Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berpendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Geografi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.64141Keywords:
e-LKPD, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, GeografiAbstract
Era new normal dan tuntutan Kurikulum 2013 menuntut adanya perangkat pembelajaran untuk menunjang proses belajar mengajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu: analyze, design, development, implementation and evaluation. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang ahli (materi, media dan desain pembelajaran), 2 orang praktisi (guru geografi kelas XI), dan 64 orang. Instrumen penelitian mencakup lembar penilaian media, desain pembelajaran yang ditujukan untuk penilai ahli, kuesioner kepraktisan untuk guru dan tes hasil belajar untuk siswa. Analisis data dilakukan dengan metode statistik deskriptif untuk uji validitas dan kepraktisan, sedangkan statistik inferensial dengan uji t untuk uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan terkategori sangat valid, sangat praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini berimplikasi pada diarahkannya guru-guru untuk menggunakan e-LKPD dalam mata pelajaran Geografi untuk meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran. Selain itu juga sebagai rujukan bagi pengambil kebijakan dalam pendidikan khususnya di era new normal ini.
References
Adifta, E. D., Murni, A., & Roza, Y. (2022). Desain Perangkat Pembelajaran Daring Menggunakna Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEAM pada Materi Barisan dan Deret. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 98–105. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54346.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing; A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. Addison Wesley Longman.
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389.
Arikunto, S. (2012). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Rineka Cipta.
Awe, E. Y., & Ende. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SDI Rutosoro Di Kabupaten Ngada. Jurnal DIDIKA, 5(2), 48–61. https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1782.
Chandio, M. T., Pandhiani, S. M., & Iqbal, R. (2016). Bloom’s taxonomy: improving assessment and teaching-learning process. Journal of Education and Educational Development, 4(1), 94–110. http://jmsnew.iobmresearch.com/index.php/joeed/article/view/194.
Christiana, L. (2021). Pemanfaatan Google Jamboard Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Kimia Materi Senyawa Hidrokarbon. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(2), 124–131. https://doi.org/10.51878/science.v1i2.423.
Delima, V., & Sariani, N. (2021). Pengembangan Lks Berbasis Pendidikan Karakter Materi Mitigasi Bencana Kelas Xi Sma Panca Setya. Jurnal Pendidikan Geografi Dan Pariwisata, 1(1), 40–46. https://jurnal.fipps.ikippgriptk.ac.id/index.php/GEOGRAFI/article/view/16.
Diani, D. R., & Nurhayati, D. S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 7(2). https://doi.org/10.20961/basastra.v7i2.37800.
Falahudin, I. (2017). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117. https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf.
Febriyanti, E., Dewi, F., & Afrida. (2017). Pengembangan e-LKPD berbasis Problem Solving pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMAN 2 Kota Jambi. Jurnal Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 3200–3206. https://repository.unja.ac.id/2742.
Fithriyah, L., & Utami, W. S. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa SMA Pada Pembelajaran Geografi Kelas XI IPS. Swara Bhumi, 5(9), 1–8. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpk/article/view/8140.
Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524.
Fitria, R., & Suparman. (2019). Telaah Kebutuhan E-LKPD Penunjang Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Sendika, 5(1), 269–272. https://educaniora.org/index.php/ec/article/view/1.
Hamidah, N., Widyastuti, R., & Netriwati. (2020). Aplikasi Construct 2 Pengembangan E-LKPD dengan Berbasis STEM. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(03), 63–73. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/matematika/article/view/247.
Hari Utomo, D., Nyoman Ruja, I., Artikel Abstrak, I., & Pendidikan Geografi, S. (2018). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, 3(4), 475–479. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10748.
Hasanah, V., & Supriansyah, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) Berbantu Media Audio Visual Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6893–6899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3411.
Hervi, F., & Ristiono, R. (2021). Modul Elektronik (E-Modul) IPA Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) mengenai Materi Sistem Reproduksi pada Manusia. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 370–377. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.35425.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 221–225. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262.
Indriani, S., & Hartono, D. P. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Solving Pada Materi Litosfer Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Tebing Tinggi. Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 6(1), 14–21. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v6i1.4985.
Irawan, A., & Febriyanti, C. (2017). Penerapan strategi pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 9–17. https://doi.org/10.17977/jip.v22i1.8639.
