Faktor Penyebab dan Alternatif Solusi Rendahnya Kemampuan Reasoning Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.54954Keywords:
Kemampuan Menalar, Faktor Penyebab dan SolusiAbstract
Kemampuan penalaran (reasoning skill) di sekolah dasar masih tergolong rendah Pola pikir dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar sepatutnya dimulai dari pendidik untuk meningkatkan kemampuan reasoning siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor penyebab rendahnya kemampuan reasoning siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode studi kepustakaan atau literatur review. Metode studi literatur adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelolah bahan penulisan. Studi literatur bisa didapat dari berbagai sumber baik jurnal, buku, dokumentasi, internet dan pustaka. Penelitian ini melakukan pencarian jurnal penelitian yang dipublikasikan di internet menggunakan seach engine ProQuest, PubMed, Research Gate, SagePub dan Schoolar dengan kata kunci self-directed learning, nursing student, nursing education, competency, learning outcome. Hasil analisis dan studi kepustakaanyang dilakukan didapatkan bahwa faktor penyebab rendahnya kemampuan reasioning siswa sekolah dasar adalah motivasi siswa, sikap pendidik, lingkungan, media pembelajaran, postur sekolah dasar yang besar, dan kualitas sarana dan prasarana pendidikan. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah sebagai solusi dalam meningkatkan hasil belajar IPA antara lain kebijakan pemerintah, kurikulum, sumber daya dan tenanga pendidik, kualitas sarana dan prasarana.
References
Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 150. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2910. DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2910
Agustina, M. (2018). Peran Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dalam Pembelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah (MI) / Sekolah Dasar (SD). At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–10. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/110.
Ansor, Z., & Pratiwi, V. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Nurul Huda Gebangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018 Zainur. Bitkom Research, 63(2), 30.
Basuki, S., Rizky, A., & Wicaksono, G. W. (2018). Case Based Reasioning (CBR) for Medical Question Answering System. Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control. https://doi.org/10.22219/kinetik.v3i2.263. DOI: https://doi.org/10.22219/kinetik.v3i2.263
Darmayanti, N. W. S., Wijaya, I., & ... (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa SD Bidang Studi IPA Di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Praktikum Berorientasikan Lingkungan Sekitar Rumah. Jurnal Elementary, 4(2), 142. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.5217. DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.5416
Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., Jain, V., Karjaluoto, H., Kefi, H., Krishen, A. S., Kumar, V., Rahman, M. M., Raman, R., Rauschnabel, P. A., Rowley, J., Salo, J., Tran, G. A., & Wang, Y. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075. DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hamdi, M., & Jannah, L. M. (2020). Metode Penelitian . Universitas Terbuka.
Hasniati, N., Mansyur, M., & Rachmawaty, R. (2017). Hubungan Motivasi Belajar, Gaya Belajar dan Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Soppeng. UNM Journal of Biological Education, 1(1), 15–21. https://doi.org/103.76.50.195/UJBE/article/view/5079.
Hesti, R., Maknun, J., & Feranie, S. (2020). Deskripsi Sikap Peserta Didik terhadap Text Based Analogy dan Conceptual Change Text sebagai Media Pengubahan Konsepsi pada Materi Rangkaian Listrik. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(2), 65.
Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A. S., Loka, C., Goesvita, P. P. I., Aghata, P. S., & Anggraeni, S. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811. DOI: https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811
Khoiruddin, M. (2019). Analisis Sikap dan Minat Peserta Didik Belajar di SMP Muhammadiyah 15 Surabaya. Metafora: Education, Social Sciences and Humanities Journal, 3(1), 36. https://doi.org/10.26740/metafora.v3n1.p35-44. DOI: https://doi.org/10.26740/metafora.v3n1.p35-44
Moè, A., Katz, I., & Alesi, M. (2018). Scaffolding for motivation by parents, and child homework motivations and emotions: Effects of a training programme. British Journal of Educational Psychology, 88(2), 323–344. https://doi.org/10.1111/bjep.12216. DOI: https://doi.org/10.1111/bjep.12216
Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The Development of Gravity Comic Learning Media Based on Gorontalo Culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344
Nurdin, N., Purwosusanto, H., & Djuhartono, T. (2021). Analisis Pengaruh Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Dan Persepsi Siswa Atas Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar. Research and Development Journal of Education, 7(2), 437. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10319. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10319
Pardede, H., Turnip, A. T., Manalu, A., Nagur, M. D., Nababan, T., Fisika, P., Fisika, P., Fisika, P., Fisika, P., & Fisika, P. (2022). Sosiologi. Equilibrium : Jurnal Pendidika, 10(3), 438. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8920. DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8920
Perta, P. A., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENALAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 5E. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.72-81. DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.72-81
Rohmawati, T., Selvia, E., Monica, E., Welizaro, R., & Saputra, H. (2021). Teknologi pemasaran digital untuk branding. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i3.479. DOI: https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i3.479
Samatowa, U. (2018). Education Problems in the Largest Region in Indonesia. 3(10), 47–52.
Sari, R. K., Chan, F., Hayati, D. K., Syaferi, A., & Sa’diah, H. (2021). Analisis Faktor Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran IPA di SD Negeri 80/I Rengas Condong Kecamatan Muara Bulian. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(2), 65. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v1i2.3146. DOI: https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v1i2.3146
Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38. DOI: https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38
Sidik, P., & Madawistama, S. T. (2019). Analisis Sikap Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontruktivitisme. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 475–481.
Siwi, E. F., & Setiawan, Y. (2021). Pengembangan Buku Cegahan IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2220–2230. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1157. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1157
Sládek, P., Milér, T., & Benárová, R. (2011). How to increase students’ interest in science and technology. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.02.024. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.02.024
Solehana, L., Asrori, A., & Usman, A. (2019). The Development of E-Learning Teaching Material Based on Edmodo on Basic Competencies of National Integration at Class X of Senior High School. Journal Of Education, Teaching And Learning, 4(2). https://doi.org/10.26737/jetl.v4i2.1914. DOI: https://doi.org/10.26737/jetl.v4i2.1914
Stellmacher, A., Ohlemann, S., Pfetsch, J., & Ittel, A. (2020). Pre-service teacher career choice motivation: A comparison of vocational education and training teachers and comprehensive school teachers in Germany. International Journal for Research in Vocational Education and Training, 7(2), 214–236. https://doi.org/10.13152/IJRVET.7.2.5. DOI: https://doi.org/10.13152/IJRVET.7.2.5
Tiara Melinda dan Erwin Rahayu Saputra. (2021). Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor di SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 96–101. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.848. DOI: https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.848
Yusdasari, M., Ambarita, A., & ... (2020). Hubungan Lingkungan Belajar Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 3. DOI: https://doi.org/10.33751/jmp.v8i1.1960
Zain, B. P., & Ahmad, R. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3668–3676. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1408. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1408
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.