Meningkatkan Kemampuan Pengetahuan Konseptual pada Siswa Kelas IV SD dengan Menggunakan Aktivitas Pembelajaran Berorientasi Taksonomi Bloom Revisi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57635Keywords:
aktivitas pembelajaran, pengetahuan konseptual, taksonomi bloomAbstract
Kurangnya perencanaan dalam pelakanaan aktivitas pembelajaran mebuat proses pembelajaran menjadi kurang menarik untuk siswa sehingga membuat siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa aktivitas pembelajaran berorientasi taksonomi bloom revisi berpengaruh kepada kemampuan pengetahuan konseptual siswa kelas IV di Gugus IV, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Sedangkan untuk sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Samplangan yang berjumlah 21 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Beng yang berjumlah 16 orang sebagai kelompok kontrol. Data kemampuan pengetahuan konseptual dikumpulkan menggunakan instrumen tes berbentuk uraian. Selanjutnya, dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial (Uji-t). Hasil analisis uji-t independent sample Tes berbantuan SPSS 17.0 for windows diketahui bahwa signifikansi (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan aktivitas pembelajaran berorientasi Taksonomi Bloom Revisi terhadap kemampuan pengetahuan konseptual siswa kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar tahun ajaran 2022/2023.
References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Adams, N. E. (2015). Bloom’s taxonomy of cognitive learning objectives. Journal of the Medical Library Association: JMLA, 103(3), 152. https://doi.org/10.3163/1536-5050.103.3.010. DOI: https://doi.org/10.3163/1536-5050.103.3.010
Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Arviani, I., & Fajriyah, K. (2018). Keefektifan Model Show and Tell untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Siswa Kelas V SD Negeri Babalan. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 1. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i1.1877. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i1.1877
Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017
Barari, N., RezaeiZadeh, M., Khorasani, A., & Alami, F. (2022). Designing and validating educational standards for E-teaching in virtual learning environments (VLEs), based on revised Bloom’s taxonomy. Interactive Learning Environments, 30(9), 1640–1652. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1739078. DOI: https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1739078
Budi, E. N. (2017). Penerapan pembelajaran virtual class pada materi teks eksplanasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS 2 SMA 1 Kudus tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 62–75. https://doi.org/10.2317/jpis.v27i2.5720.
Dewi, N. L., Muttaqin, A. I., & Muftiyah, A. (2019). Implementasi Strategi Information Search Dengan Memaksimalkan Penggunaan Smartphone Dalam Pembelajaran Pai Kelas X Mipa 1 Di Sma Negeri 1 Genteng Tahun Pelajaran 2018/2019. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 171. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i2.266. DOI: https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i2.266
Domingo, J. G., Ibañez, E. D., Subia, G., Pentang, J., Pascual, L. E., Mina, J. C., & Liangco, M. M. (2021). Cognitive Skills Achievement in Mathematics of the Elementary Pre-Service Teachers Using Piaget’s Seven Logical Operations. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(4), 435–440. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i4.524. DOI: https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i4.524
Febiani, M., & Nisa, A. N. S. (2021). Analisis Aktivitas Pembelajaran IPS Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Peserta Didik SMP Di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 6(1), 72–79. https://doi.org/10.15294/harmony.v6i1.41826. DOI: https://doi.org/10.15294/harmony.v6i1.41826
Fiteriani, I., & Baharudin. (2017). Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Yang Berkombinasipada Materi Ipa Di Min Bandar Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 1–30. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i2.2224.
Fitri Wahyuni, & Binti Maunah. (2021). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2), 141–162. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.51. DOI: https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.51
Fitriasari, Maifa, T. S., & Bete, H. (2017). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 57–69. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1441. DOI: https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1441
Huda, I. A. (2020). Irkham Abdaul Huda,Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar,Jurnal Pendidikan dan Konseling,Vol2No1,2020:hal121. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.622. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622
Irawan, A. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Penilaian Kinerja Guru (PKG) Di SDN 01 Sumber Rejeki Mataram Bandar Mataram. DIMAR: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 3(2). https://doi.org/10.58577/dimar.v3i2.78.
