Media AEILDS GeoApp Berbantuan Lectora Inspire untuk Kajian Bencana Tanah Longsor
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.62424Keywords:
ADDIE, Lectora Inspire, Kajian Tanah LongsorAbstract
Tuntutan pembelajaran abad 21 mengharuskan guru dan siswa memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran geografi. Pengimplementasian teknologi melalui penggunaan media pembelajaran mendukung siswa memahami materi geografi yang bersifat kompleks dan konstektual salah satunya yaitu kajian bencana tanah longsor yang tidak banyak memiliki dukungan media yang menarik. Perlunya dukungan media didasarkan atas kesulitan pemahaman siswa terhadap kajian bencana tanah longsor. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan menganalisis tingkat kelayakan media AEILDS GeoApp berbantuan Lectora Inspire untuk kajian tanah longsor. Metode penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa XI IPS 2 dan 2 guru geografi SMAN 8 Malang. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif melalui analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan AEILDS GeoApp memperoleh skor persentase validasi ahli media 83,93% dan validasi ahli materi 94,23% serta skor persentase sebesar 89,38% pada responden guru dan 85,42% pada responden siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa AEILDS GeoApp memperoleh kriteria A pada uji kevalidan dan kelayakan. Media hasil pengembangan mampu menarik perhatian siswa khususnya pada aspek desain dan komplektisitas sajiannya sehingga dapat diimplementasikan dalam pembelajaran geografi pada materi pokok mitigasi bencana alam.
References
Amani, M., Ghorbanian, A., Ahmadi, S. A., Kakooei, M., Moghimi, A., Mirmazloumi, S. M., … Brisco, B. (2020). Google Earth Engine Cloud Computing Platform for Remote Sensing Big Data Applications: A Comprehensive Review. IEEE Journal of Selected Topics in Applied Earth Observations and Remote Sensing, 13, 5326–5350. https://doi.org/10.1109/JSTARS.2020.3021052.
Arikunto, S. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Astuti, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Pada Sekolah Dasar, 12.
Bagoly-Simó, P., Hartmann, J., & Reinke, V. (2020). School Geography under COVID-19: Geographical Knowledge in the German Formal Education. Tijdschrift Voor Economische En Sociale Geografie, 111(3), 224–238. https://doi.org/10.1111/tesg.12452.
Bednarz, R., & Lee, J. (2019). What improves spatial thinking? Evidence from the Spatial Thinking Abilities Test. International Research in Geographical and Environmental Education, 28(4), 262–280. https://doi.org/10.1080/10382046.2019.1626124.
Bondarenko, O. V., Mantulenko, S. V., & Pikilnyak, A. V. (2018). Google classroom as a tool of support of blended learning for geography students. CEUR Workshop Proceedings, 2257, 182–191. https://doi.org/10.31812/pedag.v51i0.3671.
Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018). Contextual approach using VBA learning media to improve students’ mathematical displacement and disposition ability. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012025.
Collins, L. (2018). The Impact of Paper Versus Digital Map Technology on Students’ Spatial Thinking Skill Acquisition. Journal of Geography, 117(4), 137–152. https://doi.org/10.1080/00221341.2017.1374990.
Dahlia, D., Rianto, S., & Yuherman, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMAN 1 Padang Sago. Jambura Geo Education Journal, 3(2), 106–113. https://doi.org/10.34312/jgej.v3i2.16098.
Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 63–70.
Efriana, L. (2021). Problems of Online Learning during Covid-19 Pandemic in EFL Classroom and the Solution. JELITA: Journal of English Language Teaching and Literature, 2(1), 2721–1916.
Fitrotiha, T. A. I., Handini, O., & Restuningsih, A. (2023). Pengaruh Media Google Earth Terhadap Materi Tata Letak Dan Denah Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 02 Papahan Tasikmadu Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal on Education, 5(4), 13816–13828. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2394.
Hanafi, Y., Murtadho, N. M., Ikhsan, A., & Diyana, T. N. (2020). Reinforcing public university student’s worship education by developing and implementing mobile-learning management system in the ADDIE instructional design model. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(2), 215–241. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i02.11380.
