural Science (IPA) Learning? International Journal of Educational Research Review, 4(Special Issue), 711–718. https://doi.org/10.24331/ijere.628710. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.628710
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.