Model Pembelajaran Story Telling Berbantuan Buku Cerita Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.64760Keywords:
Model Story Telling, Buku Cerita, Keterampilan BerbicaraAbstract
Masih terdapat siswa yang merasa canggung dan kesulitan apabila diminta untuk mengungkapkan pendapat secara lisan. Rendahnya keterampilan berbicara siswa yang disebabkan oleh peserta didik yang pasif saat mengikuti pelajaran serta model pembelajaran yang digunakan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran story telling berbantuan buku cerita terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 179 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah metode tes, tes yang digunakan berupa tes kinerja. Data posttest keterampilan berbicara dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t) dengan rumus polled varians. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung 3,29 dan ttabel 2,00 pada taraf signifikansi 5% dengan dk 54, karena thitung lebih kecil dari ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran story telling berbantuan buku cerita berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD. Implikasi penelitian ini model pembelajaran story telling dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
References
Aditya Dharma, I. M. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321.
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Aspiana, A., Gunayasa, I. B. K., & Tahir, M. (2021). Pengaruh Metode Story Telling Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Gugus III Jonggat Tahun Pelajaran 2020/2021. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 173–181. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/36.
Ben-Ahmed, H. E. (2023). Nurturing caring pedagogical relationships through a digital storytelling approach: New avenues for educators. Teaching and Learning in Nursing, 18(4), 496–499. https://doi.org/10.1016/j.teln.2023.05.009.
Diantari, N. M. E., & Tirtayani, L. A. (2020). Motivation for Learning English Early Childhood Through Storytelling Method Using e-Big Book Media. Journal of Education Technology, 4(2), 211–217. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25155.
Febiyanti, D., Wibawa, I. M. C., & Arini, N. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh terhadap Keterampilan Berbicara. Mimbar Ilmu, 25(2), 282–294. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26620.
Hayati, D. J., & Suparno, S. (2020). Efektivitas Buku Cerita Bergambar pada Keberhasilan Toilet Training Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Obsesi, 4(2), 1041 – 1050. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.498.
Isik, M. A. (2016). The Impact of Storytelling on Young Ages. European Journal of Language and Literature, 6(1), 115. https://doi.org/10.26417/ejls.v6i1.p115-118
Khairoes, D., & Taufina, T. (2019). Penerapan Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1038–1046. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.220.
Kristiana, A. A. I. D. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26388.
Lenhart, J., Lenhard, W., Vaahtoranta, E., & Suggate, S. (2020). More than words: Narrator engagement during storytelling increases children’s word learning, story comprehension, and on-task behavior. Early Childhood Research Quarterly, 51, 338–351. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2019.12.009.
Lestari, B., & Mustadi, A. (2020). Animated video media vs comic on storytelling skills for fifth-grader: Which one is more effective? Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 167–182. https://doi.org/10.17478/jegys.664119.
Lestari, D., Pratiwi, A. S., & Sunanih, S. (2020). Metode Pembelajaran Paired Storytelling Berbantuan Pop-Up Book Efektif Meningkatkan Keterampilan Bercerita. Mimbar Ilmu, 25(3), 440–448. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28914.
Li, Y., Wang, Y., Lee, Y., Chen, H., Petri, A. N., & Cha, T. (2023). Teaching Data Science through Storytelling: Improving Undergraduate Data Literacy. Thinking Skills and Creativity, 48, 101311. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101311.
Mardhotillah, S., Surya, Y. F., & Zulfah, Z. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Story Telling untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis karangan Narasi Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 262–269. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1229.
Masuram, J., & Sripada, P. N. (2020). Developing Speaking Skills Through Task-based Materials. Procedia Computer Science, 172, 60–65. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.009.
Mora, P. A. F., & Coyle, Y. (2023). Storytelling in EFL primary education: Defining a sociocritical and participatory model with pre-service teachers. Thinking Skills and Creativity, 49, 101360. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101360.
Nadhiroh, U. (2023). Analisis Metode Resitasi Bercerita Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar pada Materi Meneladani Kisah Ashabul Kahfi. Journal of Education Action Research, 7(2). https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.54627.
Pebri, Tegeh, & Rahayu. (2017). Efektivitas Metode Bercerita Dengan Media Boneka Wayang Terhadap Kemampuan Bercakap-Cakap Anak Kelompok B Di TK Widya Sesana Sangsit 2016/2017. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(3), 336–347. https://doi.org/10.23887/paud.v5i1.11557.
Pitura, J. (2022). Developing L2 speaking skills in English-medium EFL higher education. Innovation in Language Learning and Teaching, 16(2), 118–143. https://doi.org/10.1080/17501229.2021.1884688.
Rahayuningsih, S. (2020). Animation media of animal husbandry thematic science learning to stimulate scientific attitude in early childhood. International Journal of Scientific and Technology Research. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959.
Riwayati Zein, Z., & Vivi Puspita, P. (2021). Model Bercerita untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1199–1208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.581.
Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256.
Sukmadewi, P. U., & Ganing, N. N. (2020). Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Buku Cergam terhadap Keterampilan Berbicara. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 309–318. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27281.
Suriani, A., Chandra, C., Sukma, E., & Habibi, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 800–807. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.832.
Syafii, M. L., Santoso, S., & Hartono, S. (2021). Story-telling technique utilizing puppets to enhance the learners‟ speaking competence. International Journal on Social and Education Sciences (IJonSES), 3(2), 304–341. https://doi.org/10.46328/ijonses.70.
Syamsiyah, N., & Hardiyana, A. (2021). Implementasi Metode Bercerita sebagai Alternatif Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1197–1211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1751.
Wahyuni, W. D., Suhartono, E., & Al Atok, A. R. (2022). Peningkatan Kemampuan Berbicara di Depan Kelas Melalui Model Pembelajaran Storytelling. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 538–544. https://doi.org/10.17977/um019v6i2p%25p.
Yolanda, S., Winarni, R., & Yulisetiani, S. (2022). The New Way Improve Learners’ Speaking Skills: Picture and Picture Learning Media Based on Articulate Storyline. Journal of Education Technology, 6(1), 173–181. https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.4.
Zuraidah, S., Syamsi, K., & Ashadi, A. (2020). Improving the story-telling skill of grade 1 students through the use of hand puppet media. Jurnal Prima Edukasia, 8(2), 166–176. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i2.33831.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Made Widiantari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.