E-LKPD Berbasis Problem Solving dengan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.66459Keywords:
E-LKPD, Problem Solving, Pembelajaran Kontekstual, IPA, Sekolah DasarAbstract
Kurangnya bahan ajar menyebabkan kemampuan berpikir rendah, sehingga tidak terasahnya kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan E-LKPD berbasis problem solving dengan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA Kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode R&D (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dan pengembangan ini divalidasi oleh satu ahli materi IPA, satu ahli media, satu ahli pedagogik, satu guru dan 30 siswa kelas V SD. Produk ini memenuhi nilai kelayakan. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh persentase 90%, hasil validasi oleh ahli media meperoleh persentase 96%, hasil validasi ahli pedagogik memperoleh persentase 93%, hasil validasi oleh guru memperolah persentase 97% dan implementasi pada siswa kelas V memperoleh persentase 80%. Hasil Uji Non Parametik (Uji Mann Whitney) mendapatkan hasil data dengan Asymp. Sig. (2-tailed) <,001 yang dimana dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai kemampuan pemecahan masalah antara siswa kelas 5A yang menggunakan E-LKPD yang dengan siswa kelas 5B yang menggunakan LKPD biasa yang digunaan di sekolah.
References
Aminuyati. (2018). Model Problem Solving dengan Pendekatan Kontekstual untuk Melahirkan Kemampuan Berpikir pada Mata Pelajaran Ekonomi. Cakrawala Kependidikan.
Aprilda, N. M. M., Kusmana, A., & Rustam. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan CTL pada Materi Teks Hasil Laporan Observasi Kelas X SMA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 434–442. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.41097.
Ari, N. L. P. M., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 189–197. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19389.
Augustha, A., Susilawati, S., & Haryati, S. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended Pada Materi Kesetimbangan Ion Dan Ph Larutan Garam Untuk Kelas XI SMA/MA Sederajat. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 28. https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6485.
BAN S/M. (2006). Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ekonomi Untuk SMA/MA. Pusat Kurikulum Balitbang.
Dasmasela, F. X., Winingsih, P. H., & Saputro, H. (2021). Development of Electronic Student Worksheets (E-LKPD) Based on Problem Based Learning in Basic Discussion of Temperature and Health Class XI. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 8(3), 28–33. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i9.4144.
Dewi, N. P. D. M., & Agustika, G. N. S. (2022). E-LKPD Interaktif berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350.
Diantari, N. M. E., & Tirtayani, L. A. (2020). Motivation for Learning English Early Childhood Through Storytelling Method Using e-Big Book Media. Journal of Education Technology, 4(2), 211–217. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25155.
Friska, S. Y., Nanda, D. W., & Husna, M. (2022). Pengembangan e-LKPD dengan 3D Pageflip Professional Berbasis Problem Solving pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3200–3206. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1685.
Hidayat, T., Susilaningsih, E., & Kurniawan, C. (2018). The Effectiveness of Enrichment Test Instruments Design to Measure Students’ Creative Thinking Skills and Problem-Solving. Thinking Skills and Creativity, 29, 161–169. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.02.011.
Hisbullah, & Firman. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Juornal of PrimaryEducation, 2, 100–113. https://doi.org/10.30605cjpe.222019.231.
Khairunnisa, K., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif untuk PPKn Jenjang Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.3970.
Kristianto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(19), 939–946. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.553.
Loibl, K., & Leukel, C. (2023). Problem-solving prior to instruction in learning motor skills - Initial self-determined practice improves javelin throwing performance. Learning and Instruction, 88, 101828. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2023.101828.
Mahendra, I. G. E. (2021). Pembuatan video pembelajaran interaktif siswa berbasis “CINTA” melalui SFH untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 290–301. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244537.
Mairani, U., Enawaty, E., & Sartika, R. P. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Education and Development, 10(3), 117–121. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.3848.
Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3114.
Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Development Of Student Worksheet Based On Higher Order Thinking Skill (Hots ). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(2), 168–176. https://doi.org/10.24042/IJSME.V2I2.4342.
Octavia, S. (2020). Model-model Pembelajaran. Deepublish: Grup Penerbitan CV Budi Utama.
Olivares, D., Lupiáñez, J. L., & Segovia, I. (2021). Roles and characteristics of problem solving in the mathematics curriculum: a review. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 52(7), 1079–1096. https://doi.org/10.1080/0020739X.2020.1738579.
Phungsuk, R., Viriyavejakul, C., & Ratanaolarn, T. (2017). Development of a problem-based learning model via a virtual learning environment. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 297–306. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2017.01.001.
Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777.
Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-Lkpd Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas Iv Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 264–279. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116.
Putra, G. Y. M. A., Suarjana, I. M., & Agustiana, G. A. T. (2021). E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 220–228. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813.
Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Rajawali Press.
Sariani, L. D., & Suarjana, I. M. (2022). Upaya Meningkatkan Belajar Matematika Melalui E-LKPD Interaktif Muatan Matematika Materi Simetri Lipat dan Simetri Putar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/46561.
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia ( Japendi ), 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233.
Syahputra, F. I., & Muktiari, B. R. (2023). Kajian Teori: Pengembangan Modul Matematika pada Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 270–274.
van Leeuwen, A., & Janssen, J. (2019). A systematic review of teacher guidance during collaborative learning in primary and secondary education. Educational Research Review, 27(July 2018), 71–89. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.02.001.
Winaryati. (2017). Model Pembelajaran - Bab 5. Database, 1–12.
Yoga, I. G. G., Japa, I. G. N., & Gading, I. K. (2021). Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Muatan IPA Materi Suhu Dan Kalor Dengan Video Pembelajaran. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3).
Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rizka De Aulia, Diki Rukmana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.