Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media WordWall dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrosfer
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.67520Keywords:
Model Time Token, Aplikasi Wordwall, Hasil BelajarAbstract
Model pembelajaran yang kurang menarik dan kurangnya inovasi pengembangan media pembelajaran khususnya pada pembelajaran geografi akan menyebabkan menurunnya aktivitas dan minat belajar siswa yang pada akhirnya berdampak pada hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi perlu penerapan model yang tepat dan inovasi dalam penggunaan media pembelajaran, agar pembelajaran berjalan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token berbantuan aplikasi Wordwall. Penelitian eksperimen kuantitatif ini menggunakan desain eksperimen semu. Subyek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2 yang masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Untuk mengumpulkan data, penelitian menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Lembar observasi dan soal yang telah diujikan digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, analisis data menggunakan SPSS versi 25. Uji normalitas data, uji homogenitas data, uji t berpasangan digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran time token berbantuan wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS 2 yang mengalami perubahan dari 54,50 menjadi 73,67 setelah diterapkannya model pembelajaran time token berbantuan aplikasi wordwall. Analisis data hasil uji t berpasangan menunjukkan bahwa Sig. (2-ekor) 0,000<0,005. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa model time token berbantuan aplikasi wordwall dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa dan hasil belajarnya. Model ini dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran, guna menciptakan pembelajaran yang menarik dan bervariasi.
References
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053.
Amar, R. A., & Yarshal, D. (2023). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Time Token Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswanpada Tema Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV SD Negeri 101893bangun Rejo Kecamatan Tanjung Morawa. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(10), 7891-7896. https://doi.org/10.47492/jip.v3i10.2533.
Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18.
Ariyat, R., Isbandiyah, & Susilo, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Di SMP Negeri Karang Jaya. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 31–39. https://doi.org/10.30872/langgong.v1i1.489.
Armin, R., & Astuti, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 12 GU. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7, 178–183. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.455.
Asnita, A., & Khair, U. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.29240/estetik.v3i1.1501.
Ayu, D., Wahyuni, I., Ketut, I., Putra, A., Darsana, W., Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. JP2, 1(3), 137–144. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i3.
Fadhillah Akbar, H., & Sofian Hadi, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Community Development Journal, 4(2), 1653–1660. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13143.
Faiz Amalia, A., Roysa, M., & Ismaya, E. A. (2020). Penerapan Model Time Token Berbantuan Media Kartu Kuartet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 643–649. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.867.
Herianto, A., Nurjannah, Mahsup, M., Muhardini, S., Ibrahim, & Fitriani, E. (2021). Efforts to Improve Activeness and Learning Outcomes of Integrated Social Sciences Through Time Token Type Cooperative Learning Model. Jurnal Kependidikan, 7(3). https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.2626.
Immanuel Siagian, G., Tarigan, D., Iskandar Ps, W. V, Baru, K., Percut Sei Tuan, K., Deli Serdang, K., & Utara, S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Matematika Kelas IV SDN 173633 Porsea. Journal on Education, 6(1), 886–893. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3007.
Irvan, I., & Muslihuddin, R. (2020). The Development Of Teaching Materials With Problem Based Learning On The Mathematical Statistics Subject To Improve Students’ Critical Thinking Ability. IJEMS:Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 2(1), 1. https://doi.org/10.30596/ijems.v2i1.5626.
Jayanti, I., Arifin, N., & Nur, D. R. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.24903/sjp.v1i1.602.
Kusumayuni, P. N., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2023). Model Discovery Learning Berbasis STEAM: Dampaknya Terhadap Hasil Belajar IPA dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 186–195. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59771.
Lestari, M. K., Restian, A., & Supradana, A. (2023). Implementasi Media Wordwall Gameshow untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika kelas 1 dalam Merdeka Belajar, 6(2), 117–124. https://doi.org/10.31764.
Masani Romauli Helena Marudut, Bachtiar, I. G., Kadir, & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu Research & LearninginElementary Education, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401.
Maulidina Minarta, S., & Purwa Pamungkas, H. (2022). Efektivitas Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Oikos : Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan Ekonomi, 6(2), 2549–2284. https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5628.
Mutia, T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Geografi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 4(2), 210–219. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2869.
Nurmainar. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Time Token Pada Siswa Kelas XI IPA.5 MAN 2 Kota Padang Nurmainar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 4375–4381. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14091.
Oktariyanti, D., Friman, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1252–1258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490.
Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425.
Pratiwi, K. S. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Teka-teki Silang Interaktif dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 563–578. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.54607.
Purnamasari, N. L. (2020). Metode Addie Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 23–30. https://doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1530.
Putri, I. G. A. P. L., Wiarta, I. W., & Ganing, N. N. (2023). Model Contextual Teaching Learning dan Pengaruhnya terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 10–17. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58340.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.
Santriana Son, R. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 284–291. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p284-291.
Sembiring, A. B., Tanjung, D. S., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(5), 4076–4084. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1289.
Septiawan, E. I. M. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 271. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16285.
Son, R. S. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 284–291. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p284-291.
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204.
Utami, F. N. (2020). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.91.
Veryani, A. N., Wiwik, D., & Astuti, W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas X IPA Sma Madani Makassar. Jurnal Celebes Biodiversitas, 5(2), 47–51. https://doi.org/10.51336/cb.v5i2.349.
Waisakanitri, I. D. A. T., Ganing, N. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2023). Media Komik Digital Berbasis Problem Based Learning Muatan IPA (Ekosistem) Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 57–70. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.58651.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arivianti Qoirun Nisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.