Strategi Peningkatan Kecerdasan Emosional Warga Negara untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Authors

  • Aisya Rahma Fitri Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Dadang Sundawa Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Dasim Budimansyah Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.62630

Keywords:

Kecerdasan emosional, Revolusi Industri 4.0, Kualitas Pendidikan

Abstract

Pada era transformasi revolusi industri 4.0, individu dituntut untuk bisa melakukan perubahan dan mengambil keputusan secara cepat. Untuk mengantisipasi berbagai problematika kehidupan, perlu adanya upaya dalam peningkatan kecerdasan emosional warga negara dalam rangka menghadapi revolusi industri 4.0 dan mencapai pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi peningkatan kecerdasan emosional warga negara untuk menghadapi revolusi industri 4.0 dan mencapai pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan studi literatur, desain penelitian narrative review, dan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merujuk pada artikel-artikel pada jurnal nasional, jurnal internasional, buku dan tesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional warga negara ini sangat diperlukan dalam menghadapi transformasi revolusi industri 4.0 dan mencapai pendidikan yang berkualitas. Metode yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan kecerdasan emosi anak, seperti: menerapkan pola pengasuhan yang baik, memberikan perhatian di setiap tahap perkembangan kecerdasan emosi, melatih anak agar dapat mengenali emosi dan memanajemennya dengan tepat. Metode guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik, yaitu dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler dan mengadakan kegiatan yang diorganisasikan dan sifatnya holistik (menyeluruh).

References

Agustini, N. K., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2019). Korelasi Antara Kecerdasan Emosional dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17620.

Andesta, D. (2021). Analisis kebutuhan anak usia dasar dan Implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 82–97. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2269.

Anggraini, V. (2021). Stimulasi Kecerdasan Logika Matematika Melalui Media Animasi Lagu Berbasis Tematik Pada Masa Pandemic Covid-19 Di Kota Bukit Tinggi. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 106. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v7i1.7258.

Anisah, A. S., & Suntara, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Debate Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1). https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.907.

Aqillamaba, K., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2). https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2162.

Ardian, A., Purwanto, S., & Alfarisi, D. S. (2019). Hubungan prestasi belajar siswa kelas khusus olahraga dengan kecerdasan emosional. Jurnal Keolahragaan, 7(2), 126–134. https://doi.org/10.21831/jk.v7i2.28103.

Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043.

Ayu, S., & Dwi., M. F. (2019). Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di Sd Takhassus Alquran Kalibeber Wonosobo. Jurnal Abdau., 2(1), 101–114. https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.27.

Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.

Handayani, S. W., Masfuah, S., & Fardani, M. A. (2021). Kecerdasan Emosional Anak Sekolah Dasar Saat Pembelajaran Daring. JPPP: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 446–456. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.32250.

Herlianto, J. I., Suwatno, S., & Herlina, H. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Smk Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 1 Ciamis. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 70. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9762.

Herlina, L., & Suwatno, S. (2018). Kecerdasan Intelektual Dan Minat Belajar Sebagai Determinan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11771.

Ismail, S., Suhana, & Hadiana, E. (2020). Kompetensi Guru Zaman Now dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(2). https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.8659.

Jaelani, A. Q., & Ilham, L. (2019). Strategi Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa. Komunika: Jurnal Dakwal Dan Komunikasi, 13(1). https://doi.org/10.24090/komunika.v13i1.2056.

Khonitan, D., & Utami, B. N. (2019). Motivasi Generasi Muda Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Melalui Pendidikan Bidang Pertanian Di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Malang. Jurnal Sains Psikologi, 8(1), 162-17 0. https://doi.org/10.17977/um023v8i12019p162.

Ladjar, M. A. B., Juliantine, T., & Mulyana. (2018). Pengaruh Model Problem-Based Learning dan Discovery Learning serta Kecerdasan Intelektual terhadap Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.9837.

Maemunawati, S. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19 (1st ed.). Banten: 3M Media Karya.

Maghfiroh, W., & Putri Mahanani, N. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(7), 552–562. https://doi.org/10.17977/um065v1i72021p552-562.

Muali, C., & Fatmawati, S. (2022). Peran Orang Tua Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak; Analisis Faktor dan Strategi dalam Perspektif Islam. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2). https://doi.org/10.53802/fitrah.v3i2.135.

Muhardinsyah, Helminsyah, & Subhananto, A. (2020). Analisis Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd Negeri 46 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1). Retrieved from https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/85.

Mulyani, E. R., Masrul, & Astuti. (2021). Analisis Perhatian Orang Tua terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 261–266.

Nurdiansyah, E. (2016). Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Dampak Negatif Jejaring Sosial Dan Kemampuan Berpikir Divergen Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3). https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3216.

Nurhayati, L., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2021). Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Bangun Datar di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(2). https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36919.

Oktariyanti, D., Friman, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1252–1258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490.

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136.

Purnamayani, A. D., Suwatra, I. I. W., & Wibawa, I. M. C. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Leadership Skill Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa Kelas V. JIPPG: Jurnal Ilmu Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 269–281. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28412.

Rahayu, M., Yuniarsih, T., Disman, Sojanah, J., Nusannas, I. S., & Mutmainnah, D. (2020). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru pada Man 1 Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Visipena, 11(1), 99–115. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1216.

Rastal, J., F, A., Faiz, A., & Septiani, L. (2022). Penggunaan Media Quiziz Sebagai Sarana Pengembangan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 201–210. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1804.

Riyanto, P., & Mudian, D. (2019). Pengaruh Aktivitas Fisik Terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosi Siswa. Journal Sport Area, 4(2). https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(2).3801.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638.

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48.

Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980.

Sumar, W. T. (2018). Implementasi Kompetensi Guru Mengelola Kurikulum K13 Dalam Pembelajaran Tematik Di Sdn Se Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Pedagogika, 9(1), 71–87. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.28.

Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413.

Utari, L., Kurniawan, & Fathurrochman, I. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1), 75–89. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1304.

Widyaningsih, N. P. A., & Ganing, I. N. (2021). Kelayakan Media Komik Berorientasi Pendekatan Konstruktivisme Muatan IPA Daur Hidup Hewan di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 90. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32534.

Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 90. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121.

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Fitri, A. R. ., Sundawa, D., & Budimansyah, D. (2023). Strategi Peningkatan Kecerdasan Emosional Warga Negara untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 387–398. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.62630

Issue

Section

Articles