Pembelajaran Teks Eksplanasi dengan Pemanfaatan Video Fenomena Sosial di Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.52139Keywords:
Penerapan Pembelajaran, Teks Eksplanasi, Video Fenomena Sosial.Abstract
Tradisi menulis di Indonesia jauh lebih rendah dibandingkan dengan tradisi membaca, terlebih di kalangan generasi muda. Rendahnya tradisi menulis diakibatkan oleh rendahnya minat membaca. Kendala yang dihadapi peserta didik dalam melakukan keterampilan menulis yaitu kurangnya motivasi peserta didik untuk menulis, rendahnya minat menulis peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran menulis teks, dan peserta didik merasa kesulitan dalam pemilihan kata-kata yang tepat untuk menyambungkan kalimat awal dengan kalimat selanjutnya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pembelajaran teks eksplanasi dengan pemanfaatan video fenomena sosial di kelas XI SMA. Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjukkan bahwa pembelajaran di SMA dilakukan secara full online dan telah menerapkan media video sebagai bahan ajar dalam tiga tahapan pembelajaran yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Pembelajaran teks eksplanasi yang dilakukan dengan pemanfaatan video dikatakan berhasil dibuktikan dengan nilai peserta didik di atas rata-rata. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran adalah kehadiran peserta didik saat pembelajaran kurang serentak, gangguan jaringan, dan kemampuan peserta didik dalam menguasai materi.
References
Anggraini, R. D., Listyarini, I., & Huda, C. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Berbantuan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Karangan. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 3(1), 37. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17282. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17282
Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898
Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690
Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043
Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 455. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167
Fansury, A. H., Januarty, R., Rahman, A. W., & Syawal. (2020). Digital Content for Millennial Generations: Teaching the English Foreign Language Learner on COVID-19 Pandemic. Journal of Southwest Jiaotong University, 55(3). https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.55.3.40. DOI: https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.55.3.40
Hadiwinata, S., & Wibawa, I. M. C. (2021). Learn Single Substance and Mixed Substances with Demonstration Based Videos: Learning Media Feasibility. International Journal of Elementary Education, 5(2), 215–223. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34767. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34767
Hasmira, Anwar, & Yusuf, M. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa kelas Kelas IV di SD Negeri 1 Ngapa. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, 1(2), 128–137. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33772/jwkp-ips.v1i2.7452. DOI: https://doi.org/10.30598/jbkt.v1i2.148
Jafar, A. F., Rusli, R., Dinar, M., Irwan, I., & Hastuty, H. (2020). The Effectiveness of Video-Assisted Flipped Classroom Learning Model Implementation in Integral Calculus. Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education, 2(1), 97–103. https://doi.org/10.35877/454ri.asci2144. DOI: https://doi.org/10.35877/454RI.asci2144
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011. DOI: https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011
Kusumawati, N. P. Y. S., Jayanta, I. N. L., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2021). Learning Video: Efforts to Improve the Quality of Natural Resource Learning for Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 5(3), 461–470. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i3.35548. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v5i3.35548
Lestari, K. A., Suranata, K., & Bayu, G. W. (2022). Animated Video-Based Learning Media Assisted with Powtoon on Living Things Characteristics Topic. International Journal of Elementary Education, 6(3), 511–517. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i3.53418.
Marlani, L., & Prawiyogi, A. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Di Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1). https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4427. DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4427
Megawati, & Utami. (2020). English Learning with Powtoon Animation Video. Journal of Education Technology, 4(2), 110. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25096. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25096
Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564. DOI: https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564
MS, Z., Marini, A., Safitri, D., Lestari, I., Zahari, M., Iskandar, R., Sudrajat, A., Nuraini, S., Rihatno, T., Suntari, Y., Nafiah, M., & Rosinar, R. (2022). Socialization of Literacies Assessment in the Covid-19 Pandemic Era for Elementary School Teachers in Jakarta. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.39566. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.39566
Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 110–116. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825
Natalita, R. K., Situngkir, N., & Rabbani, S. (2019). Meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas 1 SD. Journal of Elementary Education, 02(January), 18–25. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/download/3084/804.
Ningsih, N. P. A., Astawan, I. G., & Rati, N. W. (2022). Animated Video Media with Contextual Approach on Social Science Subject in Fourth Grade Elementary School. International Journal of Elementary Education, 6(3), 412–421. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i3.49241.
Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.
Nugroho, A. S., & Mawardi. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggungjawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 808–817. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825
Nurhayati, I., Khumaedi, M., & Yudiono, H. (2018). The Effectiveness of the Use of Video Media on Learning on the Competence of Scalp and Hair Care of Vocational High School Students of Beauty Department. Journal of Vocational and Career Education, 3(1), 66–72. https://doi.org/10.15294/jvce.v3i1.15388. DOI: https://doi.org/10.15294/jvce.v3i1.15388
Putra, I. W. D. P., Gading, I. K., & Dibia, I. K. (2021). Science Learning with VideoScribe-Based Learning Video for Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 260–268. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.35883. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.35883
Putri, F. W., Hartati, T., & Mulyasari, E. (2019). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas Ii Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 155–166. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.22916. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12463
Raharjo, T. (2020). Efektivitas pendampingan implementasi kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 93 – 103. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760717.
Rahmadani, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (Sas) Di Kelas I SDN 61 Tondok Alla Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Journal of Teaching Dan Learning Research, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i1.586. DOI: https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i1.586
S, K. F., Harsiati, T., & Hasanah, M. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Keterampilan Menulis Teks Cerpen Dan Teks Fabel Untuk Siswa SMP/MTS Yang Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(3), 421 – 427. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6168.
Saadah, K., & Isnaeni, W. (2020). Peran Model Brain-Based Learning Pada Pembelajaran Sistem Saraf Dalam Meningkatan Literasi Sains Siswa. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 132–149. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.3967. DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.3967
Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.35
Setyawati, N. K., Japa, I. G. N., & Gading., I. K. (2022). Media Video Pembelajaran Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Daya Serap Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 490–501. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.52820. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.52820
Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39–54. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293
Suparsawan, I. K. (2021). Implementasi pendekatan saintifik pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 607–620. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560676. DOI: https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v12i2.278
Supratman, E., & Purwaningtias, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(3), 310–315. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i3.958. DOI: https://doi.org/10.30591/jpit.v3i3.958
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Utami, N. P. M. A., Ganing, N., & Kristiantari, M. G. R. (2020). Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle Suku Kata Berpegaruh Terhadap Keterampilan Menulis. Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 48–60. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27035. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27035
Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Yudiyanto, Y., Hakim, N., Hayati, D. K., & Carolina, H. S. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Konservasi Gajah Berkarakter Peduli Lingkungan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 187. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8959. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8959
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.