Pemanfaatan Media Pembelajaran Teka-teki Silang Interaktif dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pembelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.54607Keywords:
Crossword Puzzle, ADDIE, ASEAN, Social Studies learning outcomesAbstract
Penggunaan media pembelajaran yang belum bersifat interaktif serta kurangnya inovasi dan variasi dalam mengembangkan media pembelajaran terkhusus pada muatan pembelajaran IPS menyebabkan menurunnya minat dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan sebuah media yang dapat digunakan untuk menunjang suatu pembelajaran agar berjalan dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berupa teka-teki silang pada muatan pembelajaran IPS kelas VI SD. Jenis dari penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan tahapan model ADDIE. Subjek yang terlibat yaitu para ahli yang terdiri dari 1 ahli isi, 1 ahli media, 1 ahli desain, serta siswa kelas VI yang terdiri dari 3 orang uji coba perorangan, 9 orang uji coba kelompok kecil, dan 27 siswa uji efektivitas. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner, wawancara, observasi, dan tes. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu dengan deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil uji coba produk media pembelajaran ini memperoleh skor tinggi dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji ahli isi pembelajaran memperoleh skor 90%, ahli desian pembelajaran memperoleh skor 88,6%, ahli media pembelajaran memproleh skor 88,6%, uji coba perorangan mendapatkan skor 90,83%, serta uji coba kelompok kecil yaitu 91,39%. Sedangkan Sedangkan hasil uji efektivitas, diperoleh bahwa pre-test memiliki rata-rata skor 60,37 dengan kualifikasi sedang, dan post-test memiliki rata-rata skor 73. Oleh karena itu, media pembelajaran teka-teki silang interaktif pada muatan pembelajaran IPS ini valid dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah mampu memotivasi guru agar dapat berinovasi dan berkreasi dalam pembelajaran.
References
Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Persepektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Agustin, S., Sumardi, & Hamdu, G. (2021). Kajian Tentang Keaktikan Belajar Siswa Dengan Media Teka Teki Silang Pada Pembelajaran IPS SD. Pedadidaktika, 8(1), 166–176. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/32917/14171. DOI: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i1.32917
Amalia, N. H., & Hidayat, N. (2018). Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 119–134. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.133. DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.133
Amiruddin, A., & Djuhan, M. W. (2021). Upaya Guru Mata Pelajaran IPS dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(1), 101–116. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.3029. DOI: https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.3029
Andini, S., Budiyono, & Fitriana, L. (2018). Developing flipbook multimedia: The achievement of informal deductive thinking level. Journal on Mathematics Education, 9(2), 227–238. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5396.227-238. DOI: https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5396.227-238
Anggreni, D. M., & Negara, I. (2021). The Positive Impact of Problem Based Learning Model Toward Students’ Science Knowledge Competence. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 589–595. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i4.26282.
Arsita, D. S., & Rozi, Z. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Teka Teki Silang Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sd Negeri 54 Model. LJESE: Linggau Journal of Elementary School Education, 2(3), 113–121. https://doi.org/10.55526/ljese.v2i3.383. DOI: https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3.333
Astri, N. K. D., Wiarta, I. wayan, & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 105(2), 79. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4371.
Astutik, A. F., & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V SDN Geluran 1 Taman. Jurnal Education and Development, 9(3), 543–554. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2894.
Coles, A. (2019). Facilitating the use of video with teachers of mathematics: learning from staying with the detail. International Journal of STEM Education, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0155-y. DOI: https://doi.org/10.1186/s40594-018-0155-y
de Koning, B. B., Marcus, N., Brucker, B., & Ayres, P. (2019). Does observing hand actions in animations and static graphics differentially affect learning of hand-manipulative tasks? Computers & Education, 141, 103636. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103636. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103636
Dewi, P. D. P., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar Siswa Kelas I SD. Jurnal EDUTECH Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350
Fairuz, F. R., Fajriah, N., & Danaryanti, A. (2020). Pengembangan Lkpd Materi Pola Bilangan Berbasis Etnomatematika Sasirangan Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 29–38. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8343. DOI: https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8343
Gellerstedt, M., Babaheidari, S. M., & Svensson, L. (2018). A first step towards a model for teachers’ adoption of ICT pedagogy in schools. Heliyon, 4(9), e00786. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2018.e00786. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2018.e00786
Haddock, L., Cannon, K., & Grey, E. (2020). A Comparative Analysis of Traditional and Online Counselor Training Program Delivery and Instruction. The Professional Counselor, 10(1), 92–105. https://doi.org/10.15241/lh.10.1.92. DOI: https://doi.org/10.15241/lh.10.1.92
Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343. DOI: https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343
Hasyim, M. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Statistika Berbasis ICT dengan Model Blended Project Based Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1083–1097. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.339. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.339
Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823–834. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310
Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with multimedia: The effects of gender, type of multimedia learning resources, and spatial ability. Computers & Education, 146, 103747. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747
Hiasa, F., Youpika, F., & Yanti, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Sastra Melayu Klasik Berbasis Android. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 421–436. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i2.322. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i2.322
Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112
Krismon, F. H., Zainuddin, M., & Putra, A. P. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Swishmax Materi Peristiwa Mengisi Kemerdekaan dengan Penguatan Karakter Tanggung Jawab di Kelas V. Wahana Sekolah Dasar, 28(2), 68–75. https://doi.org/10.17977/um035v28i22020p068. DOI: https://doi.org/10.17977/um035v28i22020p068
Kühl, T. (2021). Prerequisite knowledge and time of testing in learning with animations and static pictures: Evidence for the expertise reversal effect. Learning and Instruction, 73, 101457. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2021.101457. DOI: https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2021.101457
Lai, A.-F., Chen, C.-H., & Lee, G.-Y. (2019). An augmented reality-based learning approach to enhancing students’ science reading performances from the perspective of the cognitive load theory. British Journal of Educational Technology, 50(1), 232–247. https://doi.org/10.1111/bjet.12716. DOI: https://doi.org/10.1111/bjet.12716
Lieung, K. W., Rahayu, D. P., & Yampap, U. (2021). Development of an interactive e-book to improve student’s problem solving. Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 8–15. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.29814.