Julian, R., & Suparman. (2019). Analisis kebutuhan E-LKPD Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. Science, Technology, Engineering, Economics, Education, and Mathematics, 1(1). http://seminar.uad.ac.id/index.php/STEEEM/article/view/2802.
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193.
Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345.
Lestari, K. (2020). Evaluasi Keterlaksanaan Pembelajaran Geografi Berbasis Sistem Kredit Semester (Sks) Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2019-2020. Swara Bhumi, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.227.
Maghfiroh, A. Z., & Utami, W. S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Geografi pada KD 3.6 Keragaman Budaya Indonesia untuk Kelas XI SMA. Swara Bhumi, V(3), 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/31426.
Mane, A., & Surdin. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Di SMA Negeri 1 Mawasangka. Jurnal Penelitian Pendidikan Geograsi, 1, 420. http://sikola.ppj.unp.ac.id/index.php/sikola/article/view/130.
McCrudden, M. T., & Rapp, D. N. (2017). How Visual Displays Affect Cognitive Processing. Educational Psychology Review, 29, 623–639. https://doi.org/10.1007/s10648-015-9342-2.
Munawwarah, R. Al. (2019). Sparkol videoscribe sebagai media pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430–437. https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.12412.
Nabela, N. W., & Bayu, G. W. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Flip Book Berbasis Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 342–352. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.48605.
Nufus, I. A. K., Rahman, N. A., & Marthinu, E. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Ternate. Pangea: Wahana Informasi Pengembangan Profesi Dan Ilmu Geografi, 1(2), 74–84. https://doi.org/10.33387/pangea.v1i02.1483.
Pebriani, F., & Vinayastri, A. (2022). Pop-up Storybook Media Development for Cultivating Peace-loving Characters in Early Childhood Article Info. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 134–146. https://doi.org/10.17509/ebj.v4i2.48307.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Rachmasari, M., Serevina, V., & Budi, A. S. (2019). Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Seminar Nasional Fisika. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.28.
Rochman JK, A. kus. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Inkuiri Pada Submateri Fotosintesis Untukmeningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. BioEdu. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3), 663–673. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p663-673.
Rohayati, S., Ali, M., & Subhani, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Ekopedagogi untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 6(2), 209–219. https://doi.org/10.29408/geodika.v6i2.6464.
Rohita, R., Fitria, N., Bustan, R., & Haryadi, D. (2018). Teacher’s Understanding of the Scientific Approach in the 2013 Curriculum for Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 235. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.105.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Rutta, C. B., Schiavo, G., Zancanaro, M., & Rubegni, E. (2021). Comic-based Digital Storytelling for Content and Language Integrated Learning. Educational Media International, 58(1), 21–36. https://doi.org/10.1080/09523987.2021.1908499.
Sari, L. Y., & Susanti, D. (2016). Uji Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi konstruktivisme pada Materi Neurulasi untuk Perkuliahan Perkembangan Hewan. BioCONCETTA: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(1), 1689–1699. https://core.ac.uk/download/pdf/229191294.pdf.
Sari, R. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan Semester Gasal Kelas XI OTKP di SMK YPM 3 Taman. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 440–448. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p440-448.
Septiarini, A., & Puspasari, D. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis HOTS dan Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan Kelas XII OTKP Semester Gasal di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1). https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p9-21.
Sharah, A., & Astawa, I. B. M. (2018). Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Negeri di Kota Singaraja. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jjpg.v6i2.20684.
Sundari, I. M., & Nugraha, J. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas XI Di Smk Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 6(2), 312–320. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p312-320.
Surdin, S., & Alit, A. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Siompu. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 4(2), 77–91. https://doi.org/10.33366/jc.v11i1.4550.
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233.
Suttrisno, S., & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) Untuk Siswa Kelas Awal. In Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 8, Issue 2, pp. 83–91). https://doi.org/10.21093/twt.v8i2.3303.
Tanjung, R., & Aritonang, H. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatn Peserta Didik (LKPD) Berbasis Virtual Laboratorium pada Materi Optik. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 7(4), 1–13. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43853.
Usra, R. H., & Nofrion. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Web pada Pembelajaran Geografi di SMA N 2 Padang. Jurnal Buana, 2(1), 238–249. https://doi.org/10.24036/student.v2i1.
Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126–138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Devi Ni Made Devi Andriani Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.