Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Classpoint pada Materi Indahnya Keragaman di Negeriku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.48502Keywords:
Kuis Interaktif, Aplikasi Classpoint, Sekolah DasarAbstract
Menghadapi tantangan yang besar pada era revolusi industri 4.0 ini, pendidikan dituntut untuk menyesuaikan, termasuk pendidikan pada jenjang dasar maupun menengah. Tantangan pendidikan pada revolusi industri 4.0 ini khususnya di Indonesia, salah satunya adalah masifnya media yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Untuk itu, pendidik harus menguasai teknologi agar dapat menyesuaikan dengan peserta didik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan kuis interaktif menggunakan aplikasi classpoint pada pokok materi indahnya keragaman di negeriku kelas IV, menguji kelayakan kuis interaktif, dan melihat respon siswa terhadap kuis interaktif. Penelitian ini menerapkan model 4-D melalui 4 tahapan yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate. Instrumen penelitian untuk mendapatan data berupa angket penilaian ahli materi, ahli media, dan angket respon siswa terhadap kuis interaktif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu menciptakan kuis interaktif menggunakan aplikasi classpoint pada pokok materi indahnya keragaman di negeriku. Berdasarkan hasil penilaian ahli dinyatakan bahwa kuis interaktif sangat layak. Hal ini berdasarkan rata-rata dari data secara keseluruhan tim ahli materi yaitu 93,7% mendapat kategori " sangat layak", tim ahli media yaitu 98% mendapat kategori "sangat layak," dan berdasarkan respon siswa mendapatkan hasil sebesar 82.89% mendapat kategori “sangat layak”. Melihat hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kuis interaktif layak digunakan sebagai media bagi guru dan siswa dalam melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu meningkatkan motivasi dan antusias siswa dalam mengerjakan kuis serta menambah wawasan guru dan peneliti.
References
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010
Ardiningsih, D. (2019). Pengembangan Game Kuis Interaktif sebagai Instrumen Evaluasi Formatif pada Mata Kuliah Teori Musik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 92–103. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.17725. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.17725
Ariani, K. R., Sumantri, M., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPS Bermuatan Tes untuk Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 217. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28260. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28260
Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan dalam Meningkatkan Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012. DOI: https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012
Budiono, H., & Subiyantoro, H. (2018). Pembelajaran IPS dalam Membentuk Karakter Gotong Royong, Toleransi dan Sikap Cinta Tanah Air Siswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 15(1), 63–71. https://doi.org/10.29100/insp.v15i1.414.g341.
Centauri, B. (2019). Efektivitas Kahoot sebagai Media Pembelajaran Kuis Interaktif di SDN-7 Bukit Tunggal. Jurnal: Seminar Nasional Pendidikan Mipa Dan Teknologi (SNPMT II), 1(1), 124–133. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1360.
Darim, A. (2020). Manajemen Perilaku Organisasi dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Kompeten. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 22–40. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.29. DOI: https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.29
Darma, I. G., & Sujana, I. W. (2020). Hasil Belajar IPS Menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. Journal of Education Technology, 4(2), 103. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099
Dina, R. A., & Syaputra, D. (2021). Pengembangan Media Kuis Interaktif Berbasis PowerPoint pada Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 7 Tanjung Jabung Timur TA. 2021/2022. Jurnal Istoria, 5(2), 60–67. http://istoria.unbari.ac.id/index.php/OJSISTORIA/article /view/124. DOI: https://doi.org/10.33087/istoria.v5i2.124
Indriani, V. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Microsoft Power Point pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV Sekolah Dasar. Jpgsd, 8(1), 1044–1052. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/36681.
Jeklin, A. (2021). Penerapan Media Presentasi Classpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–23. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/105/85.
Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2019). Budaya Sekolah dan Etika Profesi: Pengukuran Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Sekolah dengan Pendekatan Soft System Methodology. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(3), 090–097. https://doi.org/10.17977/um027v2i32019p90. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v2i32019p90
Melinda, V. A., Degeng, N. S., & Kuswandi, D. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) pada Kelas V SDNU Kratonkencong. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/ 10.17977/um031v3i22017p158.
