Dampak Pemberian Reward dan Reinforcement Negatif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.52284Keywords:
Keywords: Giving rewards, negative reinforcement and learning motivation.Abstract
Proses pembelajaran yang monoton (tidak bervariasi) masih menjadi masalah klasik yang terjadi dalam dunia pendidikan saat ini. Akibatnya siswa bosan dan kehilangan fokus dalam belajar sehingga pembelajaran tidak efektif dan tujuan pembelajaran sulit tercapai. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pemberian reward dan reinforcement negatif terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode esksploratif (ex post facto). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIH Soasangaji DimDim. Jumlah anggota populasi terdari 15 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel populasi, sehingga seluruh siswa kelas V yang berjumblah 15 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD. Hasil perhitungan SIJUVOH sebesar (0,161) lebih besar dari SUBCFM sebesar (0,049) maka dari itu hipotesis kerja diterima. Jadi, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemberian reinforcement negatif terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD. Hasil perhitungan ’IJUVOH sebesar (0,802) lebih besar dari ’UBCFM sebesar (0,576) maka dari itu hipotesis kerja diterima. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemberian reward dan reinforcement negatif terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD.
References
Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331
Aini, H., Suandi, N., & Nurjaya, G. (2019). Pemberian penguatan (reinforcement ) verbal dan nonverbal guru dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas VIII MTsN Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1), 23–32. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20246. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20246
Alexander, C., Wyatt-Smith, C., & Du Plessis, A. (2020). The role of motivations and perceptions on the retention of inservice teachers. Teaching and Teacher Education, 96, 103186. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186 DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186
Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19393.
Chanafi, B., & Mursal, M. (2016). Pembelajaran Fisika Dengan Memanfaatkan Media Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Biooptik (Sebuah Studi Pada Mata Kuliah Fisika Kesehatan Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Lhokseu. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 118–123. http://e-repository.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/7588/6238.
Djannah, M., Zulherman, & Nurafni. (2021). Kahoot Application for Elementary School Students: Implementations of Learning Process from Distance during Pandemic period of COVID 19. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012121 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012121
Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sdn Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790 DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790
Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(10), 1–14. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17132/14624
Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Pemberian Reward and Punishment yang Positif. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 93. https://doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1445. DOI: https://doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1445
Fitrianti, A. N., Zulaeha, I., & Kustiono, K. (2018). Type of Verbal and Non-Verbal Reinforcement Given by Teacher in Elementary School. Journal of Primary Education, 7(3), 310–317. https://doi.org/10.15294/JPE.V7I2.24201.
Fredik Melkias Boiliu. (2021). Peran Orang Tua sebagai Motivator terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 247 – 255. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.464. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.464
Guevara, J. L., Patel, R., & Trivedi, J. (2021). Optimization of steam injection in SAGD using reinforcement learning. Journal of Petroleum Science and Engineering, 4. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.petrol.2021.108735 DOI: https://doi.org/10.1016/j.petrol.2021.108735
Hajhashemi, K., Caltabiano, N., & Anderson, N. (2018). Multiple Intelligences, Motivations and Learning Experience Regarding Video-Assisted Subjects in a Rural University. International Journal of Instruction, 11(1), 167–182. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11112a. DOI: https://doi.org/10.12973/iji.2018.11112a
Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254
Khasanah, F. N., & Sari, R. (2021). Pelatihan Mentimeter Sebagai Media Interaksi Dalam Pembelajaran Daring Pada SMAN 14 Bekasi. Journal of Computer Science Contributions (JuCosCo), 1(1), 42–52. DOI: https://doi.org/10.31599/jucosco.v1i1.1557
Lukita, D., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 145–161. https://pesquisa.bvsalud.org/global-literature-on-novel-coronavirus-2019-ncov/resource/pt/covidwho-1645484. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271
Nengsih, M. S., & Dafit, F. (2022). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 476–482. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.50551. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.50551
Ngo, P. D., Wei, S., Holubová, A., Muzik, J., & Godtliebsen, F. (2018). Control of blood glucose for type-1 diabetes by using reinforcement learning with feedforward algorithm. Computational and Mathematical Methods in Medicine. https://doi.org/10.1155/2018/4091497. DOI: https://doi.org/10.1155/2018/4091497
Prasetyo, A. H., Prasetyo, S. A., & Agustini, F. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 402–409. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19332. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19332
Saputra, R. A., Hariyadi, A., & ... (2021). Pengaruh Konsep Diri dan Reward Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan. Jurnal Educatio FKIP …, 7(3), 1046–1053. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1337. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1268
Sari, N., & Ratu, T. (2021). Pengembangan Media Komik Bermuatan IPA Berbasis Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6185 – 6195. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1793. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1793
Setiawan, D., Selvyana, K., Hidayat, A., & Rahmadani, N. K. A. (2022). Powerpoint Interaktif Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1201–1209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2183. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2183
Sujiantari, N. K. (2016). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi pada SMP Negeri 1 Singaraja kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 7(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7573.
Sulastri, A., & Masriqon, M. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4109–4119. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1504. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1504
Torlak, N. G., & Kuzey, C. (2019). Leadership, job satisfaction and performance links in private education institutes of Pakistan. International Journal of Productivity and Performance Management, 68(2), 276–295. https://doi.org/10.1108/IJPPM-05-2018-0182. DOI: https://doi.org/10.1108/IJPPM-05-2018-0182
Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710
Wibawa, I. M. A. J., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 115–124. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17665. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17665
Winursiti. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Reinforcement Simbolik Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB di SD Lab Undiksha. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 17(2), 270–275. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.