Moll-Khosrawi, P., Cronje, J. S., Zöllner, C., Kubitz, J. C., & Schulte-Uentrop, L. (2021). Understanding how the motivational dimension of learning is influenced by clinical teaching in medical education: A prospective cohort study. Annals of Medicine and Surgery, 65, 102366. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.102366. DOI: https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.102366
Nazhiroh, S. A., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif E-Komik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 405–411. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.193. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.193
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763. DOI: https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763
Pradiptha, I. P. A., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving Materi Bangun Datar Muatan Matematika Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 27–35. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32788
Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777
Prima Rias Wana. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas V. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 100–107. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.207. DOI: https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.207
Putrawangsa, S. (2018). Desain pembelajaran: Design research sebagai pendekatan desain pembelajaran. CV. Reka Karya Amerta.
Ramadhani, S. P., MS, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Analisis Kebutuhan Desain Pengembangan Model IPA Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1819–1824. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1047. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1047
Riyanto, E., Wibowo, T., Purwoko, R. Y., & Purwaningsih, W. I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Sekolah Dasar Berbasis Etnomatematika Dengan Setting Candi Borobudur. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.37729/jipm.v2i1. DOI: https://doi.org/10.37729/jipm.v2i1
Santika, T. A., Sujana, I. W., & Wiyasa, K. N. (2019). Kontribusi Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Journal of Education Technology, 3(3), 218–228. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21829. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21829
Saputra, I. M. M., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Video Animasi Berbasis Project dalam Muatan Materi Kenampakan Alam Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 10–16. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32843.
Septiana, Y., Ningsih, K., & Yeni, L. F. (2018). Pengembangan Teka-Teki Silang Berbasis Multimedia Interaktif Sebagai Alat Evaluasi Materi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(4), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v7i4.25461.
Sukardi. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Sutisna, U., & Elkarimah, M. F. (2021). Pendampingan pengembangan keterampilan guru Sekolah Dasar dalam soal evaluasi pembelajaran dengan Teka-teki Silang berbasis smartphone. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 15–25. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3249. DOI: https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3249
Syofiani, S., Zaim, M., Ramadhan, S., & Agustina, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Siswa Melalui Pemanfaatan Media Teka-Teki Silang: Menciptakan Kelas yang Menyenangkan. Ta’dib, 21(2), 87–98. https://doi.org/10.31958/jt.v21i2.1232. DOI: https://doi.org/10.31958/jt.v21i2.1232
Tegeh, I. M., & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-Model Desain Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Weng, C., Otanga, S., Weng, A., & Cox, J. (2018). Effects of interactivity in E-textbooks on 7th graders science learning and cognitive load. Computers & Education, 120, 172–184. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.02.008. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.02.008
Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 195–205. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376
Widyatama, P. R., Novitasari, A., Selek, A. S. D., Almaulana, A. W., Agustin, R. N. A., Sholihak, S. M. A., & Ngene, P. K. (2022). Pengembangan Aplikasi Teka-Teki Silang (TTS) Sebagai Alternatif Pembelajaran PPKn Kelas IX Pada Materi Lembaga-Lembaga Negara. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 136–144. https://doi.org/10.36456/p.v2i1.5457. DOI: https://doi.org/10.36456/p.v2i1.5457
Yip, J., Wong, S.-H., Yick, K.-L., Chan, K., & Wong, K.-H. (2019). Improving quality of teaching and learning in classes by using augmented reality video. Computers & Education, 128, 88–101. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.014. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.014
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.