Mohammad, M. M., & Prima, M. S. (2021). Efektivitas Kuis Interaktif Aplikasi Kahoot dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1324.
Nadhliroh, I., Prasetyaningtyas, F. D., & Artikel, I. (2018). Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual pada Muatan IPS Kelas V. Joyful Learning Journal, 7(4), 25–33. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i4.25877.
Ningrum, G. D. K. (2018). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(1), 22–27. https://doi.org/10.31932/ve.v9i1.32. DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v9i1.32
Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 71. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978
Oktaviarini, N., & Jadmiko, R. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis IPS dalam Penerapan Character Project Citizen (CPC) Berbasis Outdoor Study (Studi pada Siswa Kelas IV SDN Kamulan 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar). Jurnal Inventa, 2(2), 26–36. https://doi.org/10.36456/inventa.2.2.a1646. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.2.2.a1646
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pentury, H. J., Rangka, I. B., & Anggraeni, A. D. (2021). Peningkatan Kemampuan Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Daring melalui Penerapan Kuis Interaktif Daring. Jurnal Surya Masyarakat, 3(2), 109. https://doi.org/10.26714/jsm.3.2.2021.109-114. DOI: https://doi.org/10.26714/jsm.3.2.2021.109-114
Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel IPS. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100
Putri, L. R. (2021). Persepsi Pemberian Kuis Interaktif sebagai Media Evaluasi Pembelajaran pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Jurnal Medika Hutama, 03(01), 1462–1467. https://jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/download/298/202.
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Ratri, S. Y. (2018). Digital Storytelling pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Dan Karakter, 1(1), 1–8. https://www.researchgate.net/profile/Safitri-Ratri/publication/334162861.
Rosi, R. A. U., Riki, C., & Habibie, A. (2022). perancangan Aplikasi Kuis Interaktif Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi & Komunikasi di Kelas X SMA Plus Nurul Ilmi Cibalong. Produktif : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 397–404. https://doi.org/10.35568/produktif.v5i1.1003. DOI: https://doi.org/10.35568/produktif.v5i1.1003
Safira, F. B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Variasi Kuis Interaktif dengan Artikulate Storyline pada Materi Fabel untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 02 Talun. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 17(15), 1–6. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/16961. DOI: https://doi.org/10.33772/biofiskim.v3i2.21927
Setiawan, M. A., & Anam, K. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Kuis Interaktif Online Menggunakan Metode Fisher Yates Berbasis Android. Computer and Application Jurnal, 4(1). https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v4i1.47-52.
Setiawati, T., Pranata, O. H., & Halimah, M. (2019). Pengembangan Media Permainan Papan pada Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 163–174. https://ejournal.upi.edu/index.php/ pedadidaktika/article/view/13176.
Setiyo, S. A., Anggraeni, A., Supriatnaningsih, R., & Marsuki, R. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kuis Interaktif Pilihan Ganda Bahasa Mandarin Sekolah Menengah Pertama ( SMP ). Longda Xiaokan: Journal of Mandarin Learning and Teaching, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.15294/longdaxiaokan.v4i1.32575. DOI: https://doi.org/10.15294/longdaxiaokan.v4i1.32575
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Triatmaja, A. K., Wahyuni, M. E., Setyanto, B. N., Sudarma, R. T., & Oktavian, W. F. (2021). Optimalisasi Kemampuan Guru Melalui Pelatihan Kuis Interaktif Secara Daring Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Surya Masyarakat, 4(1), 45. https://doi.org/10.26714/jsm.4.1.2021.45-51. DOI: https://doi.org/10.26714/jsm.4.1.2021.45-51
Uno, H. B., & Ma’ruf, A. R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Website untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 169–185. https://doi.org/10.21009/JTP1803.1. DOI: https://doi.org/10.21009/JTP1803.1
Virgiawan, D., & Marlini, S. (2018). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran Matematika. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 29–42. https://doi.org/10.22342/jpm.12.1.5094.29-42.
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nico Dwi Kurniawan, Ika Yatri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.