Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.50266Keywords:
Model TGT, teks prosedur, PTKAbstract
Salah satu materi pelajaran Bahasa Indonesia adalah menulis teks prosedur. Namun, kemampuan siswa menulis teks prosedur masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis teks prosedur melalui model TGT. Jenis penelitian adalah PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B. Teknik pengumpulan data diambil melalui tes dan nontes. Tes digunakan untuk mengambil data hasil belajar, sedangan nontes berupa observasi digunakan untuk mengambil data hasil observasi kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif untuk memperjelas hubungan instrumen, data, dan jenis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis teks prosedur menggunakan model TGT meningkat. Peningkatan itu dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar dan rata-rata hasil observasi kegiatan guru dan siswa setiap siklus. Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 76.77, pada siklus II menjadi 82.60, sedangkan hasil observasi kegiatan guru pada siklus I rata-rata 78.75 kategori “sedang” pada siklus II menjadi 85 kategori “tinggi”, dan hasil aktivitas siswa pada siklus I rata- rata 72.50 kategori “sedang” pada siklus II menjadi rata-rata 90 kategori “sangat tinggi”. Adapun hasil angket tanggapan siswa sebesar 93.14%. Kesimpulan, rendahnya kemampuan siswa menulis teks prosedur dapat ditingkatkan melalui pembelajaran menggunakan model TGT.
References
Adhiyasa, I. M. (2022). Penggunaan strategi mind mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 5 Denpasar. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 83 – 94. https://doi.org/10.5281/zenodo.6566683.
Andira, A., Hasmawati, & R, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(2), 128–133. https://doi.org/10.26858/interference.v1i2.14699. DOI: https://doi.org/10.26858/interference.v1i2.14699
Aprelia, D. A., Baedowi, S., & Mudzantun. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19400.
Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56. DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56
Diartha, P. M. P., Sudarma, I. K., & Suwatra, I. I. W. (2019). Pengembangan Multimedia Berorientasi Pembelajaran Team Games Tournament Pada Mata Pelajaran IPA Kelas Iv Sekolah Dasar Mutiara Singaraja. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v7i1.19969.
Ernawati, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pai Dengan Metode Team Qiuz Siswa Kelas Vi. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(1), 29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v11i1.26014. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v11i1.26014
Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Pedagogik, 05(01), 100–108. https://doi.org/10.33650/pjp.v5i1.226.
Gunarta, I. G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13975
Hendaryati, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan Melalui Team Games Tournament Learning (Uno Stacko Challenge). JURNAL PROMOSI, 7(1), 7–12. https://doi.org/10.24127/pro.v7i1.2034. DOI: https://doi.org/10.24127/pro.v7i1.2034
Holiyani, H. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Dengan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Investigasi Siswa Kelas Vi Sd Yayasan Iba Palembang. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(1), 1–15. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i1.4243. DOI: https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i1.4243
Jubaidah, S., Mantasiah, R., & Yusri. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Jaring Laba-Laba (Webbed) dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(2), 89–95. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/ijes.v20i2.4817.
Kamaruddin, S., & Yusoff, N. M. R. N. (2019). The Effectiveness of Cooperative Learning Model Jigsaw and Team Games Tournament (TGT) towards Social Skills. Creative Education, 10(12), 2529–2539. https://doi.org/10.4236/ce.2019.1012180. DOI: https://doi.org/10.4236/ce.2019.1012180
Karina, R. M., Syafrina, A., & Habibah, S. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Pada Kelas V Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61–77.
Khoiriah, D. S., & Yunyun, Y. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Terhadap Pembentukan Nilai-Nilai Kerjasama Dalam Pembelajaran Permainan Hoki. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 27–37. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i1.3661. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i1.3661
Kormasela, D. A., Dawud, & Rofi’uddin, A. (2020). Pemanfaatan Kearifan Lokal Maluku dalam Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan, 5(8), 1056 — 1065. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13872. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13872
Laily, A., Jalal, F., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Awal Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Papan Semat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 396–403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.214. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.214
Minardiningsih, B. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Di SMP Negeri 1 Sakra Barat. Fondatia, 3(1), 42 – 54. https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i1.195>. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i1.195
Murtiyasa, B., & Hayuningtyas, W. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe Kooperatif Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 358–368. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2765. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2765
Nangcik. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Hasil Pengamatan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1835 – 1841. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1706.
Owon, S., & Adi, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 528–541. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4318. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4318
Putri, L. M., & Ramadhan, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(13–30). https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.316. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.316
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938
Selfiyanti, B., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2022). Peningkatan Literasi Berbicara Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas II SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 59–68. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2822. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2822
Sobandi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournaments) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 99 – 106. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.20. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.20
Sofiatun, & Ridlwan, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar (LKS) Bergambar Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa MTs KELAS VIII Miftahul Ulum Pamekasan Madura. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 108 – 119. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/lingua/index. DOI: https://doi.org/10.30651/lf.v3i1.2642
Suaeb, S., Degeng, I. N. S., & Amirudin, A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Tebak Gambar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan Volu, 3(1). https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10435.
Suherman, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tgt (Teams Game Tour_nament) Terhadap Keterampilan Sosial Dan Ket_erampilan Bermain Bolavoli. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 8–15. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/%0Apenjas/article/view/2216/3884. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.5659
Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Penggunaan Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Kelas IV SDN 1 Slempit. Molecules, 9(1), 148–162.
Utami, F., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Berbantuan Media Papan Jaring Baku Siswa Kelas V. Jurnal Basicedu (Research & Learning in Elementary Education), 3(2), 326 – 335. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.10. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.10
Yuliawati, A. A. N. (2021). Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 356 – 364. https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.