Hsu, H. P., Tsai, B. W., & Chen, C. M. (2018). Teaching Topographic Map Skills and Geomorphology Concepts with Google Earth in a One-Computer Classroom. Journal of Geography, 117(1), 29–39. https://doi.org/10.1080/00221341.2017.1346138.
Irsan, I., Mailani, E., Ananda, L. J., & Nainggolan, F. L. (2022). Learning Media Development Using the Lectora Inspire Application Refers to the 2013 Curriculum for Elementary School Students. In Proceedings of the 3rd International Conference of Science Education in Industrial Revolution (Vol. 4, p. 254).
Istiana, I., & Aji, A. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan Mitigasi Bencana Tanah Longsor Oleh Bpbd Dan Mdmc Kabupaten Wonosobo Melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Sd Muhammadiyah Tieng Kejajar. Edu Geography, 10(1), 39–51. https://doi.org/10.15294/edugeo.v10i1.56433.
Kukulska-Hulme, A., & Viberg, O. (2018). Mobile collaborative language learning: State of the art. British Journal of Educational Technology, 49(2), 207–218. https://doi.org/10.1111/bjet.12580.
Lestari, W. W., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Geography Critical Game Berbasis Komputer Dalam Pembelajaran Geografi SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1265–1269.
Lukman, I., Silalahi, A., Silaban, S., & Nurfajriani. (2022). Interactive learning media innovation using lectora inspire solubility and solubility product materials. Journal of Physics: Conference Series, 2193(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2193/1/012067.
M Abi Hamid, Ramadhani R, Masrul, Juliana, Safitri M, Munsarif M, … Simarmata J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Mahmudah, A., & Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Smk Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 97–111. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26515.
Nirfayanti, & Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59.
Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 03, 171–187.
Otoluwa, Y., Eraku, S., & Yusuf, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Yang Diintegrasikan Dengan Camtasia Studio Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sistem Informasi Geografi. Jambura Geo Education Journal, 1(1), 01–08. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i1.4041.
Pranata, W., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2021). Buku Suplemen Geografi Berstruktur A-CAR dengan Model Pengembangan ADDIE. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 185. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14441.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.
RAWA, C. G. (2022). Pengambangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Aplikasi Android pada Materi Dinamika Atmosfer Siswa SMA/MA. Universitas Jember.
Ronggowulan, L. (2018). Pembelajaran Kontekstual Learning dalam Strategi Adaptasi Masyarakat Terhadap Bencana Abrasi Pada Materi Mitigasi Bencana di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Kragan. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 3(2), 199–210.
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548.
Shalikhah, N. D., Primadewi, A., & Iman, M. S. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora inspire. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 237. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2583.
Sitompul, J. (2020). Student Perceptions of the Use of Android-Based Learning Media in the Production Ecrite Intermediaire Course. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 616–624. https://doi.org/10.33258/birle.v3i1.859.
Suartama, I. K., Setyosari, P., Sulthoni, & Ulfa, S. (2019). Development of an instructional design model for mobile blended learning in higher education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(16), 4–22. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i16.10633.
Subarno, & Paryanto. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Mengasah End Mill Di Smk N 2 Yogyakarta Development of Macromedia Flash Instructional Media Sharpening End. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 6(2), 103–110.
Suharini, E., Ariyadi, M. H., & Kurniawan, E. (2020). Google earth pro as a learning media for mitigation and adaptation of landslide disaster. International Journal of Information and Education Technology, 10(11), 820–825. https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.11.1464.
Syofniati, S. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Geografi (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas Xi Ips 4 Sma Negeri 4 Pekanbaru). JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 6(1).
Tamiminia, H., Salehi, B., Mahdianpari, M., Quackenbush, L., Adeli, S., & Brisco, B. (2020). Google Earth Engine for geo-big data applications: A meta-analysis and systematic review. ISPRS Journal of Photogrammetry and Remote Sensing, 164(May), 152–170. https://doi.org/10.1016/j.isprsjprs.2020.04.001.
Widoyoko, E. P. (2016). Teknik teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yarso, K., Tampubolon, B., & Sugiarto, A. (2019). Pengaruh Video Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(6). https://doi.org/10.26418/jppk.v8i6.33636.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Navisa Dinni Auliya, Heni Masruroh, Sumarmi, Sugeng Utaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.