Jampel, I. N., & Puspita, K. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual. International Journal of Elementary Education, 1(3), 197. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.10156. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.10156
Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah, 3(2), 137–154. https://doi.org/10.51476/dirasah.v3i02.194.
Koten, F. P. N., Jufriansah, A., & Hikmatiar, H. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Whatsapp sebagai Media Informasi dalam Pembelajaran: Literature Review. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(1), 72–84. https://doi.org/10.37640/jip.v14i1.1409. DOI: https://doi.org/10.37640/jip.v14i1.1409
Malik, A., Zulfahmi, Z., & Frasandy, R. N. (2022). Implementasi Model Multiliterasi Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas V SDN 27 Sago. Journal Cerdas Mahasiswa, 4(2), 40–52. https://doi.org/10.15548/jcm.v4i2.4781.
Marpaung, J. N., & Cendana, W. (2020). Keterampilan menjelaskan guru untuk membangun minat keterlibatan siswa dalam pembelajaran online. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.241.
Melani, S., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas V Sdn Sudimara 13 Ciledug Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 6–15. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.42. DOI: https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.42
Murtafiah, N. H. (2022). Manajemen Pengendalian Kinerja Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9004.
Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94–111. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274
Netriwati, N. (2018). Penerapan Taksonomi Bloom revisi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 347–352. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3238. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3238
Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Development Of Student Worksheet Based On Higher Order Thinking Skill (Hots ). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(2), 168–176. https://doi.org/10.24042/IJSME.V2I2.4342. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342
Oktariani, O. (2018). Peranan self efficacy dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 45–54. https://doi.org/10.22303/kognisi.3.1.2018.41-50.
Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111
Rahmah, N. L. (2022). Analisis gaya belajar siswa pada pebelajaran IPA kelas IV SD. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(1), 9–14. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i1.96. DOI: https://doi.org/10.55904/nautical.v1i1.96
Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Ritonga, S., & Rambe, R. N. (2022). Penggunaan Media Big Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1266–1272. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3129. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3129
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638. DOI: https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638
Saptaria, L., & Setyawan, W. H. (2021). Desain Pembelajaran Technopreneurship Untuk Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Uniska Kediri. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 77–89. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.880. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.880
Sirait, R., & Neliwati. (2022). Peranan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Iklim Kompetitif. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 18–31. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v9i1.6232. DOI: https://doi.org/10.32678/geneologipai.v9i1.6232
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Alfabeta.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(1). https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175. DOI: https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Syamsul, H. (2017). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (Smp). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 275–289. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4271. DOI: https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4271
Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif solusi model pembelajaran untuk mengatasi resiko penurunan capaian belajar dalam pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemic covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80–90. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272. DOI: https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272
Trinova, Z. (2013). Pembelajaran berbasis student-centered learning pada materi pendidikan agama islam. Al-Ta Lim Journal, 20(1), 324–335. https://doi.org/10.15548/jt.v20i1.28. DOI: https://doi.org/10.15548/jt.v20i1.28
Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS) berorientasi programme for international student asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069. DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069
Utomo, I. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Menjahit Lengan Tulip Siswa Kelas X Tata Busana Di SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Jurnal Fesyen: Pendidikan Dan Teknologi, 10(1). https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i1.17232.
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147–157. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154
Widiantono, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 199. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p199-213. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p199-213
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563
Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 157–170. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.884. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.884
Zulfahmi, M. N., Shofiyuddin, M., Subaidi, H., Putri, A. R., & Wiranti, D. A. (2021). Kisi-kisi praktis menulis buku ajar. UNISNU Press.
Zulfakar, Z., Lian, B., & Fitria, H. (2020). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 230. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3833. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3833
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.